Astrinovia.com

Serunya Pawai Obor Asian Para Games Jakarta 2018

 

 

Event besar masih terus berlanjut di Indonesia. Setelah sebelumnya berlangsung dengan sukses dan meriah Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, kini akan digelar Asian Para Games 2018 di Jakarta. Jelang pembukaan acara tersebut pada 6 Oktober 2018 mendatang, dilangsungkan acara pawai obor dimana apinya diambil dari Api Abadi di Mrapen, Solo.

Api obor ini kemudian dibawa berkeliling Indonesia untuk menyemarakkan Asian Para Games yang akan dilaksanakan pada 6-13 Oktober di Jakarta. Rute Pawai Obor dimulai dari Ternate menuju Makassar, Bali, Pontianak, Medan, Pangkal Pinang dan terakhir tiba di Jakarta pada 30 September.

Asian Para Games adalah perhelatan olahraga internasional yang diperuntukkan bagi atlet penyandang disabilitas. Acara ini sendiri perdana diselenggarakan di Indonesia, dan pelaksanaannya tentu saja tak kalah meriah dari acara olahraga lainnya.

 

 

Kebetulan, saya bersama beberapa teman influencer lainnya mendapat kehormatan untuk ikut meramaikan pawai obor ini pada Minggu 30 September di Jakarta. Arak-arakan dimulai dari Balai Kota dan berakhir di gedung Kemenpora. Suasana pagi itu ramai dan seru, apalagi bertepatan dengan Car Free Day. Banyak sekali masyarakat dari berbagai kalangan ikut datang, termasuk dari rombongan anak-anak sekolah, komunitas dan juga masyarakat umum. Semua orang tampak senang dan antusias menyambut Asian Para Games 2018.

Sebelum pawai dimulai, obor terlebih dulu memasuki Balai Kota disambut oleh Ondel-ondel dan Tanjidor khas Betawi. Raja Sapta Oktohari, Ketua Umum INAPGOC (Asian Para Games Organizing Committee) mengatakan bahwa acara ini diadakan di Indonesia setelah mendapat apresiasi dari komite Paralympic yang melihat antusiasme tinggi masyarakat Indonesia. Acara ini juga diadakan bukan untuk menyaingi Asian Games, namun merupakan sebuah acara olahraga besar lain yang juga harus didukung penuh oleh seluruh bangsa.

 

 

 

Asian Para Games diikuti oleh 43 negara peserta yang akan bertanding di 18 cabang olahraga, bertempat di Gelora Bung Karno, Jakarta International Velodrome dan JIExpo. Gubernur DKI, Anies Baswedan, menerima obor dan melepasnya secara resmi untuk mulai diarak keliling Jakarta. Antusiasme mayarakat begitu terlihat dan membuat pawai obor ini makin semarak. Ada anak-anak sekolah berlarian di pinggir peserta pawai sambil bersorak-sorak gembira. Ada juga kelompok anak muda yang gak pernah lupa menyorot pawai dalam kamera ponsel untuk kemudian dibagikan di media sosial mereka masing-masing. Tak ingin ketinggalan, komunitas difabel juga ikut memenuhi rute pawai yang lumayan panjang. Semua orang bergembira menyambut obor Asian Para Games sambil menyaksikan karnaval kostum negara peserta seperti Jepang, Thailand, Arab dan banyak lagi. Tak lupa riuhnya suara alat musik turut memeriahkan keseruan pawai.

 

 

Lagu tema Asian Para Games, The Song of Victory, termasuk berbagai alat musik tabuh terus diputar dan dibunyikan menjadikan acara pawai makin hidup dan riang. Wajah-wajah para pesohor juga ikut meramaikan pawai obor ini, termasuk Najwa Shihab, Prabu Revolusi, Nirina Zubir, Bambang Pamungkas, Sheryl Shenafia dll. Obor sempat berhenti di beberapa titik rute pawai untuk bergantian dibawakan oleh para pesohor ini, dan saya beruntung bisa merasakan memegang obor dan rasanya bangga sekali. Kapan lagi bisa mendapat kesempatan seperti ini, iya kan?

 

 

Setibanya di Bunderan HI, obor kemudian lanjut berkeliling Jakarta menggunakan mobil lawas dengan kap terbuka, yaitu iring-iringan mobil VW yang berwarna-warni. Lucu banget dan meriah. Hal ini dilakukan agar seluruh warga Jakarta bisa melihat api obor ini secara langsung. Dan memang benar. Mulai dari Bunderan Hi hingga berakhir di gedung Kemenpora, masyarakat menyambut baik pawai ini dan ikut bergembira melihat obor yang menyiratkan Inspiring Spirit Energy of Asia.

Satu hal menyenangkan yang menjadi catatan penting bagi saya adalah saya bisa belajar sedikit bahasa isyarat. Dua orang teman influencer yang juga penyandang tuna rungu sempat mengajadi saya caranya bicara dalam bahasa isyarat. Rasanya menyenangkan dan keren. Sepertinya saya mau belajar lebih banyak tentang bahasa yang satu ini nanti.

 

 

Saya juga terinspirasi oleh semangat juang dan tekad baja para atlet yang mampu berprestasi tinggi dalam kekurangan fisik yang mereka miliki. Kalau mereka saja bisa berkarya dan berprestasi, kenapa kita tidak? Semoga Asian Para Games 2018 ini menjadi medan laga dimana para atlet bisa bertanding dengan fair dan sportif. Dan semoga pelaksanaan acara besar ini berlangsung lancar dan sukses tanpa kendala berarti. Ayok, #nyalakansemangat kita semua untuk #Indonesiajuara

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *