Astrinovia.com

Baju Koko Modern Bikin Kaum Pria Makin Kekinian

Image courtesy: jbnucollection.com
Image courtesy: jbnucollection.com

Kebanyakan orang lebih mengenal baju muslimah di pasaran karena motif dan modelnya lebih variatif. Tapi, belakangan baju muslim untuk pria yang biasa dikenal dengan nama baju koko hadir lebih semarak, tidak monoton dan lebih menarik.

Sebenarnya baju koko ini sudah lama dikenal oleh masyarakat karena tampilannya yang khas. Yang paling terlihat biasanya adalah model kerahnya yaitu jenis kerah Shanghai, bisa dihiasi dengan ornamen atau polos. Untuk bajunya sendiri biasanya tampak lebih longgar, lengan panjang atau pendek dan umumnya menggunakan bahan kain katun sehingga lebih nyaman dipakai.

Kaum pria Indonesia biasanya memakai baju koko ini untuk acara tertentu seperti di Hari Raya Idul Fitri, di bula Ramadhan, atau di hari keagamaan lainnya. Tapi kini baju koko lebih memasyarakat, karena  digunakan di berbagai momen. Tak hanya itu, seragam sekolah pun sekarang menggunakan baju koko untuk dipakai di hari tertentu.

Jika diperhatikan, kenapa ciri khas baju koko ada pada kerah Shanghai? Karena menurut sejarah, diperkirakan baju model ini berasal dari daratan Tiongkok, lalu masuk ke Indonesia dibawa oleh pedagang-pedagang Tiongkok yang berjual beli disini. Jika ditilik lebih lanjut lagi, hubungan dengan bangsa Tiongkok ini memang sudah lama sekali dilakukan oleh bangsa Indonesia bahkan sebelum kerajaan Islam berdiri di nusantara.

Lalu, ada yang mengatakan bahwa baju koko ini adalah cara masyarakat muslim Tiongkok di saat jaman penjajahan Belanda dulu menyiasati kegiatan mereka pergi ke mesjid. Orang Belanda tidak suka melihat kedekatan masyarakat Indonesia dengan Tiongkok saat itu dan mewaspadai timbulnya perlawanan, jadi baju koko menjadi cara untuk menutupi kegiatan keagamaan mereka.

image courtesy of google
image courtesy of google

Kini, baju koko menjadi salah satu lahan yang bisa dijadikan bisnis yang menguntungkan. Karena masyarakat tidak menggunakan baju ini untuk ibadah saja tapi untuk acara yang lebih luas lagi. Bahkan, anak muda jaman sekarang banyak juga yang mengenakan baju koko di saat hangout, jalan-jalan, dan melakukan aktifitas hariannya.

Banyak orang termasuk artis dan seleb yang berminat berjualan baju koko. Baju yang dipasarkan tentu disesuaikan dengan tren dan selera terkini dengan sasaran utamanya kaum muda. Selain berkaitan dengan masalah bisnis, penjualan baju koko juga merupakan satu cara untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat muslim yang semakin banyak. Desainer yang merancang baju koko juga semakin banyak, sehingga diyakini industri baju muslim ini semakin berkembang dan memicu semangat berkarya dan kreatifitas kaum muslim sendiri.

Baju koko sendiri diyakini menampilkan kesan elegan pada pemakainya, terutama jika desainnya bagus dengan pemilihan warna dan motif terbaru yang membuat kaum pria tampil berkarisma dan gagah. Memang, biasanya kebutuhan baju koko akan meningkat saat menjelang lebaran karena  tentu saja banyak yang ingin mengganti baju koko lamanya dengan model baru yang lebih kekinian namun tetap elegan.

image courtesy of franksfarrel
image courtesy of franksfarrel

Jenis baju koko biasanya ada dua, yaitu yang berlengan panjang dan lengan pendek. Untuk kegiatan yang lebih bersifat formal biasanya para pria memilih baju koko berlengan panjang  dengan saku di bagian samping baju dan kancing atau resleting di bagian depan. Bahan baju yang digunakan biasanya katun, tapi bisa juga dari bahan satin atau kombinasi bahan misalnya bahan tenun atau batik.

Jenis baju koko lengan pendek biasanya lebih banyak dipakai untuk acara casual atau santai, meski banyak juga yang menggunakannya untuk acara resmi. Baju koko lengan pendek bisa dipadupadankan dengan celana jeans sehingga pemakainya akan tampil lebih modern.

Jadi gimana? Baju koko seperti apa yang ingin kamu pakai? Banyaknya model di pasaran bisa menjadi acuan bagi kamu untuk lebih kreatif mengombinasikan baju koko sesuai dengan konsep dan acara yang akan kamu hadiri. Pastikan memilih baju koko yang pas dengan selera dan kepribadian kamu sehingga tidak akan ada ‘galtum’ atau ‘saltum’ saat beraktifitas menggunakan baju koko ini.

2 thoughts on “Baju Koko Modern Bikin Kaum Pria Makin Kekinian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *