Astrinovia.com

Kesalahan yang Perlu Dihindari Saat Booking Tiket Pesawat

Credit: Huffington Post

Lion Air menjadi salah satu maskapai yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Jika ingin mendapatkan tiket pesawat Lion Air dengan harga yang terjangkau maka kamu harus sering memantau harga. Maskapai ini sering mengalami atau menetapkan perubahan harga dan dalam 1 hari maskapai ini dapat mengganti harganya bahkan hingga 2-3 kali di pagi, siang dan tengah malam. Untuk itu, hindari beberapa kesalahan berikut saat kamu hendak melakukan booking tiket pesawat Lion Air.

Yang pertama adalah kesalahan pencantuman title seperti Mr/Mrs.
Untuk mengganti kesalahan itu kamu harus menggantinya di kantor dan tidak dapat dilakukan via website ataupun telephone. Jangan sampai kamu baru menyadarinya saat hendak terbang atau minimal 1 jam sebelum keberangkatan. Dikhawatirkan justru kamu akan membuang waktu dan tentunya resiko ketinggalan pesawat juga akan semakin lebih tinggi.

Kedua adalah tidak membaca term and condition yang sudah ditetapkan oleh pihak maskapai.
Ketika sudah selesai booking maka otomatis kita harus patuh pada ketentuan yang berlaku. Sayangnya, banyak orang yang malas dan mungkin dikejar waktu sehingga tidak membaca dan mengabaikannya. Dalam ketentuan tersebut terdapat penjelasan mengenai perubahan, cancelation, ataupun refund tiket jika terjadi sesuatu diluar dugaan. Juga ada ketentuan mengenai biaya tambahan yang sering kali membuat kamu sebagai penumpang kesal karena ternyata layanan tersebut membutuhkan biaya tambahan.

Yang ketiga adalah tidak menggunakan tools yang tepat.
Setelah surat edaran Menhub No. HK.209/I/16PHB.2014 terbit, maskapai sudah mengharuskan calon penumpang membeli langsung via internet atau di tempat tertentu yang menjual tiket Lion Air. Akan tetapi, kamu harus berhati-hati dalam memilih website untuk membeli dan memesan tiket pesawat untuk menghindari adanya penipuan yang berkedok travel agent.

Keempat adalah pemesanan terlalu awal.
Memang, jika memesan jauh hari sebelum berangkat kamu bisa mendapatkan tiket yang harganya lebih murah jika dibandingkan jika membeli tiket 1-2 minggu atau hari sebelumnya. Akan tetapi, resikonya juga lebih besar karena mungkin saja ada halangan mendadak yang membuat kamu gak bisa berangkat pada hari itu tetapi tiket tidak dapat direfund. Beruntung jika tiketnya hanya ratusan ribu rupiah, namun jika sudah jutaan rupiah, hal tersebut justru akan sangat merugikan.

Yang kelima adalah mengabaikan info penerbangan terbaru misalnya seputar bagasi ataupun airport tax. Walaupun kamu mendapat tiket murah namun perhatikan jika ada info terbaru terutama mengenai tax atau pajak dan bagasi. Misalnya berapa biaya yang akan dikenakan jika kamu memiliki bagasi tambahan.

Kesalahan lainnya saat kamu booking tiket pesawat yang harus dihindari yaitu:

• Menggunakan jasa travel pesawat yang keliru dan tidak terpercaya. Ada yang sepenuhnya menyerahkan semua urusan pada penyedia jasa agar tidak perlu repot mengurus tiket. Namun jika salah memilih jasa travel, kamu bisa mengalami kerugian materil atau bahkan tidak dapat menghadiri acara penting yang seharusnya dihadiri.
• Tidak mempertimbangkan jadwal pesawat sehingga harus menghitung atau mempertimbangkan kembali untuk sampai di kota tujuan tanpa terlambat.
• Tidak update berita terbaru mengenai maskapai sehingga tidak mengetahui informasi terbaru terkait dengan Lion Air misalnya adanya promo tiket pesawat.

Yup, sepertinya memang kita tidak boleh asal-asalan saat memesan tiket pesawat. Harap memberi perhatian lebih pada hal-hal detil agar tidak merugikan diri sendiri. Selamat jalan-jalan yaa …

3 thoughts on “Kesalahan yang Perlu Dihindari Saat Booking Tiket Pesawat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *