Astrinovia.com

Paper Flower, Kerajinan Tangan Untuk Ide Bisnis Kreatif Ibu Rumah Tangga

IMG_20171115_145607_HDR

Siang itu tanggal 15 November 2017, bersama enam blogger lainnya, saya meluangkan waktu untuk mengikuti acara Program Pemberdayaan Masyarakat dengan tema Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Pelatihan Kerajinan Paper Flower bersama Alfamart di Kantor Kelurahan Padasuka, Cimahi. Saya kebetulan tertarik untuk tahu cara membuat kerajinan Paper Flower. Sepertinya menarik dan hasil karyanya enak dipandang.

Acara ini dibuka oleh Elisa Refila, Branch Corporate Communication PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart), yang mengarapkan acara pelatihan kerajinan ini bisa bermanfaat dan membuat para ibu rumah tangga makin semangat dan produktif. Diwakili oleh Susi Setianingsih sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Keluarahan Padasuka, yang menyatakan senang dengan adanya acara ini dimana Alfamart memberi perhatian lebih berbagi ilmu keterampilan baru pada ib-ibu PKK disana. Harapannya adalah dengan ilmu baru ini semoga para ibu bisa mendapat penghasilan tambahan setiap bulannya. Lumayan kan, untuk jajan. Betul, bu?

Alfamart mengundang Teh Echa (27 tahun), seorang ibu rumah tangga dari daerah Bandung Timur yang berhasil dengan usaha sampingannya, yaitu dengan memproduksi Paper Flower, untuk berbagi ilmu dan pengalaman juga pelatihan untuk para ibu di keluarahan Padasuka. Hebatnya, kini beliau sudah bisa membuka peluang kerja bagi orang lain dengan usahanya tersebut. Apa sih Paper Flower itu? Paper Flower adalah kerajinan tangan yang terbuat dari kertas. Bunga cantik yang terbuat dari kertas karton Manila.

Siapa sangka, ternyata dengan kerajinan bunga kertas ini teh Echa bisa menghasilkan banyak uang tambahan. Disebutkan, teh Echa menjual setiap satu set bunga seharga Rp 100.000 dan setiap bulannya beliau bis amenghasilkan sekitar 30 set bunga kertas. Setiap bulannya juga beliau bisa mendapatkan sedikitnya 5 juta rupiah dari menerima pesanan bunga kertas ini. Modal yang dikeluarkan untuk usaha ini tidak mahal, katanya hanya sekitar 30% dari penghasilan yang didapat. Lumayan, ya?

Dengan mempromosikan usahanya di media sosial Instagram, teh Echa sekarang sudah banyak menerima pesanan bunga kertas dari dalam dan luar kota, bahkan hingga ke luar Jawa. Sebelumnya teh Echa mengatakan bahwa dirinya adalah seorang perias pengantin dan juga pengusaha kuliner. Namun, beliau ingin merambah bidang usaha lain sebagai antisipasi apabila pesanan rias pengantin atau kulinernya sepi maka ia bisa menghasilkan dari pesanan bunga kertas. Ibu rumah tangga yang sangat produktif, ya? Keren.

Cara membuat Paper Flower

Bahan:

  • Kertas manila ragam warna
  • Lem kayu (lem fox yang putih)
  • Gunting
  • Pensil/bolpen

Cara membuat:

Siapkan kertas manila ukuran A4 ukuran besar seperti yang banyak dijual di toko buku. Jika ingin lebih mudah, bisa minta ke tokonya untuk memotong kertas kartos dalam ukuran A4, agar lebih mudah dibuat pola. Gambar pola kelopak bunga dan daun menggunakan pensil.

resize

Jiplak pola kelopak bunga di atas kertas karton lain lalu gunting sesuai dengan bentuknya. Gunting juga bagian bawah kelopak karena nantinya akan ditekuk untuk mendapat kesan tiga dimensi dari bunga kertas yang akan dibuat.

IMG_20171115_140011_HDR

Setelah pola kelopak digunting, lalu bagian bawah kelopak ditekuk dan dilem. Oleskan lem lalu tunggu sebentar agar sedikit kering, baru tempelkan bagian bawah kelopak yang sudah digunting tadi.

IMG_20171115_141235_HDR

Satukan setiap kelopak yang dibuat hingga membentuk satu kelopak bunga yang utuh dan cantik. Lalu tutup bagian tengah bunga dengan kertas manila berbentuk lingkaran agar terlihat makin cantik.

IMG_20171115_141235_HDR

Susun rangkaian bunga kertas dengan warna berbeda namun senada agar makin terlihat menarik. Setelah itu tambahkan daunnya supaya bentuk bunga makin terlihat menawan.

IMG_20171115_142253_HDR

Berkreasi menambah penghasilan

Saat mengikuti acara ini sebenarnya saya sudah memikirkan untuk mencari usaha lain sebagai modal dan pegangan hidup menuju pensiun nanti. Ya, masa mau ngantor terus. Kan, cape yah? Hehehe

IMG_20171115_145539_HDR

Teh Echa bercerita, katanya sekarang beliau sudah banyak menerima pesanan dari banyak selebgram untuk keperluan acara ulang tahun, nikahan, untuk hiasan di kamar, di rumang tamu hingga hiasan Paper Flower untuk keperluan pameran. Kalau sudah jadi, Paper Flower ini begitu indah loh dan menarik. Ya, siapa tahu dengan sedikit tambahan ketelitian, daya imajinasi serta kemauan keras, maka kita juga bisa menjadi pengusaha Paper Flower. Yuk, kita coba juga.

IMG_20171115_150807_HDR

 

1 thought on “Paper Flower, Kerajinan Tangan Untuk Ide Bisnis Kreatif Ibu Rumah Tangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *