Astrinovia.com

Cooperative Fair 2019 Untuk Generasi Milenial Jabar Juara

jabarekspres.com – Gelaran produk unggulan dan berkualitas UMKM Jawa Barat

 

Dream big. If you’re not dreaming big for yourself who’s doing it for you?

 

Bandung – Cepatnya pertumbuhan ekonomi menuju era pasar bebas saat ini membuat banyak orang berpikir keras untuk maju mengikuti perkembangan zaman. Industri dan bisnis semakin beragam ditunjang oleh teknologi yang semakin berkembang. Kita sedang berada di era digital, dimana semua jenis bisnis bisa dilakukan secara online. Siapa yang tidak bisa mengikuti perubahan maka dia akan terlindas oleh kemajuan. Visi menuju kebebasan finansial di masa depan menjadi motivasi dan semangat untuk terus bekerja keras dan berinovasi dalam berbagai aspek kehidupan. Bayangkan, apa yang kamu lihat tentang dirimu sendiri 20 atau 30 tahun mendatang? Dalam imaji yang lekat saya melihat diri ini duduk santai menikmati hari sambil menyisip kopi panas dan memantau pertumbuhan bisnis melalui laptop. Itu saya, bagaimana dengan kamu?

Sebagai manusia yang kreatif, tentu saja ada banyak ide yang bermunculan di kepala. Tapi, seringkali kita tidak tahu dimana, kapan, dan bagaimana memulainya. Catat saja dulu semua ide itu, lalu coba cari tahu informasi dan ilmu terkait bisnis yang ingin dijalankan melalui berbagai sumber, misalnya internet, buku, atau konsultasi dengan para ahli dan praktisi bisnis yang berpengalaman. Nah, saya juga banyak ide bisnis, namun berhubung masih terikat dengan pekerjaan rutin kantor maka waktu saya terbatas. Tapi, di dunia digital seperti ini justru tidak ada batasan waktu. Kapanpun saya mau, bisnis bisa dijalankan asal ada kemauan dan tekad yang kuat.

Cooperative Fair 2019 yang digelar oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jawa Barat (23-25/08) menjadi salah satu referensi untuk mengembangkan ide bisnis. Pameran koperasi ini merupakan gelaran yang ke-16 kalinya dilaksanakan dan diikuti oleh pelaku KUMKM dari 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat menampilkan lebih dari 100 produk unggulan yang sudah dikurasi oleh tim juri selama tiga hari penuh di Mall Trade Center (MTC) Metro Indah Mall, Bandung.

Berbagai produk ditampilkan di pameran ini termasuk produk kuliner, fashion, kerajinan tangan dan juga diramaikan oleh berbagai aktifitas menarik termasuk talkshow, konsultasi bisnis, sesi sharing bisnis, seminar, dan konseling usaha kecil dan perkoperasian. Menyusuri stand pameran dari ujung ke ujung membuat saya makin semangat bahwa ide bisnis yang ada dalam kepala ini bisa diwujudkan. Pengalaman perjalanan bisnis para pelaku UKM menjadi inspirasi dan motivasi bagi saya untuk berjuang lebih keras mewujudkan mimpi.

 

Generasi Milenial jabar Juara

Kita semua tahu bahwa generasi muda sekarang sangat kreatif. Berbagai hal bisa dibuat menjadi menarik dan booming dalam waktu singkat. Semangat seperti ini yang harus terus dipertahankan dan ditingkatkan. Oleh sebab itu, pemerintah ingin mengenalkan koperasi lebih dekat pada generasi milenial terutama di Jawa Barat agar mereka semua tahu bahwa menjalankan bisnis berdampingan dengan koperasi itu keren.

Itulah sebabnya di Cooperative Fair ini dihadirkan juga seminar mengenai koperasi berikut konseling bersama para ahli, untuk memberi wawasan bisnis yang lebih luas pada kaum muda Jabar. Diharapkan juga generasi milenial Jabar ini bisa ikut berperan aktif membangun perekonomian daerah melalui koperasi. Jadi, koperasi ini hadir untuk membantu kita semua memulai dan menjalankan bisnis lebih baik. Dengan merangkul teknologi, koperasi kini lebih keren karena sudah mulai menerapkan sistem digital dalam pelaksanaan berbagai kegiatannya, seperti laporan keuangan berbasis online melalui platform sendiri, bimbingan teknik, mengadakan pelatihan e-commerce, dan juga pendampingan laporan keuangan melalui aplikasi. Yang terpenting dalam bisnis memang pengaturan keuangan. Jika cashflow berjalan lancar maka operasional bisnis juga tidak akan tersendat. Dengan diterapkannya program digitalisasi ini maka koperasi kini mampu bersaing dan berkompetisi di industri bisnis yang luas, termasuk bersaing di era pasar bebas yang akan segera datang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *