Astrinovia.com

Beragam Manfaat Membersihkan Mesin Mobil

credit: modifmobi

 

Perawatan mobil dilakukan dengan banyak cara, mulai dari rutin mencucinya, rutin mengganti oli hingga rutin mengecek kondisi mesinnya. Langkah-langkah tersebut dilakukan agar mobil selalu awet dan tahan lama. Dalam mencuci mobil dapat dilakukan dengan mencuci eksterior, interior dan mesin. Bila dilihat pencucian eksterior dan interior mobil akan terlihat nyata. Akan tetapi mungkin belum banyak orang yang tau berbagai manfaat yang didapat dengan mencuci mesin mobil.

 

Berikut adalah beberapa manfaat yang baik dengan mencuci mesin mobil:

  1. Pelepasan panas mobil lebih lancar.
    Apabila kotoran menumpuk pada mesin mobil, maka pelepasan panas yang dihasilkan mesin ketika mobil digunakan akan terhambat. Bukan hanya pada komponen mesin saja tetapi juga pada radiator mesin, AC dan lain sebagainya. Oleh karenanya agar pelepasan panas mesin dapat berjalan lancar sebaiknya bersihkan mesin mobil secara rutin agar kinerjanya dapat berjalan maksimal dan tidak terganggu.
  2. Mesin lebih tahan lama.
    Dengan melakukan pembersihan pada mesin mobil, komponen lain akan lebih awet dan tahan lama. terutama pada komponen mesin terbuka seperti dinamo, power steering, ber-AC dan lain sebagainya. Mesin yang bersih dapat mencegah komponen-komponen tersebut dari resiko aus yang lebih cepat terjadi pada mesin yang kotor.
  3. Kinerja kipas radiator mesin dan AC lebih ringan.
    Keadaan mesin yang bersih dari berbagai macam kotoran dapat membantu kinerja komponen lainnya agar tidak terlalu berat. Dengan kinerja yang ringan maka komponen-komponen tersebut tidak akan cepat rusak. Bila kinerjanya berat, maka komponen akan terganggu dan resiko paling parah adalah kerusakan. Dengan demikian harus mengeluarkan biaya untuk menggantinya.
  4. Konektor listrik bekerja maksimal.
    Bukan hanya meringankan kinerja radiator dan AC saja, mesin yang bersih juga akan membuat konektor listrik dapat berjalan dengan maksimal. Komponen-komponen yang dapat berjalan maksimal tersebut akan memperlancar aktivitas penggunanya karena tidak ada masalah pada mobil.
  5. Harga jual meningkat.
    Memang ketika membeli mobil untuk digunakan, tidak terpikir untuk menjualnya kembali. Akan tetapi bila sewaktu-waktu membutuhkan uang, dengan menjual mobil yang terawat maka harga jualnya juga semakin tinggi. Berbeda dengan mobil yang tidak terawat, bukan hanya harga jualnya yang rendah, tetapi calon konsumennya pasti tidak akan melirik pada mobil yang tidak terawat.

 

Dengan mengetahui banyaknya manfaat mencuci mesin mobil, pastinya sudah tidak malas lagi untuk mencucinya. Jadi membeli mobil tidak hanya menggunakannya saja tetapi juga perlu merawatnya. Dengan perawatan yang baik dan maksimal maka kinerja mobil juga lebih baik. Oleh karenanya jangan malas untuk merawat mobil sendiri terutama mobil yang sering dikendarai ketika bepergian kemanapun. Penggunaan mobil yang sering, maka harus lebih sering lagi dalam merawatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *