Astrinovia.com

Jalan-jalan ke Pabrik Ajinomoto Karawang

 

 

Di postingan terakhir saya sempat menulis tentang citarasa kelima yaitu Umami dan amannya penggunaan MSG produksi Ajinomoto dalam masakan sehari-hari. Kali ini, saya berkesempatan untuk mengunjungi langsung pabriknya di Karawang. Dalam acara Blogger Goes to Ajinimoto Factory, bersama dengan banyak blogger lainnya saya berangkat menuju Karawang dari Bandung dalam perjalanan selama 2 jam menggunakan bis.

Pabrik Ajinomoto terletak di satu kawasan industri Karawang bersama dengan banyak pabrik lainnya. Perjalanan dua jam tak terasa sekali, ketika membuka mata saya sudah bisa melihat logo Ajinomoto dari kejauhan. Iya, saya tidur dalam perjalanan. Maklum, untuk menyiapkan energi keliling pabrik hihi …

Jadi, ada tiga merek dagang di lingkungan pabrik Ajinomoto ini yaitu Saori, Masako dan Sajiku. Sebenarnya produk Ajinomoto ini bukan hanya tiga saja, tapi masih banyak yang lainnya. Hanya, yang diproduksi di Karawang hanya tiga merek ini saja. Produk lainnya diproduksi di pabrik yang berada di Jawa Timur.

 

 

Sesampainya di pabrik Ajinomoto, kami semua berkumpul di ruang kantin karyawan yang cukup luas dan nyaman. Ruangannya bersih dengan atmosfir warna putih yang membuat saya merasa ada di ruangan steril. Pokoknya bersih dan rapi. Disini, kami disambut oleh Bapak Nico Andreas, manajer Finance & GA, yang memberi pemaparan singkat tentang pabrik Ajinomoto ini. Beliau mengatakan pabrik ini sebenarnya pabrik kedua yang dibangun pada 2012, setelah pabrik utamanya dibangun pada 1970 di Mojokerto. Jadi, produk Masako merupakan produk yang dibuat disini sejak tahun 2012, kemudian disusul oleh produk Saori pada 2014, dan Sajiku pada 2018 ini.

Sebelum kami diajak berkeliling pabrik, Bapak Fazry sebagai HSE Section Manager memberi penjelasan terlebih dulu tentang aturan kunjungan dan petunjuk keselamatan selama berada di dalam pabrik. Kenapa harus ada penjelasan? Ya, karena isi pabrik ini terdiri dari banyak mesin besar dan berat yang perlu perhatian dan fokus menjalankannya. Nah, agar pengunjung aman dan tetap nyaman, maka Pak Fazry menjelaskan aturan mainnya. Ya tentu saja kami ikuti dong, kan biar aman hehe …

Di pabrik ini memang membuat jalur tersendiri khusus untuk pengunjung jadi siapapun yang ingin tahu cara pembuatan dan pengolahan atau pengemasan produk Ajinomoto bisa berkunjung dengan aman dan menyenangkan. Lingkungan pabrik ini tertata rapi dan juga bersih. Setiap tempat diperuntukkan untuk kegiatan tertentu dan tetap dijaga kebersihannya. Pengunjung juga bisa melihat banyak display mengenai produk yang dibuat informatif dan menarik. Jadi gak aneh kalau pengunjung banyak yang tertarik untuk foto-foto. Sebagai persediaan atau stok foto untuk instagram, gitu katanya hahaha …

 

 

Sambil berkeliling, Pak Nico terus mendampingi para bogger dengan banyak penjelasan tentang produk. Kami dibawa memasuki area pabrik Saori terlebih dulu, kemudian Masako dan terakhir ke Sajiku. Melihat mesin pengemasan produk di dalam pabrik sesungguhnya sangat menggoda, kami ingin tahu lebih dekat tapi sayang kami dilarang mengabadikannya dalam bentuk foto atau video karena kerahasiaan perusahaan juga harus dijaga tentunya.

Oh iya, pabrik Ajinomoto ini sudah menjalankan peraturan operasional pabrik sesuai dengan standar sertifikasi internasional dan sudah mengantungi sertifikat halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia). Seperti yang sudah disebutkan dalam postingan blog terakhir, bahwa produk Ajinomoto ini aman dikonsumsi setiap hari sesuai dengan takaran dan porsi secukupnya. Apalagi, melihat cara pengolahan dan pengemasannya yang teratur dan bersih begini membuat saya makin yakin kalau produk Ajinomoto ini halal dan aman untuk dikonsumsi. Alhamdulilah bisa ikut berkunjung ke pabrik Ajinomoto karena ada banyak informasi bermanfaat yang saya dapatkan.

 

 

Salah satu sudut untuk istirahat yang nyaman bagi karyawan

 

Ada juga display di tembok-tembok di ruangan tertentu yang membuat resep masakan lho. Lumayan kan bisa dipraktekkan di rumah soalnya resepnya praktis dan mudah. Yang penting ada bumbu Saori, Masako dan Sajiku semua masakan pasti jadi enak. Generasi masa kini memang maunya praktis dan tidak ribet jadi produk-produk keluaran Ajinomoto ini membantu banget. Apalagi untuk saya yang harus ke kantor setiap pagi, sehingga menyiapkan sarapan untuk anak juga gak pakai waktu lama. Cukup siapkan bahannya sedari malam dan masak dengan menggunakan bumbu Ajinomoto, beres deh.

Oh iya, saya juga jadi tahu kalau memproduksi bumbu makanan itu butuh penelitian dan pengolahan yang dilakukan oleh para ahli dan profesional di bidangnya. Gak bisa asal lho, karena pemakaiannya nanti menyangkut kesehatan banyak orang. Jadi, dari acara Blogger Goes To Ajinomoto Factory ini saya punya banyak pengetahuan baru tentang keteraturan, kerapian, kebersihan dan pentingnya komitmen juga motivasi untuk menjadikan hidup lebih baik. Yang pasti semua bumbu masak produksi Ajinomoto ini aman digunakan, bikin masakan makin lezat dan menggugah selera. Aku mah da fans berat Saori, Masako dan Sajiku, tanpa tiga nama itu apalah jadinya masakanku nanti hihi …

Terima kasih Ajinomoto sudah memberi saya kesempatan berkunjung bersama teman-teman blogger ke pabrik di Karawang!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *