Sapi Cuka Legoh Rasanya Juara| Kuliner

Tomyam Kelapa Bandung, Tomyam Kuah Air Kelapa di Bandung
August 19, 2016
Notebook Gaming ASUS ROG Strix GL502VS Laptop Idaman Para Gamers
September 20, 2016

Sapi Cuka Legoh Rasanya Juara| Kuliner

sapi-cuka-legoh-rasanya-juara

Sapi Cuka Legoh, ada yang sudah pernah coba?

Sapi Cuka Legoh ada di Jl Sultan Agung no. 9 Bandung. Nama tempat makan yang sudah berdiri sejak 2004 ini sudah gak asing buat saya. Beberapa kali menyempatkan diri untuk makan disini. Sendirian atau bareng teman. Eh, belum pernah sendirian, ding. Rumah makan Legoh ini adalah rumah makan yang menyediakan masakan khas Manado. Bagi yang suka masakan Manado, jangan lewatkan untuk coba makan disini.

 

Tukang Gebuk Drum Suka Masak

Yang menambah unik rumah makan ini adalah, kokinya alias chefnya. Seorang tukang gebuk drum dari band indie nasional, Leon of Koil. Siapa sih yang gak kenal Koil. Pasti pecinta musik metal kenal dong. Om Leon ini gak pernah mengenyam pendidikan khusus kuliner, tapi beliau suka banget ngotak atik bahan masakan yang kemudian diwujudkan menjadi satu masakan yang tasty dan layak dicoba. Cocok ya dengan kutipan dari Julia Child, ” No one is born a great cook, one learns by doing.”

Sebenarnya, semua menu yang ditawarkan di rumah makan ini adalah menu menu masakan keluarga Legoh. Tapi, kemudian Chef Leon menyesuaikan citarasa Manado ini dengan lidah Sunda. Jadi, hasilnya ya menu makanan disini rasanya ngenakin banget deh.

 

Sapi Cuka Rica menu Legoh favorit

Oh ya, Chef Leon baik banget loh. Beliau mau mendengar saran dan opini terbuka dari para pelanggannya. Katanya, beliau sering bereksperimen dengan resep tapi masih kurang mengeksplorasi menu camilan atau minuman. Jadi kalau ada pelanggannya yang ngasih masukan untuk menu tertentu, yang bahkan belum tercantum di daftar menu, Chef Leon bisa aja langsung melakukan uji coba dan menyulap ide dari pelanggan menjadi sebuah menu baru.

Seperti apa jadinya masakan Manado yang diracik oleh seorang tukang gebuk drum ini? Gak lupa diiringi hentakan musik metal dong. Hasilnya? Mantap gilak. Ada beberapa menu yang sudah saya coba di Legoh ini. Yuk!

  1. Nasi Goreng Hitam, IDR 23K

sapi-cuka-dan-nasi-goreng-hitam-legoh

Nasi goreng adalah menu yang paling sering saya bikin sendiri di rumah. Kalau lagi lapar banget terus gak ada makanan di rumah, ya nasi goreng menjadi pilihan utama. Nyiapin bahannya gampang, masaknya juga kilat. Bisa pedas, pakai kecap, pakai sosis, ditambah sereh dll. Menu ini menu paling modifikatif yang pernah ada. Nah, kalau di Legoh ada Nasi Goreng Hitam nih. Kok bisa hitam? Iyaaah … nasi gorengnya dimasak dengan dicampur tinta cumi yang hitam legam itu. Wah, wah menarik kan? eh, apa rasanya gak amis tuh pakai tinta cumi? Setelah dicoba, rasanya mantap pedas mampus, man. Gak terasa amis sedikitpun karena sudah diberi banyak bumbu rempah yang menyerap amisnya si tinta cumi. Pokoknya, gak nyesel makan nasi goreng hitam yang ini mah. Juarak!

 

Ini nih, juaranya:

  1. Sapi Cuka Rica, IDR 33K

sapi-cuka-legoh-rasanya-juara

Masakan yang satu ini termasuk menu baru di Legoh. Kebayang kan cuka? Daging sapi pakai cuka diolah menjadi satu masakan istimewa. Gimana rasanya? JUARA lagi! Enak banget. Jadi, kata Chef Leon, daging sapi yang sudah dipotong kecil direndam semalaman dalam bumbu racikan. Keesokan harinya daging sapi baru diolah untuk menjadi menu yang menggiurkan. Disajikan dengan sambal cabe yang endes, cocok banget untuk makan siang. Tekstur dagingnya terasa sedikit kering dan cita rasa cukanya nempel banget, buat saya menu ini oke punya. Layak diberi bintang.

 

  1. Mie Yamin Asin Baso Dorokdok, IDR 30K

sapi-cuka-dan-yamin-asin-baso-dorokdok-legoh

Buat penggemar mie, masih belum bisa disebut maniak mie kalau belum nyoba Mie Yamin Asin Dorokdok Legoh. Porsi mie yang jumbo menurut saya terlalu banyak. Jadi buat kamu kamu yang suka dengan porsi besar, makan mie yamin disini mah pasti puas dan kenyang. Tekstur mie yang lembut dikombinasikan dengan kuah kaldu bakso yang segar bikin mata ngantuk jadi melek lagi. Maklum, pas saya pesan mie yamin ini saya lagi ngantuk berat hehe. Selama ini mie yamin favorit saya adalah mie yamin yang ada di daerah Dalem Kaum sana, tapi sekarang bertambah dengan Mie Yamin Asin Dorokdok Legoh.

 

Minuman favorit

  1. Es Goyobod, IDR 25K

sapi-cuka-dan-es-goyobod-legoh

Menu pencuci mulut ini adalah menu dessert khas Bandung. Legoh berpartisipasi melestarikan kuliner Bandung dengan menyediakan menu ini. Penampilan Es Goyobod disini sungguh seksi. Pokoknya beda dari yang lain. Penampakannya yang cantik sangat instagrammable, dengan taburan topping berwarna cerah ceria, sangat kekinian. Gak rugi posting Es Goyobod Legoh di IG karena banyak di-love orang. Ya, gimana atuh. Bikin ngiler, kebayang segarnya.

 

  1. Es Kopi Alpukat, IDR 25K

sapi-cuka-dan-es-kopi-alpukat-legoh

Nah, selain Sapi Cuka yang juara banget, ini nih, menu minuman yang baru saja saya coba. Meski sebetulnya saya tidak begitu suka minum kopi karena lambung yang kerap ngadat kalau diisi kopi tapi melihat menu ini saya tetap pengen nyoba. Sudah terbayang sih rasa kopi yang pahit dicampur dengan alpukat kerok yang lembut dan pulen, plus ditambah gula kawung yang rasa manisnya beda dari gula merah biasa. Hmm … seriusan, ini menu minuman favorit saya di Legoh. Enak banget! Segar, pahitnya kopi terasa enak di lidah. Tak seperti pahitnya kehidupan yang benar benar pahit. Pahit kopi alpukat Legoh mah manis dan bikin kecanduan.

 

Menu Legoh halal

Mengenai harga, menurut saya sepadan dengan porsi dan rasa yang kita dapat kok. Dijamin, yang makan disini pasti pulang dengan perut penuh, bahkan mungkin kekenyangan, apalagi kalau sudah menghabiskan satu porsi sapi cuka rica plus nasi haha … ketika ditanya kenapa porsinya banyak, om Leon bilang karena beliau sendiri suka masak dan senang makan. Jadi ya beliau suka kalau lihat orang lain makan banyak, apalagi makan banyak dari masakan hasil olahan tangan beliau.

Rumah makan Legoh ini sudah mendapat konfirmasi halal dari MUI meski sertifikatnya masih dalam proses. Gak lama lagi sertifikat itu bakal bisa dilihat oleh seluruh pelanggan. So, do not worry, semua makanan disini enak enak dan halal. Yuk, ah capcus cobain sacuk (sapi cuka)!

Rumah Makan Legoh

Jl. Sultan Agung no. 9 Bandung 40115

Telp. 022 – 4268108
WhatsApp : +62 882 1220 5733
BBM : 55D6FA2A

email : rmlegoh@gmail.com
facebook: RMLegoh
twitter: @rmlegoh

Buka Tiap Hari Pukul 11.00 – 21.00 WIB
Menerima Pesan Antar & Catering

 

horeee-legoh

 

6 Comments

  1. Ade Truna says:

    Leon of Koil. Bagus tuh buat nama band hahaha

    Sacuk Legoh endesss.. apalagi disantap bareng kol gorengnya. Aslina kamari karek apal si kol goreng eta teh penetralisir sacuk yang kecut jd enak dikunyah kemudian kita telan (yaelaaa)

    Artikelnya maknyus euy!!

    • astrinovia says:

      Diingriskeun caritana mah hahahaa

      Eta Sacuk rica endes pisan bro, kamari eike gak pake kol goreng euy, padahal kabeuki oge hahaha

  2. Noniq Lee says:

    Aduh mupeng ih jadi tiba2 lapar liat sapi cuka sama es goyobod….

  3. wuih yummy sekali kuliner di sapi cuka legoh ini.. wajib dicoba nih cita rasanya.. nyammmm…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *