Astrinovia.com

Indonesia Tuan Rumah Asian Para Games 2018

 

Buat saya, mereka yang berprestasi tanpa menjadikan kekurangan fisik sebagai suatu hambatan adalah hebat. Jujur, kita yang dilahirkan sempurna terkadang terlalu banyak mengeluh. Tapi, coba kita lihat para penyandangan disabilitas. Meski fisik tak sempurna namun semangat dan motivasi hidup mereka sangat tinggi. Sekali lagi, hebat.

Saya tahu ada sebuah ajang olahraga yang khusus bagi penyandang disabilitas. Jadi, ketika mendengar Asian Para Games sedang mengadakan sosialisasi di berbagai kota dan mampir di Bandung, saya tertarik untuk datang dan memberikan dukungan untuk acara ini.

Ajang olahraga ini diadakan setiap 4 tahun sekali dan kali ini Indonesia mendapat kesempatan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Para Games 2018 yang akan diadakan pada 6-13 Oktober 2018 nanti.

 

Asian Para Games 2018

Asian Para Games 2018 ini akan mengusung slogan “The Inspiring Spirit and Energy of Asia” yang menghadirkan nilai-nilai tinggi dari Paralympic, yaitu Determination, Courage, Equality dan Inspiration. Sebanyak 18 cabang olahraga akan dilombakan dalam 582 nomor pertandingan. Dijadwalkan sekitar 3000 atlet penyandang disabilitas dari 43 negara di Asia yang merupakan anggota Paralympic Comittee akan ikut berpartisipasi dalam kompetisi ini.

Menurut saya slogan yang diusung oleh ajang ini sangat tepat,mengingat energi dan semangat hidup tinggi yang ditunjukkan oleh para penyandang disabilitas merupakan inspirasi bagi banyak orang. Jika diingat lagi, untuk saya pribadi, rasanya jadi malu jika melihat keberanian dan perjuangan mereka yang seakan tak ada habisnya. Mengagumkan. Karena, seringkali saya malah lupa bersyukur atas kesempurnaan fisik yang telah Tuhan beri.

 

credit: Suara Merdeka

 

MOMO untuk Asian Para Games 2018

Sebuah maskot bernama MOMO siap menyambut masyarakat di booth yang hadir di berbagai kota di Indonesia. Nama MOMO diambil dari singkatan Motivation & Mobility yang dilambangkan dengan hewan Elang Bondol.

INAPGOC (Indonesian Para Games Organizing Comittee) melangsungkan kampanye kesetaraan dalam kehidupan bermasyarakat dan menjadikan para atlet penyandang disabilitas sebagai sumber inspirasi dan motivasi. Berbagai persiapan sudah mulai dilakukan panitia untuk memenuhi syarat aksesibilitas bagi para atlet.

Yuk, kita ikut bantu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya olahraga, terutama mendukung semangat atlet penyandang disabilitas yang luar biasa. Yang malas berolahraga seperti saya, mari mulai budayakan olahraga. Partisipasi aktif dari masyarakat sangat dibutuhkan untuk menjadikan penyelenggaraan ajang ini sukses tahun depan.

 

Nongkrong seru di booth Asian Para Games 2018

Sebenarnya pas datang ke booth Asian Para Games 2018 yang ada di Trans Studio Mall Bandung, saya berharap bisa bertemu langsung dengan salah satu atlet. Namun sayang sekali, saya tidak beruntung. Mereka sudah lebih dulu hadir sehari sebelumnya. Tapi tak apa, saya senang bisa ikut berpartisipasi berbagi informasi mengenai acara ini di medsos saya. Buat yang ingin tahu lebih banyak mengenai ajang ini, boleh menuju akun @ina2018APG di Instagram dan Twitter dan siapa tahu booth yang sama bisa hadir di kotamu.

Good luck untuk Asian Para Games 2018. Semoga lancar dan sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *