Astrinovia.com

KukuBima Ener-G! Kampanyekan Ayo Selamatkan Citarum

Mentari pagi masih belum mau menampakkan diri sepenuhnya di wilayah Dago, Bandung. Di luar sudah terdengar ramai orang sibuk bersiap menjemput rejeki. Begitu juga dengan saya. Pagi itu, Shuttle Bus Mercedes Sprinter 351 CDI sudah menunggu di pool travel langganan. Segera saya ambil ransel dan jaket lalu siap menuju Jakarta.

Tujuan saya kali ini adalah Pondok Indah Golf Course, Jakarta Selatan, Senin (19/2) untuk ikut menghadiri acara konferensi pers peresmian kerjasama antara PT Sido Muncul – KukuBima Ener-G! dengan lima klub sepakbola papan atas Indonesia, yaitu Persija, PSM Makassar, Bali United, Sriwijaya FC, dan PSIS Semarang. Begitu tiba di pool travel, hari mulai cerah dan saya berharap tidak terjebak hujan dalam perjalanan.

Senangnya, perjalanan lancar hingga tiba di tempat tujuan. Bersama dua sahabat blogger, Si Kembar Eva dan Evi, saya tiba di lokasi acara setengah jam sebelum acara dimulai. Beberapa staf dan manajemen dari PT Sido Muncul hadir disana, termasuk para pesepakbola bersama official dari masing-masing klub, jurnalis, dan beberapa blogger lain asal Jakarta.

Selain melangsungkan konferensi pers, PT Sido Muncul juga mensosialisasikan kampanye “Ayo Selamatkan Citarum!” di acara yang sama. Dari kejauhan saya sudah melihat banyak orang mengenakan kostum berwarna merah dan beberapa dari mereka sedang mencoba mengayunkan tongkat mencoba peruntungan sejauh mana bola golf mendarat di lapangan rumput yang ada disana. Ternyata mereka para pesepakbola ternama. Dan, saya tidak ngeuh ada satu pemain yang baru saja menjadi idola baru para penggemar sepakbola Indonesia, Marko Simic! Ia baru saja mengantarkan Persija Jakarta menjadi juara Piala Presiden 2018, usai mengalahkan Bali United 3-0 di laga final yang dilangsungkan di stadion Gelora Bung Karno (17/2).

Ya… Marko Simic! Pemain yang mengantarkan Persija Jakarta juara Piala Presiden 2018 setelah mengalahkan Bali United 3-0 pada final yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno (17/2).

 

PT Sido Muncul menetapkan kerjasama dengan lima klub sepakbola papan atas dengan tujuan ikut memberikan motivasi pada dunia sepakbola di Indonesia, seperti yang dituturkan oleh Irwan Hidayat, Direktur PT Sido Muncul Tbk, “Kami berharap kerjasama ini bisa menelurkan hasil positif, dimana pemain dan klub bisa mengukir prestasi dan mengharumkan nama Indonesia di kancah persepakbolaan Asia khususnya, dan dunia pada umumnya.”

Saya penggemar sepakbola, dan melihat keseriusan perusahaan menjadi sponsor untuk lima klub sepakbola sekaligus adalah luar biasa. Pak Irwan melanjutkan, “Siapa yang tidak kenal sepakbola? sepakbola adalah olahraga yang populer di mata masyarakat Indonesia. Untuk mendukung perkembangan dunia sepakbola tanah air, PT Sido Muncul melalui KukuBima Ener-g! Menjalin kerjasama seperti ini.”

Jadi nanti, di Liga1 2018, logo KukuBima Ener-G! akan tampil menghiasi jersey Persija, Bali United, Sriwijaya FC, PSIS, dan PSM. “Sebagai langkah awal, program kerjasama ini akan berlangsung untuk satu tahun,” jelas Irwan, bangga. Dalam penandatanganan MOU ini turut hadir perwakilan manajemen dari lima klub tersebut, yaitu Persija (Simic dan COO Rafil Perdana), Bali United (Demerson Costa dan CEO Yabes Tanuri), PSIS (Gilang Ginarsa dan manajer Dimas Aribowo), Sriwijaya (Hamka Hamzah dan sekretaris klub Faisal Mursyid), dan PSM (Hasim Kipuw dan sekretaris klub Widya Syadzwina).

Sebagai perusahaan, PT Sido Muncul berusaha untuk bisa memberikan kontribusi besar pada negara dan bangsa. Caranya bisa dilakukan melalui sektor mana saja, termasuk olahraga dan lingkungan hidup. Saya kagum dengan inisiatif PT Sido Muncul sebagai perusahaan besar yang mau terlibat dalam program pelestarian lingkungan. Untuk saat ini, perusahaan memusatkan fokus pada kampanye penyelamatan Sungai Citarum yang kondisinya sudah mengkhawatirkan.

Program lingkungan ini bekerjasama dengan Pangdam III Siliwangi. Di acara ini Mayjen Doni Monardo turut hadir dan ikut berbicara mengenai pentingnya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih memperhatikan lingkungan, khususnya Sungai Citarum yang panjang alirannya mencapai 300 kilometer.

Irwan Hidayat menuturkan bahwa kegiatan apapun tidak dapat dipisahkan dari kondisi lingkungan. Ya, Bumi adalah satu-satunya tempat kita berpijak dan kita yang bisa menjaga, memelihara dan melestarikannya demi tempat tinggal yang lebih layak dan sehat. Itulah sebabnya PT Sido Muncul ikut berperan aktif mensosialisasikan penyelamatan lingkungan.

Mengapa Sungai Citarum?

“Banyak sekali lingkungan yang menuntut perhatian lebih namun untuk saat ini lebih fokus ke Sungai Citarum. Kondisinya sudah sangat mengkhawatirkan akibat limbah industri dan rumah tangga. Untuk itu saya ingin ikut meningkatkan kesadaran masyarakat dengan membuat iklan berbentuk berita yang berulang-ulang agar pesan dalam kampanye bisa tertanam dalam pikiran masyarakat dan diwujudkan secara nyata,” tutur Irwan.

Sungai Citarum memiliki fungsi yang sangat penting dan penuh manfaat, salah satunya adalah sebagai sumber air minum bagi masyarakat. Jika kebersihannya tidak dijaga maka dampaknya akan besar bagi berbagai lapisan masyarakat. Pak Irwan Hidayat mengatakan bahwa PT Sido Muncul akan menggandeng beberapa pemain dari lima klub yang mereka sponsori untuk ikut tampil dalam iklan penyelamatan Citarum nantinya.

Sebagai pribadi, saya berterima kasih pada PT Sido Muncul dengan program kampanye “Ayo Selamatkan Citarum!” dan berharap rencana pembuatan iklan bisa berjalan lancar. Semoga pesan penting ini sampai dengan baik dan masyarakat bisa lebih menyadari pentingnya menjaga dan memelihara lingkungan hidup.

Untuk ikut berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan hidup bisa dimulai dari diri sendiri, misalnya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Kalau bukan kita, siapa lagi? Mari, ikut selamatkan Sungai Citarum!

2 thoughts on “KukuBima Ener-G! Kampanyekan Ayo Selamatkan Citarum

  1. yupz, sebagai blogger, senang banget ikut acara edukasi seperti ini
    sekaligus, mengingatkan kepada orang-orang terdekat untuk bersama menjaga sungai
    sukses untuk Sido Muncul – Kuku Bima Energi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *