Astrinovia.com

Lionel Messi dan Angka 9

Ketika itu, saat tayangan pertandingan sepakbola adalah sesuatu yang dianggap membosankan, seorang teman mengajak saya untuk ikut tour kota Barcelona yang mencakup kunjungan ke Camp Nou, museum dan Ruang Ganti FC Barcelona. Tidak ada pemain satupun ketika itu karena waktu masih siang dan belum saatnya latihan rutin dilaksanakan.

Melihat dan memandangi semua trofi yang telah diraih oleh FC Barcelona ketika itu membuat kagum siapapun yang melihatnya sendiri di ruangan itu. Semua yang terlewati di dalam ruangan itu sangat mengagumkan.

Sebulan setelah kunjungan itu, seorang teman menawarkan tiket nonton di Camp Nou dan ketika itu yang ada di benak saya adalah, “Go for it! Siapa tahu pertandingannya seru.” Jam sembilan malam waktu Barcelona pertandingan dimulai, ketika itu FC Barcelona berlaga melawan Valencia dan sejak itu mata ini tertuju pada sosok pemain bertubuh kecil namun bergerak lincah di lapangan dan terlihat mudah mengendalikan bola yang menempel di kakinya. Dialah Lionel Messi. Dengan rambutnya yang gondrong dan jersey yang sedikit kedodoran, Messi tampak menonjol di antara semua pemain utama. Bukan karena postur tubuhnya yang membuatnya bercahaya di lapangan tetapi keahliannya mengendalikan bola dan kecerdikannya memainkan bola di saat yang tepat membuat semua mata penonton tertuju padanya dan terkesima oleh kelincahannya memainkan bola.

Empat kali menyandang gelar Ballon d’Or membuat Messi tetap berpijak pada bumi. Nama yang melambung tinggi dan decak kagum orang-orang di seluruh dunia tidak membuat Leo lupa diri. Dirinya hanya merasa ingin bermain bola dengan menyenangkan di lapangan. Bermain bola layaknya ketika kecil dulu. Bahagia bermain bola dan mencetak skor dengan cerdik, itulah yang menjadi keinginannya sampai saat ini. Bahkan Pep Guardiola pernah berkata, “ Buatlah Messi bahagia dalam hidupnya maka kehebatannya di lapangan tak akan diragukan lagi.”

Saat ini Messi adalah FC Barcelona dan pengaruh yang dimunculkan oleh dirinya tidak hanya berimbas pada klub secara keseluruhan tetapi juga pada hasil di lapangan. Bahkan di bawah kepemimpinan Gerard Martino sekarang pun Messi masih tidak diragukan menjadi contributor El Barca yang paling dibutuhkan saat ini.

Sejauh ini tidak ada imbas yang mengecewakan saat Messi tidak bisa bergabung dengan tim karena cedera. Antara tahun 2010 sampai 2013, selama 14 kali bermain tanpa Messi, Barca memetik kemenangan sebanyak 13 kali dan imbang satu kali. Jadi, terlihat kan? Barca tidak tergantung pada Messi namun sebenarnya Messi yang menambah gemilang permainan Barca yang sejatinya sudah memiliki gaya bermain dan filosofi yang kuat.

 

Angka 9 Yang Bersejarah

Hari ini, 16 Oktober adalah hari yang sangat istimewa bagi Leo Messi. Jika ada yang masih bertanya-tanya ada apa dengan tanggal ini, mari kita layangkan ingatan kita ke masa 9 (sembilan) tahun lalu. Ketika itu, seorang pesepakbola muda bertalenta milik raksasa Catalan, FC Barcelona, Lionel Andres Messi, memulai debut pertamanya bersama tim utama El Barca  berjuang di lapangan hijau melawan Espanyol.

Mengingatkan lagi pada kita semua bahwa ketika itu Leo bermain di hadapan sekitar 34 ribu penonton yang memenuhi lapangan Montjuic, Barcelona. Ketika itu Leo tidak bermain penuh. Dirinya duduk di bench ditemani oleh Damia, Ruben ( Kiper ), Cristian Hidalgo, Pena, Iniesta dan Fernando Navarro. Ketika itu Leo memakai nomor punggung 30 dan masuk di menit 8 sebelum laga berakhir. Hanya delapan menit saja Leo bermain menggantikan Deco dalam debutnya bersama tim senior FC Barcelona.

Leo masih berusia 17 tahun, 3 bulan dan 22 hari ketika itu. Menjadi pemain termuda kedua yang bergabung dengan tim senior setelah Paulino Alcantara. Posisi yang dimainkannya ketika itu adalah di sayap kanan karena sudah lima tahun lamanya Leo bermain di posisi ini sebelum masuk ke tim utama. Sampai sekarang, 9 tahun kemudian Leo masih membela senyera Catalunya bersama dengan senior-seniornya yang dulu main bersama saat dia mulai debutnya yaitu  Victor Valdes, Carles Puyol, Xavi Hernandez dan Andres Iniesta.

Barca adalah tempat dimana kreatifitas mengolah bola dengan gayanya yang berbeda dari klub lain membuat banyak orang jatuh cinta pada klub asal Catalunya ini. Messi sampai sekarang masih bisa diandalkan oleh klub untuk mencetak lebih banyak gol dan gelar di berbagai laga. Messi juga tidak berniat untuk hengkang ke klub lain karena pada dasarnya Messi adalah orang yang rendah hati dan tahu darimana dia berasal dan oleh siapa dibesarkan sampai seperti sekarang ini.

Jadi, tak perlu khawatir, banyak hal yang bisa dicapai oleh FC Barcelona ke depan. Evolusi Barca selama ini telah memperlihatkan bahwa klub ini memang layak sejajar dengan klub-klub besar lain di seluruh dunia. Lagipula, bila suatu hari nanti Messi hengkang dan memilih kembali ke klub lamanya di Argentina, Barca memiliki banyak lulusan La Masia yang juga mempunyai kualitas tinggi yang bisa membantu klub terus bersinar di tanah Catalunya dan dunia.

Sekarang, Lionel Messi masih seorang Barcelonista, so … what to worry about? Messi is the best, tiap orang tahu itu, teruslah menambah gemerlap kejayaan FC Barcelona. Kita tunggu dan lihat apakah angka 9 bisa menjadi jimat yang memborong keberuntungan bagi El Barca. Kita lihat saja sampai musim ini berakhir …

Felic 9 anys debuti amb el FC Barcelona, Lionel Messi !

VISCA BARCA SEMPRE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *