Astrinovia.com

Mengenal Ruby on Rails: Apa Itu Ruby on Rails? | Mixzone

rails_welcome
www.rubyonrails.org

 

Pertama tahu istilah ini saya bingung. Ini apa sih? Ruby, intan atau diamond maksudnya atau apa? Maklum, saya bukan orang yang suka kencan dengan kode-kode membuat website, jadi istilah ini masih awam. Tapi, berhubung sekarang saya bekerja di perusahaan IT internasional, jadi mau gak mau harus belajar. Sejauh ini, baru sampai disini pemahaman saya tentang Ruby on Rails.

Yang mau ikutan belajar, silakan …

Ruby

Nama ini mungkin sudah banyak didengar oleh mereka yang berkecimpung di dunia teknologi informasi, dan banyak yang masih belum paham apa yang dimaksud dengan Ruby on Rails ini.

Kalau kamu punya web atau blog pribadi pasti tahu kalau membuat web itu menggunakan bahasa khusus yaitu bahasa program. Jadi, Ruby ini adalah salah satu bahasa pemrograman yang berorientasi pada object. Bahasa pemrograman ini diciptakan oleh Yukihiro Matsumoto (Matz) pada tahun 2000. Bagaimana, sampai disini sudah cukup paham?

Setiap perangkat pasti memiliki sistem operasional atau operating system. Ruby ini bisa digunakan di berbagai sistem operasional seperti Linux, MacOs, dan juga Windows. Ruby dikembangkan secara open source. Open source sendiri artinya adalah istilah yang digunakan untuk perangkat lunak (software) yang membebaskan sumber kodenya dilihat oleh pengguna dan membuatnya tahu bagaimana cara kerja software tersebut. Lebih jauh lagi, si pengguna bisa juga memperbaiki atau bahkan mengembangkan software tersebut menjadi lebih baik lagi. Ruby bisa digunakan oleh siapa saja dengan gratis. Tak hanya itu, setiap orang juga boleh menduplikasi atau melakukan modifikasi apapun.

 

Rails

Mengenai Rails, ini adalah web framework yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman Ruby. Framework ini dikembangkan oleh David Heinemeier Hansson pada 2003. Cara kerja Rails juga open source namun memiliki lisensi dari MIT.

Sebelum lebih jauh lagi, apa yang dimaksud dengan web framework itu sendiri? Framework aplikasi web atau web framework adalah kerangka untuk membangun aplikasi web. Mulai dari sebuah blog sederhana hingga aplikasi rumit seperti AJAX, setiap halaman di web itu diciptakan melalui penulisan kode. Kebanyakan web berbagi struktur yang mirip dan tujuan framework ini adalah menyediakan struktur umum agar developer tidak perlu membuat ulang dari awal lagi, tapi bisa dengan menggunakan kode yang sudah tersedia. Dengan cara ini Framework ini menghemat banyak waktu dan tenaga.

Jadi intinya framework adalah dasar untuk menentukan bahasa pemrograman yang akan digunakan nanti. Setelah menentukan framework baru di atasnya dibangun program. Framework ini membantu mempercepat dan memudahkan developer membangun sebuah program atau aplikasi web. Setelah selesai pun nantinya developer bisa melakukan pengecekan maintenance dengan mudah karena sudah ada pola tertentu.

 

Ruby on Rails

So, Ruby on Rails adalah bahasa pemrograman Ruby yang dibangun dalam framework Rails. Aplikasi berbasis Ruby on Rails adalah aplikasi yang dibangun dengan menggunakan bahasa Ruby dalam kerangka Rails.

Kira-kira seperti itu, cukup mengerti kan? hihi …

2 thoughts on “Mengenal Ruby on Rails: Apa Itu Ruby on Rails? | Mixzone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *