Astrinovia.com

Daikin Origami Day: Menstimulasi Otak Anak Dengan Origami

Daikin Origami Day. Credit: Afrizal

 

Salah satu kegiatan yang berkaitan dengan perkembangan kecerdasan anak adalah seni origami yang merupakan seni tradisional melipat kertas yang sudah hadir sejak zaman kuno di Jepang. Tak hanya bisa membantu perkembangan memori dan pembelajaran anak, namun aktifitas melipat kertas ini juga menjadi cara bersantai untuk menghilangkan beban dan memicu anak untuk lebih kreatif.

Banyak orang percaya bahwa melakukan kegiatan origami ini membantu meningkatkan daya ingat yang sangat baik bagi segala usia. Banyak bentuk dan ukuran yang bisa dibuat dengan origami. Teknik melipat ini merupakan salah satu teknik meningkatkan kecerdasan dan fungsi kognitif otak lainnya.

Ketika tangan melipat kertas, tangan akan mengirimkan gelombang ke otak untuk mengaktifkan semua bagiannya, yaitu otak kiri dan kanan, dimana di dua bagian ini tersimpan bidang-bidang yang berkaitan dengan memori, pengembangan visual, juga keterampilan motorik. Tubuh akan melepaskan hormon serotonin yang merupakan media penghantar ke syaraf otak yang bisa membuat seseorang merasa bahagia. Selain itu, origami juga merangsang fungsi kognitif di otak yang berkaitan dengan memori dan pembelajaran. Jadi, origami merupakan alat pengajaran yang baik untuk beraktifitas bagi anak-anak maupun dewasa. Tak hanya itu, origami juga telah digunakan sebagai alat terapi bagi perkembangan mental, penanganan depresi, kegelisahan dan kehilangan ingatan.

 

Daikin Origami Day

Pada Minggu (04/07/19) PT Daikin Airconditioning Indonesia bersama Rumah Origami Bandung dan Pricebook menggelar acara ‘Daikin Origami Day’ di Balai Kota Bandung, dimana acara ini diselenggarakan untuk memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli 2019 lalu. Acara ini juga diselenggarakan sebagai ungkapan rasa syukur perusahaan atas perjalanan dan perkembangan bisnis yang baik yang hingga kini terus berjalan hingga memiliki 1.100 dealer di seluruh Indonesia dengan jumlah karyawan sebanyak 650 orang di 13 cabang di berbagai kota, termasuk Bandung.

 

Perwakilan PT Daikinairconditioning Indonesia bersama pimpinan Rumah Origami Bandung

 

Acara berlangsung dengan ramai dan ceria karena dimeriahkan dengan banyak pertunjukkan seperti permainan perkusi, senam gembira, story telling, juga lomba mewarnai dan menggambar. Bapak Budi Mulya, sebagai Finance Director mewakili manajemen PT. Daikinairconditioning Indonesia menjelaskan, bahwa acara ini diselenggarakan di Bandung karena kota Kembang ini merupakan salah satu kota pelajar yang memiliki banyak potensi generasi kreatif dan berbudaya positif. Setelah Bandung, Daikin berencana untuk menggelar acara yang sama kota-kota lainnya di Indonesia. Harapan yang muncul dari acara ini adalah semangat berkelanjutan untuk menyebarkan semangat berkreasi dan meningkatkan rasa percaya diri anak-anak Indonesia.

1 thought on “Daikin Origami Day: Menstimulasi Otak Anak Dengan Origami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *