Astrinovia.com

Paxel, Layanan Antar Paket Sameday Tarif Flat

 

Sudah sejak setahun lalu saya melalukan riset tentang jasa pengiriman paket/barang yang paling cepat, aman, terpercaya dan berbiaya murah. Hal ini dilakukan untuk melengkapi kebutuhan online shop nanti. Iya, saya memang akan membuka usaha toko online dalam beberapa bulan ke depan. Produk yang dijual berupa frozen food yang siap saji. Produk ini ketika dikirim nanti tentu saja harus diterima dalam keadaan segar oleh pelanggan. Nah, karena inilah riset itu akhirnya dilakukan. Dari beberapa kali pengalaman memesan makanan siap saji dalam keadaan frozen, saya mengalami kekecewaan karena produk yang diterima sudah tidak segar lagi. Nah, berhubung saya akan membuka usaha makanan beku maka cara pengiriman produk dalam keadaan segar harus dipertimbangkan dengan matang.

Ada berbagai pilihan jasa pengiriman barang yang bisa digunakan. Ada yang harganya cukup murah tapi barang harus diantarkan sendiri ke tempat usahanya. Ada juga jasa antar-kirim barang yang bisa ambil barang di rumah tapi barang harus dikemas sendiri dan diragukan keamanannya. Belum lagi harganya yang menjulang tinggi. Ya, jasa pengiriman barang ini mirip dengan layanan travel antar kota, ada yang dijemput ke rumah ada juga yang datang langsung ke poolnya. Tentu saja harganya juga berbeda. Yang dijemput ke rumah biasanya mematok harga yang lebih tinggi. Saya masih bingung memilih jasa pengiriman mana yang akan dipakai hingga akhirnya menemukan Paxel, jasa pengiriman sameday dengan tarif flat. Wow, mantap ini.

 

 

Paxel Blogger Gathering

Di tengah kegalauan memilih jasa pengiriman barang yang cepat, praktis dan murah, saya bisa mendapatkan informasi lengkap tentang Paxel, jasa pengiriman barang yang baru saja launching di Indonesia. Kebetulan pada 9 November lalu saya berkesempatan untuk mendapat informasi langsung dari sumber terpercaya, yaitu Pak Johari, CEO Paxel, dalam acara Blogger Gathering di Lo.ka.si Working Space di Dago, Bandung.

Meski harus basah kuyup karena diterpa hujan deras di tengah perjalanan, saya tetap datang ke acara gathering ini karena informasi pentingnya sangat tidak boleh dilewatkan. Kapan lagi bisa mendapat informasi lengkap langsung dari pemilik jasa ekspedisi? Hehe …

Pak Johari ini ternyata mantan CEO di ekspedisi JNE, namun sekarang fokus untuk membangun usaha ekspedisi baru dengan nama Paxel yang memiliki slogan #AntarkanKebaikan. Kenapa slogan itu yang dipakai? Karena menurut Pak Johari, Paxel ini adalah jasa pengiriman yang berbeda dengan usaha sejenis lainnya. Dalam setiap pengantaran dan penjemputan, Paxel menghadirkan kebaikan dan berbagi kebahagiaan bagi sesama. Untuk itulah Paxel juga menggelar banyak program charity dalam perjalanan bisnisnya.

 

 

Paxel Sameday Delivery, Solusi Antar Jemput Barang Cepat dan Praktis

Jadi, Paxel ini termasuk startup logistik yang menjalankan bisnis jasa pengiriman barang pada hari yang sama dengan harga flat. Layanan ini dinamai Same Day Delivery. Paxel baru saja diluncurkan pada Januari 2018 lalu, sehingga cakupan wilayah yang dilayaninya baru menjangkau area Jabodetabek, Bandung, Solo, Yogyakarta dan Semarang. Direncanakan pada tahun 2019 Paxel akan hadir di 20 kota lain di Indonesia.

Paxel sendiri hadir untuk memenuhi kebutuhan kaum urban yang bergerak cepat, dinamis dan penuh interaksi. Bagi saya pribadi, layanan yang diusung oleh Paxel ini merupakan sebuah terobosan baru yang menarik dan bermanfaat. Selain simple dan mudah untuk diakses, juga bisa sejalan dengan gaya hidup manusia zaman now yang serba cepat dan praktis. Sistem aplikasinya sudah demikian canggih, bahkan sudah memanfaatkan AI (Artificial Intelligent) untuk membantu user memanfaatkan teknologi Paxel.

 

 

Paket yang dikirim oleh Paxel ini bisa dikirim dan diterima di hari yang sama, dalam jangka waktu 8 jam saja. Penasaran, saya langsung instal Paxel dan mencoba memakai aplikasinya untuk mengirim barang. Agar jelas, di bawah ini cara menginstal aplikasi Paxel di smartphone kamu:

  1. Instal Paxel dan langsung dapat saldo Rp 100.000,-
    Setelah aplikasi terpasang di android, saldo langsung terisi dengan nominal Rp 100.000,- asik kan yah? Buat kamu yang mau instal juga, masukkan kode referal ‘astrinovia’ biar kamu dapat tambahan saldo juga dan langsung bisa dipakai untuk mengirim paket.
  2. Tarif flat hingga berat paket 10 kg
    Sementara jasa pengiriman lain menghitung paket berdasarkan berat, maka Paxel menghitungnya berdasarkan ukuran. Untuk paket Small dalam kota Bandung, harga jemput-kirim adalah Rp 18.000,- walaupun berat paket 100 gram atau 6 kg, tidak menjadi masalah.
  3. Menentukan jam kirim sendiri
    Ada nama sebutan unik untuk delivery man di Paxel ini, namanya Hero (Happiness Hero), dimana Hero akan menjemput barang yang akan kit akirim sesuai jam yang sudah dicantumkan di dalam aplikasi. Misalnya, saya bisa mencantumkan penjemputan barang antara pukul 14.00 – 16.00 WIB jadi si Hero akan menjemput paket sesuai jam itu. Lalu nanti akan tercantum di aplikasi, estimasi jam pengiriman dan akan sampai jam berapa di penerima nanti. Lebih enak sih, bisa atur waktu pengiriman lebih fleksibel dan menyenangkan.
  4. Easy tracking
    Paket yang sedang dalam proses pengiriman bisa ditelusuri dengan mudah melalui aplikasi. Apakah paket sudah dalam perjalanan, siapa nama Hero yang mengirimnya, atau sudah sampai mana keberadaan paket yang dikirim. Setelah paket sampai pun ada laporan lengkap dengan tanda tangan penerima yang dilakukan langsung di aplikasi. Sejauh ini baru Paxel yang bisa melakukan penerimaan barang dengan tanda tangan di aplikasi. Hebat kan? Terdepan banget ini.
  5. Asuransi
    Paxel menyediakan asuransi untuk melindungi setiap paket yang dikirimkan hingga 10 juta rupiah.
  6. Layanan bungkus paket
    Paxel bisa mengemas paket kita dengan rapi gratis, namun untuk pengemasan tambahan (misalnya ingin memakai bubble, dus, kayu dll) ada biaya tambahan juga.

 

Pengalaman mengirim paket dengan Paxel

Mengirim paket menggunakan Paxel ada triknya, berhubung tidak semua titik lokasi pengiriman terdeteksi oleh aplikasi. Sementara ini mungkin begitu, namun ke depannya saya yakin akan ada pembaruan aplikasi yang lebih canggih.

Misalnya, pengiriman paket dari daerah Hegarmanah ke Ujungberung (Bandung Timur). Alamat ini masih masuk wilayah kotamadya Bandung tapi alamat tepatnya tidak bisa terdeteksi oleh aplikasi. Setelah beberapa kali mencoba akhirnya saya memilih nama jalan yang berada sekitar satu kilometer dari rumah dan memasukkan kodepos ke dalam aplikasi, baru alamatnya muncul. Untuk alamat lebih tepat bisa ditambahkan di bagian notes saja.

Alhamdulillah setelah memasukkan alamat secara manual di kolom catatan (notes) paket saya tiba di rumah dalam keadaan selamat dan rapi sesuai jadwal (waktu) yang tertera di apikasi. Meskipun hujan tapi my Hero tetap datang mengantarkan kebaikan untuk saya. Terima kasih banyak Paxel, I am happy.

 

 

 

6 thoughts on “Paxel, Layanan Antar Paket Sameday Tarif Flat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *