Astrinovia.com

10 Hal Yang Membuatmu Bersyukur Dalam hidup

13781745_10209917766371416_9026253199364522639_n

 

“Be grateful for your life. Every detail of it, and your face will come to shine like a sun, and everyone who sees it will be made glad and peaceful.”

-Rumi

Dalam perjalanan hidup ini, ada hari-hari yang dilalui dengan menyenangkan. Semua rencana berjalan sesuai dengan yang diharapkan, berjalan mulus tanpa kendala.

Lalu muncul beberapa hari yang lain lagi.

Hari-hari dimana kamu tidak merasakan adanya motivasi hidup sama sekali. Saat semua rencana hari itu tertiup angin melalui jendela yang dibuka lebar di pagi hari, bahkan sebelum hari dimulai.

Ketika sesuatu yang dianggap penting mendadak berjalan ke arah salah dan perut kamu terasa mual, kepala berputar-putar, pening, lalu mulai merasa kasihan pada diri sendiri dan hanya ingin memeluk bantal guling tanpa melakukan apapun. Mungkin, hal paling sederhana dan sangat efektif untuk membalikkan keadaan seperti itu menjadi sesuatu yang lebih positif dan motivatif adalah dengan fokus pada rasa syukur.

Karena, saat kamu berada di titik terbawah sekalipun selama 3 atau enam bulan ke depan, kamu akan selalu menemukan hal-hal yang membuatmu bersyukur dengan hidup.

Saya ingin sedikit berbagi beberapa hal kecil dan sederhana, hal mendasar yang patut disyukuri setiap saat. Biasanya dengan membaca kembali daftar di bawah ini, semangat saya kembali membara. Mungkin tidak sama dengan daftar yang kamu punya. Maka, kamu bisa mulai membuat daftarmu sendiri mulai dari sekarang.

  1. Ada rumah tempat berteduh

Pernah gak kamu membayangkan bagaimana nasib mereka yang tidak punya atap? Harus terlunta di bawah sembarang atap dan kedinginan saat mata lelah dan ingin terpejam?

Saya bisa tidur nyenyak dengan selimut yang hangat adalah nikmat tak terhingga. Saya bersyukur untuk ini.

  1. Air minum yang segar

Di saat orang lain harus memesan segalon air minum setiap harinya karena tidak memiliki sumber air yang bersih maka saya bersyukur. Tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk melepaskan dahaga setiap hari. Saya hanya perlu memasaknya sebentar lalu menikmatinya dengan bahagia. Air minum di rumah saya rasanya enak sekali. Saya bersyukur untuk ini.

  1. Tidak menahan lapar

Setiap kali perut ini berteriak meminta diisi, saya tidak menahan rasa lapar. Meski tidak selalu makan dengan menu yang mahal dan mewah tapi nasi yang saya punyai di rumah luar biasa nikmat.

  1. Nikmat alam

Bayangkan kamu melihat pemandangan matahari terbenam dari teras rumah sendiri. Lalu, kamu bisa merasakan sentuhan mentari pagi menggantikan dinginnya udara malam setiap hari dengan perasaan bahagia. Kamu bisa pergi ke laut, bermain air, berenang, bersenda gurau. Saya bersyukur untuk ini.

  1. Akses internet

Dulu, waktu masih sekolah, saya harus mencari warnet untuk mendapat akses internet. Sekarang, dengan hanya tethering di smartphone, saya sudah bisa berselancar mencari informasi apapun di internet. Belum lagi di kantor, akses internet gratis sepanjang hari. Bisa terkoneksi dengan banyak orang di berbagai belahan dunia. Bisa bekerja jarak jauh antar negara. Mendapatkan pengalaman baru, keahlian baru melalui internet. Jika tidak bersyukur, saya tidak menikmati hidup. Tidak. Saya sangat bersyukur.

  1. Teman dan keluarga

Rasa syukur tak terhingga untuk orangtua, adik-adik, teman, sahabat, rekan dan semua orang yang mengenal saya atas kebaikan yang saling bagikan selama ini dan semoga hingga sepanjang hayat. Saya bersyukur untuk ini.

  1. Nikmat sehat

Badan saya tidak seseksi para model catwalk, stamina tubuh saya tidak sekuat para atlet ternama, tapi saya bisa mengatur pola hidup dengan baik. Tidur cukup, istirahat yang menyenangkan, sedikit olahraga, dan konsumsi makanan sehat, membuat saya jauh dari penyakit. Bersyukurlah untuk ini.

Tentu saja saya terkadang sakit, namun jarang mengalami kondisi yang berat.

  1. Kebaikan dari orang asing

Setiap hari saya bertemu banyak orang, baik di jalan raya, di tempat makan, di acara komunitas, atau bahkan mereka yang membaca buku atau blog saya. Ekspresi rasa syukur yang mereka tunjukkan membuat hidup saya lebih bahagia dan membantu saya melewati masa sulit.

Saya sungguh menghargai kebaikan kecil yang didapatkan dalam kehidupan sehari-hari ketika seorang anak muda mau memberikan kursinya di dalam bus yang penuh sesak karena melihat saya membawa ransel besar dan berat. Saya bersyukur untuk ini.

  1. Kekuatan dari masa lalu

Hidup ini tidak dilalui hanya dengan rasa manis saja. Ada momen dimana saya terjatuh ke lubang terdalam dalam hidup. Terperosok jauh hingga sulit untuk kembali berdiri. Namun, siapa nyana, di balik semua musibah, selalu terselip hikmah dan rejeki. Saya bisa bekerja di dua tempat, baik di dalam maupun di luar negeri, dengan gaji dobel yang lumayan untuk menghidupi diri sendiri dan anak saya. Membuat saya bisa lebih menghargai lagi setiap hal yang ditemui dalam perjalanan hidup ini.

  1. Anak, sang penyemangat.

Ada situasi dimana saya merasa ingin menghilang dan melupakan semua masalah dengan instan, lalu kembali lagi hidup dengan sempurna. Tapi tidak bisa seperti ini. Tuhan memberikan ujian agar saya menjadi manusia yang mandiri dan kuat. Bisa melihat tumbuh kembang anak dan hadir di setiap momen penting dirinya, dimana setiap saat, hal pertama yang diingatnya adalah nama saya. Sebuah nikmat yang tak ternilai. Saya sangat bersyukur untuk ini.

 

Saya masih disini. Hidup dan bahagia. Menemukan banyak momen penting setiap harinya dan berharap masih bisa melalui ribuan hari menjalani hidup.

Amazing.

Kalau kamu, apa yang membuatmu bersyukur dalam hidup ini?

1 thought on “10 Hal Yang Membuatmu Bersyukur Dalam hidup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *