Astrinovia.com

Bandung Kota Blogger, Selamat Ulang Tahun!

 

First post in 2018.

Hari ini, tanggal 1 Januari 2018 adalah hari ulang tahun Batagor. Nama Batagor disini bukan jenis makanan melainkan komunitas blogger yang ada di Bandung. Dinamai Batagor sebagai kepanjangan dari Bandung Kota Blogger. Komunitas ini berpusat di Kota Kembang ibu kota provinsi Jawa Barat yang dibentuk pada 1 Januari 2008 ketika kopi darat yang pertama diadakan.

So, tepat 10 tahun sekarang Batagor dengan alamat rumah batagor.net kembali eksis dan berupaya untuk merealisasikan berbagai program yang sudah lama masuk dalam daftar rencana pelaksanaan kegiatan blogger.

Beberapa kegiatan yang pernah dilaksanakan oleh komunitas Batagor ini sebagai berikut:

  1. Batagor diundang oleh Ardan Radio pada Januari 2013 sebagai narasumber bersama Ridwan Kamil (belum menjadi walikota) membahas berbagai topik yang ngehits di seputar kota Bandung.
  2. Ngabubur-IT, Juli 2013, sebuah acara buka bersama didukung oleh Internet Sehat, IDC Indonesia dan Relawan TIK, diadakan di Cimahi. Kegiatan yang satu ini dihadiri oleh beberapa tokoh kawakan dari dunia internet seperti Onno W. Purbo, Gustaf Siregar dari Common Room Network Foundation dan Acep Syarifudin dari Internet Sehat. Topik yang dibahas dalam kegiatan ini adalah bincang santai seputar media sosial dan pemerataan internet rakyat Indonesia.
  3. Kopdar pada September 2013, dalam rangka menyambut anggota baru di Khatulistiwa, Eiger Jalan Sumatera, Bandung. Di kopdar ini banyak Batagoris yang ikut bergabung.
  4. Bebersih Bandung Yuk (BBY). Pada Oktober 2013, Batagor bekerjasama dengan Outlive, sebuah toko perlengkapan olahraga tingkat internasional, melangsungkan program bersih-bersih di sepanjang rute Car Free Day Dago. Anggota yang bergabung membersihkan area dan mengirimkan sampah yang terkumpul langsung ke Tempat Pembuangan Sementara Tamansari. Kegiatan ini dilangsungkan untuk mewujudkan Bandung Juara yang Bersih, Hijau dan Berbunga.
  5. Workshop Vlogging dengan Smartphone, pada 23 September 2017, sebuah acara menarik yang diselenggarakan di Grha XL, Jl. RE Martadinata Bandung, membahas bagaimana mengoptimalkan penggunaan smartphone untuk menghasilkan sebuah Vlog yang keren. Acara workshop ini menghadirkan narasumber Ary Mozta, seorang Vlogger yang piawai di bidangnya. Kebetulan saya dan tim menjadi juara pertama dalam kompetisi Vlogging On The Spot yang diadakan di acara tersebut. Keren, kan?
Workshop Vlogging with Ary Mozta

 

Tim Bandros juara I lomba NgeVlog bareng Batagor.Net

Sebagai anggota komunitas ini, saya berharap Batagor bisa menyelenggarakan lebih banyak kegiatan bekerjasama dengan banyak pihak agar komunitas ini bisa menjadi salah satu tempat penyebaran informasi bermanfaat dan menarik untuk kemaslahatan masyarakat kota Bandung.

Selamat Ulang Tahun ke-10, Batagor.net!

Tetap Jaya, Terus Menulis dan Berbagi Informasi.

 

Silakan bergabung disini untuk berpartisipasi dalam kegiatan menarik lainnya.

1 thought on “Bandung Kota Blogger, Selamat Ulang Tahun!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *