Aneka Masakan Khas Jawa yang Simple dan Mudah untuk Dibuat

Wanita Cantik Paripurna bersama Rumah Cantik K-Link
September 4, 2017
6 Bentuk Trend Fashion Terbaru 2017
September 18, 2017

Aneka Masakan Khas Jawa yang Simple dan Mudah untuk Dibuat

Masakan Jawa merupakan salah satu jenis makanan yang paling banyak dicari oleh masyarakat Indonesian sebagai salah satu makanan favorit mereka dimanapun berada. Selain memiliki citarasa yang tinggi, jenis masakan Jawa ini juga mudah dibuat sendiri oleh mereka yang ingin menikmatinya, karena hanya memerlukan bahan-bahan masakan yang pada umumnya mudah didapatkan di pasaran. Lalu apa sajakah jenis masakan Jawa yang mudah dibuat dengan bahan pembuatan yang simple? Berikut ini sedikit ulasan mengenai aneka masakan jawa yang simple dan mudah untuk dibuat.

Jenis masakan Jawa pertama yang mungkin dapat dibuat sendiri di rumah dengan mudah dan cepat adalah kering tempe. Makanan ini terbuat dari bahan utama tempe kedelai. Hanya membutuhkan bahan bumbu tambahan untuk membuatnya. Adapun bahan yang harus dipersiapkan untuk membuat kering tempe ini adalah cabe, bawang merah, bawang putih, gula merah, lengkuas, gula pasir, dan bahan tambahan lain seperti kacang tanah sebagai campuran dalam pembuatan kering tempe. Untuk mengolahnya sangat mudah, kamu hanya perlu mengiris tempe dalam bentuk kecil memanjang kemudian menggorengnya hingga setengah matang. Kemudian tumis aneka bumbu yang telah disiapkan hingga harum dan masukkan tempe setengah matang yang telah di tiriskan plus bahan lainnya. Tambahkan gula dan penyedap rasa, berikan sedikit air. Tunggu hingga matang, angkat dan sajikan.

Selain kering tempe, berikut ini aneka masakan Jawa lain yang dapat dibuat sendiri dengan mudah di rumah, di antaranya:
  • Serundeng. Masakan dengan bahan pembuatan utama berasal dari parutan daging kelapa yang diolah dengan bumbu sederhana. Adapun untuk membuat serundeng ini, hanya dibutuhkan beberapa bumbu khas masakan Jawa seperti bawang merah, bawang putih, asam jawa, lengkuas, daun salam, daun jeruk, ketumbar dan gula merah. Masakan khas daerah Jawa ini juga dapat dibuat dengan menggunakan berbagai bahan tambahan seperti daging sapi, ayam ataupun penambahan bahan lainnya seperti kacang tanah, untuk memberikan citarasa yang lebih nikmat dalam masakan.
Aneka masakan Jawa: Serundeng. Credit: pbase.com

Credit: pbase.com

  • Pecel. Makanan berbahan dasar aneka sayuran dengan bumbu kacang. Makanan yang mudah dibuat, dimana Anda hanya perlu merebus terlebih dahulu aneka sayuran dan mempersiapkan aneka bumbu untuk membuat sambal kacang. Bumbu untuk membuat sambal kacang ini cukup mudah didapatkan seperti bawang merah, bawang putih, kencur daun jeruk, asam jawa dan gula jawa. Jika tidak ingin repot membuat sambal kacang, kamu bisa membelinya dalam bentuk jadi. Jadi untuk menikmatinya kamu hanya perlu mengencerkan sambal dengan menggunakan air hangat.
Aneka masakan Jawa: Pecel. Credit: wartapati

Credit: wartapati

  • Botok. Makanan khas Jawa yang memiliki bahan pembuatan utama parutan daging kelapa yang dibungkus menggunakan daun pisang, dan biasanya dibuat dengan berbagai bahan tambahan seperti tempe ataupun telur asin. Bahan yang diperlukan untuk membuat botok ini adalah cabe, bawang merah dan putih, kemiri, kencur dan penyedap rasa.
Aneka masakan Jawa: Botok. Credit: resepmasakan

Credit: resepmasakan

Selain jenis masakan tersebut diatas, kamu juga bisa membuat aneka masakan jawa lainnya. Nah, pada umumnya masakan Jawa memiliki bahan bumbu yang hampir mirip, dimana penggunaan bawang merah, bawang putih dan cabe selalu ada didalamnya. Selain itu penggunaan aneka bumbu rempah juga menjadi ciri khas yang tidak bisa ditinggalkan dari berbagai jenis masakan Jawa yang telah melegenda. Kamu sudah pernah nyoba masak sendiri menu Jawa yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *