Astrinovia.com

Jejak Astra Dalam Perjalanan 60 Tahun Penuh Inspirasi

 

Astra, Tak Lekang Oleh Waktu – memasuki usi 60 tahun PT. Astra International masih terus memberikan sumbangsih positif bagi kemajuan bangsa Indonesia. Sejak perusahaan didirikan pada 1957 lalu, Astra mendedikasikan karya untuk pembangunan bangsa Indonesia. Dengan mengangkat filosofi Catur Dharma, Astra tumbuh bukan hanya bicara tentang keuntungan semata, namun manfaat perusahaan pada masyarakat dipastikan berkelanjutan. Walau bagaimanapun, kegiatan bisnis tidak bisa berjalan sendirian tanpa mengindahkan lingkungan dan masyarakat sekitar.

‘Menjadi perusahaan yang penuh manfaat bagi bangsa dan negara’ adalah makna yang tersirat dalam satu satu butir filosofi Catur Dharma. Enam dekade kini, namun Astra tak henti menjadi inspirasi bagi anak bangsa melalui karsa, cipta, dan karyanya yang terpadu. Kontribusi dan sumbangsih yang Astra berikan hingga saat ini mengedepankan layanan untuk karya anak bangsa, memanfaatkan sumber daya manusia yang berlimpah dan menjadi nilai tambah berkelanjutan bagi kemajua bangsa dan negara.

Sekian banyak kegiatan rutin dilaksanakan oleh Astra sebagai bagian dari program corporate Social Responsibility (CSR) mereka. Kegiatan yang juga merupakan tanggung jawab sosial perusahaan pada masyarakat mulai digeluti oleh Astra Grup sejak tahun 1974. Dalam setiap pelaksanaannya, kegiatan ini terbilang berhasil memenuhi goal dan bermanfaat bagi masyarakat. Satu hal yang pasti, program CSR ini adalah langkah nyata perusahaan untuk membuktikan diri bahwa Astra mampu ikut meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia melalui karsa, cipta, dan karya terpadu. Dampak positif lain dari kegiatan ini adalah peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat luas secara berkelanjutan. Oleh karena itu, program CSR telah menjadi agenda wajib dan masuk dalam rencana strategis perusahaan.

Dari ujung Barat hingga ke timur, dari Sabang sampai Merauke, dari kota sampai ke pelosok desa – Dalam rangka berpartisipasi aktif memenuhi kebutuhan tenaga kerja industri yang semakin meningkat, sesuai dengan empat pilar utama perusahaan, yaitu Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan. Astra turut mendukung program pengembangan pendidikan vokasi yang resmi diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo di PT Astra Otoparts Tbk, Kawasan Greenland International Industrial Center (GIIC), Cikarang, Jawa Barat. Progam pendidikan Vokasi Industri  yang menghubungkan antara Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan industri bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing manusia Indonesia dan untuk meningkatkan kinerja sektor industri dalam negeri, sesuai dengan instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 9/2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

 

 

Jawa Barat terpilih sebagai wilayah pelaksanaan program Vokasi tahap ketiga setelah Jawa Timur dan DI Yogyakarta, melibatkan 141 industri dan 393 SMK melalui penandatanganan 800 perjanjian kerjasama. Terkait dengan pilar pendidikan dan mengusung slogan “To Continually Strive for Excellence” Astra terus berkarya memajukan anak bangsa dengan berbagai inovasi yang link and match di dunia pendidikan dan industri. Pendidikan vokasi merupakan satu program perusahaan untuk menyalurkan sumbangsih dan peran aktif meningkatkan kuliatas dan kompetensi anak bangsa di bidang otomotif.

 

SMK Yaspim adalah salah satu sekolah menengah kejuruan di Sukabumi yang berdiri pada 2007 atas usulan masyarakat. Dari hanya 32 siswa, kini SMK Yaspim sudah berjalan 11 tahun dan memiliki 4 program keahlian termasuk Keahlian Teknik Sepeda Motor (TSM). Program keahlian inilah yang kemudian membuahkan kontrak kerjasama dengan Astra Honda Motor dan membuka kelas TSM-Honda.

 

 

Fasilitas yang ditawarkan oleh kelas TSM-Honda SMK Yaspim adalah bengkel atau lab, ruang teori/kelas, media praktek dan alat praktek, guru pengajar yang telah lolos diklat bersama Honda, guru tamu dari Honda, praktek kerja industri di bekel resmi AHASS, dan prioritas lulusan untuk bekerja di Astra Honda Motor di seluruh Indonesia.

 

 

Kerjasama Astra Honda Motor dan SMK Yaspim ini merupakan salah satu jejak nyata yang ditinggalkan Astra untuk kualitas anak bangsa yang lebih baik. Selain itu, dalam rangka menyambut ulang tahun ke-60 Astra mengadakan program Pewarta Astra 2017 dan Lomba Foto Astra dengan tema “Inspirasi 60 Tahun Astra”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *