Astrinovia.com

Kiosagro, Platform Marketplace Bagi Pelaku Usaha Agro

Ada suatu adegan dalam film produksi Holywood pada tahun 1967 berjudul The Graduate, seorang pria berbisik dalam nada penuh keyakinan, “Plastik …. Ada masa depan yang begitu besar tentang plastik di masa depan.” Di masa itu, plastik merupakan sebuah penemuan baru yang memunculkan banyak harapan dalam sebuah bisnis.

Hari ini, semua harus siap memasuki sebuah era penemuan baru yang disebut era digital, dimana semua aksi bisnis menggunakan teknologi berbeda. Semua orang dimanapun berada bisa mengaksesnya, kapanpun. Semua bidang bisnis harus bisa bertransformasi mengikuti era baru ini jika tidak ingin tertinggal.

Bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (20 Mei 2019), di Hotel Patra Comfort, Jalan Ir H Juanda No 132 Bandung, Senin (20/5/2019), hadir sebuah marketplace baru. Kiosagro, dikelola oleh PT Kiosagro Indonesia Sejahtera adalah sebuah marketplace berbentuk website dan aplikasi mobile. Website ini hadir di pasar bisnis Indonesia untuk mewadahi komunitas lokal yang bergerak di bidang bisnis agro dan UMKM, termasuk pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, kelautan, maupun hasil olahannya.

Di Kiosagro.com masyarakat bisa melakukan transaksi jual beli yang saling menguntungkan dan aman. Komunitas bisa menjual hasil panennya secara langsung pada masyarakat dengan harga yang ditetapkan oleh mereka sendiri. Aplikasi berbasis android ini bisa diunduh secara gratis di Playstore dengan fitur-fitur menarik bagi penjual ataupun pembeli.

Hadiyan Nursofyan, pencetus ide apikasi ini menyebutkan, “Kami berharap bisa memunculkan petani-petani milenial dimana produk yang mereka miliki bisa memenuhi permintaan pasar juga ekspor. Agar petani Indonesia juga bisa lebih maju dan sejahtera.”

 

 

Seorang pembicara lainnya, seorang praktisi pertanian, blogger dan penggerak UMKM Jawa Barat, Siti Nur Maftuhah, mengatakan, “ Permasalahan pertanian di Indonesia begitu kompleks, anak-anak petani sekarang bahkan tidak berminat untuk meneruskan usaha tani orangtuanya, dan  memilih untuk menjadi buruh.” Maka, diharapkan dengan hadirnya aplikasi ini di antara masyarakat, bisa menjadi solusi bagi persoalan-persoalan pertanian kini. Kaum milenial sekarang bisa belajar banyak tentang usaha agro dan cara pemasarannya secara global melalui sebuah aplikasi yang memudahkan, sehingga mereka bisa tergerak untuk meneruskan usaha pertanian dan mau membudidayakan produk-produk pertanian berkualitas ekspor.

Seperti kata Ade Setiadi Truna, seorang praktisi Digital Marketing dan penggerak UMKM Jawa Barat, semoga kehadiran Kiosagro ini bisa membantu menciptakan generasi kreatif baru dan para petani milenial yang bisa berbisnis sesuai dengan tuntutan zaman.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *