Astrinovia.com

Tidak perlu aktivasi ulang e ktp kecuali …

 

E-KTP berlaku seumur hidup.

Saat harus mengganti paspor baru kemarin lalu saya sempat ragu dengan masa berlaku e ktp saya. Disana tertulis masa berlaku habis pada November 2017. Saya sempat bertanya-tanya, bagaimana mengajukan pembuatan e ktp baru sedangkan kasus korupsi e ktp (duhhh …) saja belum beres. Belum lagi katanya blanko e ktp di kecamatan manapun kosong. Ternyata yang bernasib seperti saya banyak. Bahkan ada yang bilang katanya kalau tidak segera memperpanjang e ktp maka kita bakal kena denda. Oalah gimana coba?

Tapi tenang…

Buat kita yang sudah punya e ktp sebelum tahun 2017 dan masa berlakunya habis pada 2017 tidak perlu membuat e ktp baru karena yang kita punya sekarang sudah berlaku seumur hidup. Untuk meluruskan simpang siur hal itu, berikut cuplikan Surat edaran Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo nomor 470/296/SJ, tanggal 29 januari 2016, tentang KTP elektronik (KTP-el) berlaku seumur hidup sebagai berikut:

Melanjutkan Surat Edaran Nomor : 470/327/SJ tertanggal 17 Januari 2014 perihal perubahan kebijakan dalam penyelenggaraan administrasi kependudukan, serta memperhatikan amanat undang-undang nomor 24 tahun 2013 tentang administrasi kependudukan, dengan hormat diminta kembali saudara hal-hal sebagai berikut :

  1. Pasal 64 ayat (7) huruf a Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013, mengamanatkan bahwa KTP-el untuk warga Negara Indonesia masa berlakunya seumur hidup.
  2. Selanjutnya dalam pasal 101 huruf c Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013, diamanatkan bahwa KTP-el yang sudah diterbitkan sebelum Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 ditetapkan seumur hidup. Dengan demikian, KTP-el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup, dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya.
  3. Berkenaan dengan hal tersebut, kami minta kepada para Gubernur dan Bupati/Walikota untuk menugaskan Unit Kerja yang menyelenggarakan pelayanan publik agar mematuhi ketentuan dimaksud dan menugaskan unit kerja yang menyelenggarakan Administrasi Kependudukan agar menyebarluaskan ketentuan dimaksud melalui media cetak, media elektronik maupun media sosialisasi lainnya, sehingga dapat diketahui oleh para petugas penyelenggara administrasi kependudukan, para penyelenggara layanan publik maupun masyarakat.

Selengkapnya disini

Jadi …

Meskipun e ktp yang kita punya sudah melewati masa berlakunya tapi tidak perlu lagi mengajukan pembuatan yang baru atau aktivasi ulang, karena pengambilan data untuk e ktp hanya dilakukan satu kali saja saat pembuatan e ktp yang pertama kali.

Kecuali ….

  1. e KTP kamu hilang
  2. e KTP kamu rusak fisik hingga data di perangkat pembaca elektronik tidak muncul
  3. Ada perubahan data perkawinan dan kependudukan

Jika kamu mengalami salah satu dari tiga kondisi di atas maka kamu harus mengupdate data terbaru dengan konfirmasi ke kecamatan. Untuk melakukan hal ini kamu bisa dibantu oleh ketua RT dimana kamu tinggal. Jika tidak ada perubahan maka tenang saja, meski tertera masa berlaku hingga 2017 tapi e ktp kamu berlaku seumur hidup.

jadi, begitu ya manteman, tidak perlu gelisah lagi. Semoga informasinya bermanfaat. Cheers!

2 thoughts on “Tidak perlu aktivasi ulang e ktp kecuali …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *