Astrinovia.com

Pentingnya Keterbukaan dalam Perencanaan Keuangan Keluarga

 

Perencanaan keuangan keluarga membutuhkan banyak sekali pertimbangan yang harus dipikirkan matang-matang supaya rencana tersebut agar dapat berjalan dengan sempurna. Dimana rencana keuangan keluarga dibutuhkan oleh setiap keluarga agar mempunyai pengetahuan mengenai masuk dan keluarnya uang di dalam keluarga. Dengan tersebut maka nantinya akan lebih mudah untuk memperkirakan goal atau tujuan yang akan dapat diraih dari rencana anggaran keuangan keluarga tersebut.

Salah satu pertimbangan penting sebelum akan melakukan anggaran keuangan keluarga adalah mengetahui hal dasar dalam menyusun anggaran tersebut. Dimana hal utama yang harus terpenuhi adalah dari keterbukaan yang ada di dalam rencana keuangan keluarga. Dengan adanya keterbukaan tersebut akan mempunyai banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan keluarga untuk mengatur keuangan yang lebih tepat. Dimana keterbukaan tersebut akan bisa bermanfaat untuk menyusun keuangan lebih baik karena mengetahui hal berikut ini dengan lebih pasti:

  1. Mengetahui jumlah pasti pemasukan keluarga
    Manfaat pertama yang bisa didapatkan ketika adanya keterbukaan mengenai keuangan di dalam keluarga adalah bisa untuk mengetahui jumlah pasti dari pemasukan keluarga. Hal ini penting karena hal dasar untuk mengatur keuangan keluarga adalah mengetahui berapa besar keuangan yang dimiliki. Oleh karena itulah bagi Anda yang ingin mengatur dana keluarga harus mengetahui dengan pasti berapa besar dana yang dimiliki keluarga.Pemasukan keluarga tersebut bisa didapatkan dari penghasilan keluarga. Sehingga penghasilan dari suami dan istri bisa digabungkan untuk mengetahui berapa banyak penghasilan yang dimiliki. Selain itu juga penghasilan lainnya seperti sumber penghasilan tambahan dari tambahan pekerjaan atau dari investasi yang dilakukan. Hal tersebut bisa membuat Anda lebih mudah untuk menyusun dana keuangan karena mengetahui dengan pasti jumlah dana yang dimiliki oleh keluarga setiap bulannya.

  2. Mengetahui kebutuhan keluarga
    Setelah mengetahui jumlah pasti dari pemasukan keluarga, hal tersebut juga akan lebih mudah untuk mengetahui kebutuhan keluarga. Setiap rencana keuangan keluarga akan mengalokasikan dana untuk kebutuhan yang harus terpenuhi. Sehingga dengan mengetahui jumlah keuangan yang pasti yang dimiliki keluarga bisa untuk membuat rencana pengeluaran yang lebih optimal. Seperti misalnya pengeluaran yang bisa direncanakan mulai dari konsumsi, uang transportasi, uang pembayaran, dan uang belanja perbulannya.

    Team work dalam keluarga adalah penting

     

  3. Mengetahui jumlah hutang dan cicilan yang harus dibayarkan
    Hal lainnya yang bisa didapatkan ketika adanya keterbukaan mengenai dana yang ada di dalam keluarga adalah mengetahui jumlah hutang dan cicilan yang harus dibayarkan. Sehingga ketika akan menyusun rencana anggaran keluarga hal ini tidak akan terlupakan dan disesuaikan dengan penghasilan dan kebutuhan. Hal ini akan membuat keluarga Anda walaupun mempunyai hutang dan cicilan tetap dapat untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Sehingga tidak ada pailit dan keluarga yang mempunyai keuangan yang bangkrut karena semua hutang dan cicilan dapat dibayarkan.

  4. Membuat keluarga lebih harmonis karena saling percaya
    Manfaat terakhir dari keterbukaan mengenai keuangan di dalam perencanaan keuangan keluarga adalah akan menimbulkan rasa saling percaya. Bagi Anda yang tidak mempunyai keterbukaan di dalam keuangan meskipun dengan keluarga sendiri justru akan membuat keluarga tidak harmonis. Karena anggota keluarga tidak mempunyai jumlah pasti uang yang dimiliki sehingga tidak bisa lebih hati-hati dan juga curiga dengan anggota keluarga lainnya. Hal tersebut akan membuat keuangan keluarga menjadi kacau dan tidak bisa berjalan lancar. Tidak adanya keterbukaan keuangan keluarga juga tidak membuat perencanaan untuk keuangan keluarga dapat berjalan efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *