Astrinovia.com

Emang gak niat!

Suatu hari seorang perempuan bergegas menuju kantor sebuah perusahaan besar. Katanya mereka *perusahaan itu* memerlukan seorang pegawai lepas untuk melakukan input data. Seorang teman memberitahu perempuan itu bahwa mereka hanya memerlukan orang yang piawai mengetik cepat. Tentunya untuk memasukkan data-data perusahaan yang berjumlah ribuan lembar. Pekerjaan sehari-harinya hanya menulis di rumah. Pekerjaan ini sangat membuatnya nyaman karena bisa terus berdekatan dengan sang buah hati dan mengurus rumah tangganya dengan apik. Tapi kali ini sedang masanya libur menulis, so sambil menunggu ilham atau inspirasi baru untuk dituangkan keatas kertas, dia siap menerima tantangan baru. Memamsukkan data apa susahnya sih? Begitu pikirnya. 

Tiba di kantor, ternyata yang dituju sedang makan siang. Menunggu adalah pekerjaan yang membosankan, semua orang sudah tau itu. Untung saja hapenya tak pernah ketinggalan. Eksis dalam social media merupakan kesenangan tersendiri baginya, so menunggu tidak lagi begitu membosankan. Tak lama orang yang dituju tiba dan perempuan itu diminta masuk ke ruangan. Ini dia saatnya, degdegan juga yah .

Sebelum menghadap dia masuk ketoilet sekedar untuk merapikan diri. Wahhh … betapa kucelnya setelah naek motor dari rumah hingga tujuan dalam keadaan panas terik. Belum lagi CV yang dibawa tidak lengkap. Hal itu baru disadari saat dalam perjalanan tadi. Tapi What the hell ,,, nothing to lose deh, pikirnya. 

Ada percakapan yang lucu saat perempuan itu menghadap orang yang diberi kuasa untuk mewawancarai calon pegawai baru.

“ Anda ada perlu apa kesini?” *weleh*
“Mmmh … sebenarnya tadi temen saya menelepon dan bilang kalau kantor anda memerlukan seorang pekerja lepas untuk tugas input data.”
Bapak itu memerika CV yang cuma selembar dengan pajangan kalimat-kalimat biodata yang seadanya beserta selembar fotokopian KTP.
“Apa anda bisa menjadi notulen? Atau membuat surat-surat resmi?”
“Kalau urusan menulis sih saya bisa, pak.”
“Lalu?”
“Ya, hanya tinggal menulis saja, kan?” *sambil cengar-cengir*
“Sebenarnya kami memerlukan orang yang ahli mengerjakan banyak program computer seperti Corel, Adobe atau excel. Anda bisa?”
“Mmmh,,,selama setahun terakhir ini bekerja menulis buku atau artikel dan sudah lama sekali tugas perkantoran seperti itu saya tinggalkan karena memang belum ada perlunya dalam keseharian saya. Tapi program computer tidak sulit kok, belajar sebentar, konsentrasi, pasti langsung bisa.”
“Lalu, kenapa dokumen anda tidak lengkap?”
Nah itu dia, pak. Saya mohon maaf nih sebelumnya. Teman saya tidak memberikan informasi yang mendetil dan apa yang sebenarnya dibutuhkan dalam pekerjaan ini dan tadi saya terburu-buru berangkat dari rumah jadi ya…saya hanya membawa seadanya. Untuk hal itu saya minta maaf, pak!” *nyengir dalam hati*
“Kalau begitu, maaf ya saya harus membicarakan hal ini dengan rekan saya di ruang sebelah. Permisi!”
“Baiklah, monggo pak.”

Tak lama mereka kembali dan mengatakan bahwa saat ini hanya CV-nya perempuan itu yang diterima sedangkan keputusan kerja atau tidak akan dilakukan melalui telepon. Saat itu, dia sudah tau bahwa mereka tidak benar-benar serius mengatakan hal itu. Saat perbincangan dengan mereka, perempuan itu merasakan sesuatu kagok. Rasanya tidak enak sekali diwawancara sambil dipandangi sebelah mata. Hanya karena dokumen tidak lengkap mereka tidak percaya dengan kegiatan yang selama ini dilakukannya. Tapi tidak jadi masalah karena memang sebelum berangkat, perempuan itu sudah berniat hanya ingin tahu saja. Diterima atau tidak bukan masalah besar. Dalam perjalanan pulang, dia berpikir bahwa memang benar apa yang dikatakan oleh banyak orang bahwa bekerja untuk orang lain itu tidak pernah enak. Lebih nyaman bekerja sendiri tanpa ada bos ataupun perintah orang yang berada di posisi lebih tinggi. Dan satu lagi pekerjaan yang paling menyenangkan di dunia adalah MENULIS. Bekerja untuk diri sendiri, bermanfaat bagi orang lain dan berbagi dengan banyak orang melalui sebuah pemikiran. Hidup Menulissss !!! hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *