Astrinovia.com

Barça Fans in Indonesia, We Are More Than Just a Cule

Barça Fans di Indonesia
Nobar Akbar El Clasico Jilid II, 24 April 2017, Ex Driving Range Senayan, Jakarta. Courtesy: Bola.com

We are proud to have a gift such as creativity, and we are prouder when we can combine it with respect to others ~anovia

Barça Fans, we are more than just a cule. Menjadi fans sebuah tim sepakbola adalah kebanggaan tersendiri bagi setiap individu. Siapapun boleh memilih tim manapun untuk menjadi tim kesayangannya. Begitu juga dengan para penggemar FC Barcelona

FC Barcelona adalah sebuah klub sepakbola besar di dunia yang memiliki filosofi khas yang tidak disamai oleh klub manapun di dunia. Identitas klub yang menyuarakan kemerdekaan, kebebasan dan keistimewaan dari Catalunya adalah unik. Fans yang suka dan cinta dengan FC Barcelona tentunya paham betul dengan kepribadian klub ini.

Siapa yang tidak senang ketika tim kesayangan bisa menang di laga paling krusial dan penting? Terutama ketika berhadapan dengan tim rival sejati seperti halnya FC Barcelona dan Real Madrid. El Clasico katanya. Sebuah laga panas yang selalu dinanti para penggemar kedua tim di seluruh dunia. Euforia laga klasik ini menyisakan banyak kesan di hati fans.

Merujuk pada euforia yang kerap terjadi di laga El Clasico (di luar wilayah Catalunya, Spanyol) dan berkaitan dengan sikap tidak sportif dan respect pada fans lawan, berikut sedikit pemaparan yang diharapkan bisa menjadi pengingat setiap saat.

Barça Fans di Indonesia
Nobar Akbar El Clasico Jilid II, 24 April 2017, Ex Driving Range Senayan, Jakarta. Courtesy: Bola.com

Komitmen FC Barcelona

 

FC Barcelona berkomitmen terhadap reformasi sosial, politik, dan budaya, yang diprakarsai oleh pemerintahan Republik Catalan. Buletin resmi Klub pada bulan Oktober 1932 menerangkan dengan jelas posisi Klub ini: “Popularitas klub kami tak dapat dipungkiri meliputi elemen yang tak terkait dengan olahraga.” Partisipasi dalam aksi politik dan budaya membentuk sebagian dari komitmen ini. Lebih lengkapnya cek disini

Slogan klub, ‘Mes Que Un Club’ atau diartikan menjadi “Lebih Dari Sekadar Klub’, memiliki makna yang sangat mendalam. Sebuah slogan yang bersejarah, dimana FC Barcelona mengekspresikan diri bahwa Barça sebagai klub sepakbola tetap mempertahankan pentingnya kehidupan sosial dalam ketatnya aktifitas olahraga. Ini artinya, hubungan sosial antar manusia adalah sangat utama. Saling menghargai atau ‘RESPECT’ menjadi nilai tinggi bagi klub ini.

Hubungan emosional antar dua klub rival sejati FC Barcelona dan Real Madrid menjadi salah satu fokus nyata untuk diperhatikan oleh para pengemar/fans FC Barcelona dimanapun berada. Mengutip pernyataan yang diungkapkan oleh staf FC Barcelona, ES (menggunakan inisial untuk keamanan personal), “Masih adakah fans Barça yang melontarkan yel-yel buruk terhadap fans Real Madrid?”

Saya menjawab, “Sepertinya masih ada. Namun, mungkin yel-yel atau seruan yang mereka lontarkan tersebut berdasarkan kreatifitas dan rasa cinta mereka terhadap FC Barcelona.”

Barça Fans di Indonesia
Nobar Akbar El Clasico Jilid II, 24 April 2017, Ex Driving Range Senayan, Jakarta. Courtesy: Bola.com

Tanpa diduga, jawaban yang diucapkan oleh atasan saya itu cukup mengejutkan. Panjang lebar beliau memaparkan kaitan antara kreativitas dan sikap sportif dalam olahraga. Kreativitas adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan cara-cara baru dalam pemecahan masalah dan menemukan peluang baru (thinking new thing) secara positif. Sedangkan sikap sportif adalah suatu sikap yang mengandung kejujuran, ksatria dalam bertindak dan berperilaku dalam olahraga, juga mengikuti ketentuan dan peraturan yang telah ditetapkan atau disepakati bersama saat sedang dilangsungkan sebuah laga.

Respect atau sikap menghargai orang lain (lawan) menjadi salah satu nilai yang terkandung dalam sportivitas. Lalu, apakah menyerukan yelyel atau kalimat-kalimat menghina (racist) kepada lawan masuk dalam koridor kreativitas atau sportifitas? ES mengatakan, “Tidak termasuk ke dalam keduanya. Menjadi kreatif adalah berkarya secara positif dan seruan perendahan martabat atau rasis dalam sepakbola bukanlah sikap sportif sama sekali.”

Lebih jauh lagi beliau bertanya, “Kamu lihat, Jordi Alba tetap membantu Sergio Ramos untuk kembali berdiri di lapangan meskipun secara pribadi, mungkin, Ramos sedikit menyebalkan. Namun, sekali lagi, RESPECT adalah yang utama.” Beliau berpesan, jangan kaitkan rasa dengki dengan kreatifitas ataupun rasa cinta untuk FC Barcelona. Tidak ada dalam sejarah jika FC Barcelona tidak menghargai lawan atau klub lain di dunia. Barça adalah klub yang sangat menghargai perbedaan, mengutamakan hubungan sosial yang baik dengan siapapun. Hal ini berlaku bagi para pemain, dewan pengurus, staf pelatih, siapapun yang terlibat dalam kehidupan FC barcelona, termasuk semua fans dimanapun berada.

Barça Fans di Indonesia
Nobar Akbar El Clasico Jilid II, 24 April 2017, Ex Driving Range Senayan, Jakarta. Courtesy: Bola.com

FC Barcelona adalah klub besar. Klub yang memiliki nilai-nilai kehidupan tinggi. Slogan “Lebih Dari Sekedar Klub” mempunyai arti yang sangat luas. Keluwesan inilah yang menjadikan slogan tersebut begitu tepat untuk mendefinisikan kompleksitas identitas FC Barcelona, sebuah klub yang berkompetisi dalam bidang olahraga dan bermain di lapangan, namun juga setiap hari menaruh kepedulian pada masyarakat luas.

Jadi, untuk alasan yang beragam, FC Barcelona adalah ‘Lebih Dari Sekadar Klub’ bagi banyak orang yang bertempat tinggal di luar Spanyol, dimana mereka semua melihat Barça sebagai pembela yang gigih bagi kebebasan dan hak-hak demokrasi.

Fans FC Barcelona di Indonesia

 

Indonesia sebagai negara terbesar di Asia yang memiliki jumlah fans Barça terbanyak merupakan satu wilayah yang paling banyak memberikan dukungan dan semangat bagi tim secara nyata. Support dan semangat yang tinggi dari para penggemar di Indonesia diwadahi oleh beberapa komunitas pecinta FC Barcelona, termasuk Penya Barcelonista Indobarca.

Komunitas Penya Barcelonista Indobarca bercirikan semangat kekeluargaan, profesional, kreativitas, sportifitas, sosial, dan budaya dengan visinya menjadi komunitas yang mampu menjalin persatuan, kesatuan, dan mempererat persaudaraan terhadap sesama pecinta klub FC Barcelona.

Logo courtesy to Penya Barcelonista Indobarca Jakarta
Logo courtesy to Penya Barcelonista Indobarca Jakarta

Untuk mewujudkan visi tersebut, berdasarkan AD/ART Munas Penya Barcelonista Indobarca 2014 berikut penjelasannya:

(1) Menjadikan Penya Barcelonista IndoBarça Jakarta sebagai wadah berkumpul, berinteraksi, dan berbagi terhadap para pecinta klub FC Barcelona di Indonesia.

(2) Mengembangkan kreativitas dan menumbuhkan rasa sosial anggota Penya Barcelonista IndoBarça Jakarta terhadap masyarakat.

(3) Menjadikan Penya Barcelonista IndoBarça Jakarta sebagai komunitas penggemar klub FC Barcelona yang dapat mewakili Indonesia di mata FC Barcelona.

Barça Fans di Indonesia
Nobar Akbar El Clasico Jilid II, 24 April 2017, Ex Driving Range Senayan, Jakarta. Courtesy: Bola.com

Untuk digarisbawahi oleh para penggemar khususnya anggota, bahwa Penya Barcelonista Indobarca adalah komunitas penggemar klub FC Barcelona yang dapat MEWAKILI Indonesia di mata FC Barcelona. Untuk itulah, kita, anggota Penya Barcelonista Indobarca Jakarta, berupaya untuk menjadi sosok fans Barça yang santun, menjaga hubungan baik dengan siapapun dan dimanapun berada, dan menjunjung tinggi sikap sportif dan respect antara sesama anggota, fans lain juga dengan masyarakat luas.

Kita adalah ‘More Than Just A Cule’, kita adalah lebih dari sekedar cule yang menunjukkan bahwa fans Barça di Indonesia bisa membanggakan dan bermartabat. Hal itu tentu saja berlaku bagi diri kita sendiri, keluarga, teman dan sahabat, juga komunitas tercinta.

Visca Barça! Forca Barça!

6 thoughts on “Barça Fans in Indonesia, We Are More Than Just a Cule

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *