Astrinovia.com

Runner-Up : Gracies Pep


THE REVOLUTION OF FC.BARCELONA

 

Saya menemukan cinta yang memiliki kualitas lebih pada club yang satu ini. Yang ternyata jauh lebih sulit dideskripsikan dari rasa cinta yang paling sulit sekalipun! Tapi disini,biarkan saya mencoba untuk membuat beberapa pengertian tentang rasa cinta saya terhadap “this damn club” FC.BARCELONA

 

Menurut versi saya,FC.BARCELONA bukan hanya sebuah club sepakbola pada umumnya. Karena bukan hanya ada sepakbola indah yang mereka mainkan,tapi juga cinta kasih antar sesama,dan pelajaran hati yang luar biasa mahal. Anggap saya tidak pernah memperhatikan club sepakbola lain,tapi setahu saya,hanya FCB yang mampu membuat saya menulis seperti ini.

 

Season 2008-2009 was a “SEASON OF REVOLUTION”. Dimana pada tahun sebelumnya hanya Supercopa yang mampu diraih FC.BARCELONA,perginya pemain favorit,tentu meninggalkan kita dengan kekecewaan. Dengan ini FC.BARCELONA jelas memerlukan sesuatu yang baru. Sesuatu yang tidak dapat dibedakan,sesuatu yang sepenuhnya diperlukan,yang mampu membawa FC.BARCELONA menuju suatu perubahan. Sesuatu itu hadir diawal musim ini. Revolution mengetuk pintu FC.BARCELONA. Angin perubahan merobek Camp Nou. Who else? He is JOSEP “PEP” GUARDIOLA,Ex-Barca’s number 4 joined the FC.BARCELONA as a Manager,Coach,Entrenador! Pep membangun Camp Nou dari kalimat. Mengubah penonton dari tanda tanya menjadi tanda seru. Dibuatnya pemain keluar dari huruf dan angka dan meletakan permainan dalam suku kata.

 

Bersama Pep Guardiola,FC.BARCELONA membentuk sebuah Orkestra. Sebuah cerita. Catatan cinta. Bahkan Sihir! Pep Guardiola tidak hanya memberikan FC.BARCELONA harapan,tapi Pep memberikan FC.BARCELONA sebuah keyakinan untuk mampu berucap bahwa “KITA DAPAT MELAKUKAN APAPUN”. Keyakinan ini seolah dijadikan Pep modal utama FC.BARCELONA untuk menunjukan kepada dunia,”SIAPA FC.BARCELONA SEBENARNYA”.

 

Bagi saya,Pep Guardiola bukan hanya seorang Arsitek FC.BARCELONA di lapangan hijau,tapi juga seorang Arsitek didalam hati dan pikiran para pemain juga fans. Lihatlah kedalam mata seorang Pep Guardiola ketika Ia melihat para pemain nya dilapangan dan Camp Nou disekeliling mereka,disana ada keyakinan yang dirangkai oleh tahun pengalaman dan cinta kasih (yes,always love,cannot do anything without it). Saya dan kalian mungkin tidak pernah tau,apa yang Pep Guardiola katakan kepada para pemainnya sebelum atau sesudah mereka bertanding -atau terlepas dari kedua hal tersebut-

 

Tapi seperti yang kita juga tau,baris-baris suku kata yang diucapkan Pep Guardiola adalah phenomenal. Gesture tubuh yang Pep tunjukan menjadi wujud dari hasrat akan kemenangan. Sentuhan dan pelukan menjadi wujud cinta kasih. Tawa dan senyum nya menjadi wujud ucapan terimakasih. Pep Guardiola membawa FC.BARCELONA menjelma menjadi THE BEST FOOTBALL TEAM IN THE WORLD (2008-2012). Oh…tidakkah kalian menyadari Cules,bahwa Pep Guardiola sedang menulis cerita paling indah tentang FC.BARCELONA?! Ini fakta! Dan setidaknya ini menurut saya.

 

Namun…Tidak ada sesuatu yang Immortal didunia ini,tidak juga dengan “kesempurnaan” yang Pep Guardiola miliki. 27 April 2012….seseorang yang dengan keajaibannya mampu menorehkan sejarah hebat,ternyata mampu juga untuk mengucapkan kalimat perpisahan. Sepenggal kalimat pembuka turunnya air mata saya,ketika seorang Entrenador mengucapkan “SAYA LELAH..saya kehabisan energy dan FC.BARCELONA tidak pantas mendapatkan saya yang seperti ini” dan baris suku kata terakhir “SEE YOU SOON, I WILL ALWAYS BE AROUND” itu diucapkannya dihadapan sejumlah pemain dan pejabat FC.BARCELONA dan disaksikan jutaan cules diseluruh dunia. Dalam hitungan menit Pep Guardiola membuat jutaan pasang mata meneteskan air mata. Yang saya tidak tau air mata kekecewaan kah itu atau malah air mata kagum. Yang saya tau,saya sedih! Pep guardiola sudah seperti jiwa bagi FC.BARCELONA. Pep guardiola sudah menjadi Einstein bagi blaugrana dan jutaan cules. Tentu bukan hal yang mudah untuk tegar dalam menerima keputusannya. Namun –sekali lagi-

 

Sepakbola juga kehidupan. Kehidupan dimana waktu tidak bergerak ke kiri,kehidupan dimana manusia datang untuk pergi,dan kehidupan dimana setiap kesempatan bisa menjadi lebih baik. Kehidupan dimana Saya,kalian,bahkan para pemain harus mampu menegakkan kepala.

 

Pep guardiola melepaskan seatbelts yang dikenakannya dalam mengarungi waktunya bersama FC.BARCELONA. Empat tahun (2008-2012) bersama FC.BARCELONA dengan 13 Trophy yang telah diraihnya,Pep guardiola JELAS menjadi salah satu keajaiban FC.BARCELONA -bahkan sepakbola dunia- sepanjang masa. Pep guardiola membawa FC.BARCELONA pada era keemasan. Era yang –mungkin- setelah ini,FC.BARCELONA tidak lagi melihat dirinya berada dalam era tersebut. Tapi bukan karena kurangnya kualitas yang tidak dapat dijelaskan,tetapi karena FC BARCELONA pernah melihat dirinya tidak dalam era saat ini.

 

Saya hanya salah satu orang yang beruntung,karena saya jatuh cinta kepada FC.BARCELONA pada era Pep Guardiola yang tidak lain adalah gerbang menuju rasa cinta kepada FC.BARCELONA. Rasa cinta sesungguhnya. Dan saya masih akan berada disini. Memakai warna warni Blaugrana. Dimana pun nanti posisi FC.BARCELONA berada.

 

GRACIES ENTRENADOR JOSEP “PEP” GUARDIOLA..

Thank  you for these years..by moments of brilliance,the bright day that you gave us.

            I will forever admire you..you are the best thing that ever happened to the team.

            The best thing that ever happened to football. 

            I believe that one day the lights will guide you home.

            And you always know,where is your home. –Me-

 

FC.BARCELONA seperti gambar dalam sejarah seni. Era keemasan itu berada dalam era keemasan yang singkat. Tetapi gambar tidak dapat dibunuh. Mereka hidup selamanya.

 

@isti_titi IBCT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 thoughts on “Runner-Up : Gracies Pep

  1. nice to read this article..
    bangga sama Pep..bangga sama Barca..bangga jg sama teteh atas tulisan ini..dan
    Bangga jg karena saya jg termasuk salah satu orang yang beruntung,karena jatuh cinta kepada FC.BARCELONA. Dan saya masih akan berada disini. Memakai warna warni Blaugrana. Dimana pun nanti posisi FC.BARCELONA berada:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *