Astrinovia.com

Psst, Selamat Hari Blog Nasional!

share

“Blogging is about explaining things in simple way. If you can’t do it, you are simply don’t know it well enough.”

Tadi pagi, di jeda kegiatan mengonsep newsletter untuk keperluan kantor, saya sempat membaca satu blogpost menarik. Katanya blog itu hanya trend sesaat! Hmm … think again. Jika menoleh ke belakang, ada banyak pencapaian yang saya dapat dari ngeblog.

Memang sih, dalam perjalanannya tidak mudah meraih pencapaian itu. Ada kalanya saya miris melihat teman temin yang sering banget jadi juara kompetisi blog. Sedangkan saya, sekalipun belum pernah merasakan. Pedih memang. Kadang suka mikir apa sebab saya gak pernah menang lomba. Tulisan yang burukkah? Atau memang gaya menulis saya gak disukai orang? Ah, tapi gini gini juga saya sudah menelurkan nyaris total 40 buku non fiksi termasuk novel perjalanan. Tapi, beda gak sih antara menulis buku dan ngeblog?

Menurut saya gak ada bedanya. Keduanya dilakukan berdasarkan passion untuk menulis. Menulis bagi saya adalah kegiatan untuk mengingat kembali, meremajakan pemikiran, mengekspresikan rasa diri dalam sebuah tulisan. Tentunya, akan lebih baik jika tulisan tersebut bisa menjadi manfaat bagi banyak orang.

Dari ngeblog pula, saya bisa menjadi seorang content writer untuk salah satu situs resmi klub sepakbola terbesar di dunia. Pekerjaan yang dimiliki oleh saya, satu-satunya di Indonesia. Senang kan? Alhamdulillah, bahagia banget. Selain bisa terus menulis, menyalurkan hobi sebagai penikmat sepakbola, juga mendapat penghasilan dari kegiatan tersebut. Bukan hanya dalam bentuk rupiah yang saya dapat, tapi dalam mata uang Euro. Sekali lagi, alhamdulillah.

c360_2016-10-27-10-28-29-525

Jika bukan karena senang menulis dan membaca, saya tidak mungkin bisa mengantungi karya sebanyak puluhan buku. Jika bukan karena ngeblog, saya mungkin gak akan bisa terlibat dalam lingkungan pekerjaan online  internasional. Berinteraksi dan menyatukan ide dengan orang-orang berbeda kultur dan budaya bukan hal mudah. Dan, disinilah saya terus belajar memperbaiki kualitas diri.

Ngeblog adalah sesat? Ah, blog saya memang tidak terkenal. Isinya ya semaunya saya. Sesekali ada tulisan review produk. Tapi, kalau saya pengen nulis, ya nulis aja, syukur alhamdulillah kalau ada yang mau baca hehee … Jadi sejauh ini, urusan DA/PA atau apalah itu yang menjadi ukuran para agensi untuk menarik suatu kerjasama, saya gak pikirkan. Kalau ada rejeki, ya agensi mungkin tertarik untuk ngajak saya jalan-jalan -lah kok malah pengen bekpekeran.

Oh iya, dari ngeblog juga ada perusahaan IT dan software besar yang tertarik untuk memperkerjakan saya disana. Whaa … baiklah, kalau saya gak menang dari kompetisi blog manapun, mungkin rejeki saya memang bukan dari sana.

Yah, dari manapun rejeki yang datang, selalu ada kaitannya dengan menulis dan ngeblog. So, bagi saya, ngeblog bukanlah trend sesaat. Sepertinya, menulis dan ngeblog bakal saya lakukan sampai jemari ini tak kuat lagi menekan tombol keyboard.

Psst … lanjut nulis, yuk!

Karena dari kata per kata yang kamu tuliskan, kamu ciptakan hidup dengan gayamu sendiri.

6 thoughts on “Psst, Selamat Hari Blog Nasional!

  1. Keprok, keprok, keprok, suara riuh tepuk tangan. Iyalah teteh satu ini emang tiada dua, ngga pernah menang tapi buku dah 40, kayaknya dari lahir tiap taun bikin buku nih #eh, sok atuh ditunggu buku terbarunya taun depan ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *