Astrinovia.com

Supermeat Ini Begitu Menggiurkan, Mau Coba? #JuliNgeblog| Lifestyle

Gambaran menggiurkan dari daging Supermeat / Photo: techinasia
Gambaran menggiurkan dari daging Supermeat / Photo: techinasia

Melihat gambar di atas, siapapun pasti bakal bilang ngiler. Menggiurkan sekali, kan? Duh, belum jam makan siang udah lapar aja ini. Perkenalkan Supermeat, daging ayam super hasil produksi laboratorium yang bisa dimakan tanpa harus membunuh si binatangnya sendiri. Hah, gimana?

Jadi, ada satu startup yang ingin mengakhiri ketergantungan manusia pada konsumsi ayam yang tidak aman dan tidak higienis. Gambaran singkatnya adalah, Supermeat ini semacam daging ayam yang diproduksi di dalam mesin. Tim yang membangun proyek ini bermarkas di Israel, dimana mereka mengembangkan sebuah teknologi yang bisa menciptakan daging dari sel yang terdapat di tubuh ayam. Jadi Supermeat ini benar-benar berdiri sendiri, tanpa harus membunuh ayamnya dulu.

Koby Barak, CEO Supermeat mengatakan, tim juga sedang berusaha mengembangkan suatu alat sebagai sarana untuk mempromosikan produknya ke khalayak luas. Jika sudah bisa dikonsumsi oleh masyarakat, harga daging ini per kilonya hanya 5$ saja. Hmm, kira-kira 60 ribuan dalam mata uang rupiah.

Bagaimana cara memproduksi daging ini?

Cara memproduksi daging ini adalah dengan mengambil sampel biopsi dari ayam. Setelah itu sel dipisahkan dalam kontainer berbeda dan dalam beberapa waktu akan berkembang biak sendiri. Para penelitinya kemudian membentuk jaringan kecil dari sel itu lalu menumbuhkannya secara organik ke dalam jaringan berukuran penuh. Proses ini diharapkan bisa menghasilkan daging yang sangat berbeda dengan yang dikonsumsi masyarakat saat ini baik dari segi rasa maupun tekstur.

Begini cara memproduksi si Supermeat / Photo: techinasia
Begini cara memproduksi si Supermeat / Photo: techinasia

Tapi startup ini masih belum bisa memproduksi daging mesin ini karena masalah kesulitan dana. Tim masih mengembangkan dan belum sampai pada titik prototype pertamanya. Mungkin masih dibutuhkan waktu bertahun-tahun hingga mesin ini bisa ada di setiap rumah. Bayangkan, di masa depan, setiap keluarga bisa menciptakan daging ayam sendiri tanpa harus pergi ke pasar! Dan jangan khawatir dengan nutrisi daging mesin ini karena setiap daging yang tercipta sudah mengandung protein, vitamin, kalsium dan besi.

Dikatakan rasa dan teksturnya tidak jauh berbeda dengan daging ayam alami, tapi konsumen bisa mengubahnya sesuai keinginan. Jadi, di mesin daging nanti kamu bisa menemukan alternatif rasa, jumlah kandungan lemak, bahkan bisa mendapatkan rasa daging ayam dan kelinci sekaligus. Untuk menumbuhkan satu kilogram daging diperkirakan membutuhkan waktu selama tujuh hingga 18 hari. Tidak ada ayam yang menjadi korban lagi karena sampel sel hanya akan diambil satu kali saja dari setiap ayam yang ada. Katanya, agar bebas kekejaman alias cruelty-free. Karena dunia akan memerlukan daging yang bersih dan aman, untuk kesehatan masyarakat luas, kelestarian jutaan binatang, juga demi keberlanjutan Bumi ini. Gimana, minat untuk mencoba?

Artikel ini disadur dari techinasia.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *