Astrinovia.com

The Rhythm Diamond, Koleksi Berlian Revolusioner Dari Frank & Co

 

Pertama kali saya tahu sedikit lebih banyak tentang berlian adalah ketika saya percaya bahwa Kate Blackwell, seorang wanita yang dikelilingi ribuan pertanyaan tak terjawab, adalah orang paling kaya dan berkuasa di dunia. Shidney Sheldon, dalam bukunya berjudul Ratu Berlian (Master of The Game, 1984) yang dikemas dalam tiga seri bersambung sungguh membius dan membuat saya tak bisa beranjak. Cukup dalam waktu tiga jam saya selesaikan membaca novel setebal masing-masing sekitar 600 halaman itu. Sampai sekarang ceritanya lekat dalam ingatan, terutama bagaimana orang  bisa mati-matian memperebutkan bebatuan terkeras di muka bumi, yaitu berlian.

Kemarin, saya hadir dalam acara launching gerai terbaru Frank & Co di Mall Paskal 23 bersama teman-teman blogger dan media juga para sosialita Bandung. Jadi, melihat potensi market di Bandung yang cukup besar, maka Frank & Co memutuskan untuk membuka gerai ketiganya di Mall Paskal 23, setelah sebelumnya hadir di Trans Studio Mall (TSM) dan Istana Plaza (IP). Bapak Tanto Michael, Area Manager Bandung Frank & Co menjadi speaker dalam acara talkshow bertajuk ‘Diamond Talk’ dimana beliau memaparkan banyak informasi mengenai berlian yang penting untuk diketahui oleh para penyuka perhiasan dan berlian. Ternyata, berlian tak hanya berwarna putih cemerlang namun ada juga warna-warna lainnya, seperti kuning, pink atau biru.

 

Tanto Michael, Area Manager Frank & Co Bandung dalam Diamond Talk

 

Sebetulnya, berlian sudah ada sejak zaman Sebelum Masehi, namun baru di tahun 1400-an mulai dikenal dan populer di kalangan tertentu, yaitu di kalangan bangsawan Eropa. Saat itu berlian yang populer adalah berlian yang dibawa dari India. Frank & Co sendiri memiliki koleksi berlian dengan keistimewaan tertentu pada produk-produknya yang mengutamakan 4C, yaitu Cut (Potongan), Clarity (Kejernihan), Color (Warna), dan Carat (Kadar). Selain itu, ada beberapa jenis warna berlian dan kejernihannya dimana standar yang didapat nanti menentukan kualitas berlian tersebut. Frank & Co konsisten menawarkan koleksi berlian berwarna F dan kejernihan VVS (Very Very Slightly). “Kami juga mengedepankan desain dan terus berinovasi dengan produk kami,” jelas Tanto.

Di acara ini Frank & Co mengeluarkan koleksi terbarunya bernama The Rhythm Diamond yang merupakan produk revolusioner dibuat menggunakan komponen Crossfor, dimana berlian dibuat dan dikombinasikan dengan teknik tertentu untuk membuat bagian tengah berlian tampak bergerak terus menerus. Seri Rhythm Diamond ini pertama kali dikenalkan dalam Dazzling Jewelry Festival di Main Atrium Central Park Mall Jakarta yang diselenggarakan secara reguler oleh PT Central Mega Kencana sejak tahun 2015. Seri berlian ini bisa didapatkan dalam bentuk liontin yang terbuat dari emas 18K (white gold, yellow gold, dan rose gold) dengan rerata berat 1,375 gram emas dan ukuran berlian bervariasi antara 0,01 karat hingga 0,10 karat dengan F-VVS Clarity.

 

Cantik ya?

 

Harga perhiasaan emas dan berlian yang terdapat di Frank & Co ini beragam, mulai dari Rp 1.500.000,- sampai ratusan juta rupiah tergantung dari desain dan jenisnya. Bagi yang ngin membeli berlian, akan lebih baik jika mengetahui terlebih dulu ilmunya sebelum membeli. Kenapa? Selain memiliki banyak type, berlian juga ada yang real (Real Diamond), ada juga sintetis dan berlian simulant. Nah kan bingung? Harga memang menentukan kualitas. Dan yang jelas, jika tertarik membeli berlian berkualitas tinggi, maka pastikan kita memeriksa dulu 4C yaitu Cut, Clarity, Colour, dan Carat. Konsultasikan pada ahlinya agar tidak tertipu. Dalam acara launching ini, Frank & Co juga menggelar open house  dan fashion show dengan kuis dan bagi-bagi voucher bagi para hadirin yang datang memenuhi toko.

 

Tentang PT Central Mega Kencana (CMK)

PT Central Mega Kencana mendirikan bisnis di industri emas dan perhiasaan berlian pada 1970-an dan mulai memasarkan produknya pada 1996 dengan membuka gerai pertama bernaa Frank & Co di Pondok Indah Mall. Hari ini, PT CMK merupakan perusahaan retail perhiasaan terbesar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara.

Kini, PT CMK memiliki empat brand perhiasaan di Indonesia termasuk Mondial, Frank & Co, Miss Mondial, dan The Palace, dimana keempat brand memiliki target market dan desain berbeda. Namun begitu, PT CMK memastikan bahwa perusahaan menyediakan berlian alami yang berasal dari tambang bebas konflik dan isu etis.

 

 

Gimana, mau beli berlian yang mana nih?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *