Astrinovia.com

Cara Mudah Belanja Online di Bukalapak Supaya Tidak Terkena Tipu-tipu

credit: ainisastra

 

 

Belanja online sekarang ini sudah menjadi gaya hidup masyarakat, tidak heran karena orang modern saat ini lebih memilih semuanya serba praktis dan begitu juga dalam berbelanja. Nah, Bukalapak merupakan salah satu market place yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pembelanjaan berbagai kebutuhan keseharian. Selain itu jika Anda belanja online di Bukalapak sudah dijamin tidak akan terkena berbagai kasus penipuan seperti sekarang ini banyak beredar kabar di beberapa media. Misalnya barang yang tidak kunjung datang padahal uang sudah dikirim lunas, produk yang tidak sesuai keinginan atau kasus lainnya.

Sebagai konsumen memang Anda harus membatasi diri juga dalam melakukan belanja online. Disamping banyaknya kemudahan yang diberikan ternyata situs online juga dapat merugikan penggunaannya. Kewaspadaan yang dilakukan bukan berarti juga Anda membatasi diri untuk tidak berbelanja online hanya saja lebih ke bagaimana menjadi seorang konsumen yang cerdas dalam menentukan tempat belanja yang tepat di era digital seperti sekarang. Nah, berikut ini akan dibagikan cara berbelanja aman melalui Bukalapak yaitu:

 

  1. Lihat rating produk.

Jika Anda membuka pada halaman utama Bukalapak akan tampil produk yang ditawarkan, dan di sampingnya akan terlihat symbol bintang yang bisa menjadi salah satu petunjuk Anda. Ya, bintang yang tertera pada gambar tersebut menunjukkan bahwa tingkat rekomendasi barang tersebut untuk dibeli, karena itu merupakan salah satu gambaran dari pada konsumen dalam memberikan penilaian saat berbelanja. Produk yang sangat disarankan pasti mempunyai tingkatan bintang yang lebih dari 3, dan begitu pula sebaliknya.

 

  1. Feedback dari produk.

Tidak sedikit konsumen yang telah melakukan pembelanjaan sebelumnya memberikan rating sekaligus meninggalkan feedback atas kepuasan atau sebaliknya yang dirasakan. Misalnya dari mulai kecepatan saat belanja online di Bukalapak kemudian bisa juga saat proses transaksi atau bisa juga masalah lainnya. Jika banyak feedback positif itu berarti produk yang akan Anda beli termasuk yang rekomendasi.

  1. Catatan pelapak.

Jangan lupa juga untuk membaca catatan dari pelapak yang ditunjukkan kepada para konsumennya. Bisa jadi isi dari catatan itu adalah mengenai dari syarat ataupun ketentuan mengenai proses transaksi, proses pemesanan, garansi ataupun lainnya.

  1. Kredibilitas pelapak.

Dari halaman tersebut Anda juga bisa menemukan sejarah atau catatan mengenai kredibilitas dari pelapak sendiri. Misalnya reputasi dari perjalanannya, lokasi, jumlah pelanggan ataupun penolakan pesanan yang dilakukan. Dalam hal ini Anda harus memilih pelapak yang mempunyai tingkat prestasi yang tinggi.

  1. Cek waktu online.

Bukalapak sendiri memang hanya menyediakan lapak untuk para penjual yang ingin melakukan jual beli barangnya. Nah, tidak sedikit pelapak yang benar-benar serius membuka lapak tetapi banyak juga penjual yang hanya iseng-iseng. Nah, akan lebih baiknya Anda cek terlebih dahulu waktu login terakhir yang menentukan tingkat respon yang akan Anda terima.

  1. Info internet.

Selain dari market place tersebut Anda juga bisa mencari tahu terlebih dahulu melalui mesin pencarian untuk memastikan tingkat keamanan dari pelapak. Misalnya dari latar belakang, sejarah jual beli ataupun lainnya.

Walaupun sebenarnya sekarang ini pihak Bukalapak telah membuat suatu sistem penyaringan para pelapak yang mempunyai niatan jahat dalam melakukan jual beli. Tetapi tidak ada salahnya Anda tetap memastikan keamanan saat belanja online di Bukalapak dengan beberapa tips yang telah dijelaskan diatas. Jika memang Anda menemukan cara meminimalisir dari belanja online lainnya bisa juga ditambahkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *