Nyicil Cepat Tanpa Ribet Dengan Home Credit #JuliNgeblog| Lifestyle

Cetaphil Gentle Skin Cleanser: Cara Aman Kembalikan Wajah Bersih Tanpa Sabun | Lifestyle
June 30, 2016
Make Over Make up Kit, My Make Over Experience #JuliNgeblog| Lifestyle
July 5, 2016

Nyicil Cepat Tanpa Ribet Dengan Home Credit #JuliNgeblog| Lifestyle

IMG_20160701_133823

Saya adalah seorang pekerja freelance. Pekerjaan utama saya menulis. Pekerjaan apapun yang berkaitan dengan menulis pasti akan saya jalani, termasuk menjadi penulis buku, penulis konten web, blogger, buzzer, atau copywriter. Bagi seorang penulis, laptop merupakan senjata utama untuk mengais rejeki.

Sebagai orangtua tunggal, saya juga harus cerdas mengelola dan mengatur keuangan keluarga kecil saya. Tapi, ya tidak semua rencana bisa berjalan lancar. Banyak sekali godaan dan tantangan yang harus saya taklukkan untuk menyelamatkan keuangan keluarga. Misalnya apa? Kita cari tahu, yuk.

Ketika laptop saya harus rusak parah karena terguyur bocoran air hujan dari langit-langit kamar, maka saya bingung bagaimana cara mendapatkan laptop baru dengan cepat. Padahal saat itu saya tidak punya simpanan sama sekali. Terpikir untuk menyicil laptop dengan kartu kredit yang saya punya, tapi jumlah sisa saldonya tidak akan mencukupi. Lagipula, pagu kredit yang saya punya juga jenis yang terendah.

Akhirnya saya bicara dengan seorang sahabat yang kemudian menyarankan saya untuk mencoba menyicil laptop melalui perusahaan pembiayaan. Dia bilang banyak tersedia berbagai nama perusahaan pembiayaan di banyak toko juga mall. Saya sedikit tertarik dengan idenya. Maklum, waktunya mepet, ada deadline yang harus segera saya penuhi. Tanpa laptop bagaimana saya bisa bekerja?

Keesokan harinya, saya mengunjungi salah satu mall elektronik terbesar di Bandung untuk melihat-lihat harga dan mencari program cicilan untuk pembelian barang elektronik. Di satu sudut saya melihat satu toko yang memamerkan banyak laptop dengan kisaran harga mulai yang termurah hingga paling mahal di etalase depannya. Di kaca etalase tertempel stiker bertuliskan Home Credit.

Saya berpikir untuk mencari tahu dan masuk ke dalam toko. Disana saya disambut oleh seorang staf pria yang ramah dan menawarkan program cicilan untuk laptop. Saya tertarik namun sedikit pesimis, karena sulit sekali untuk bisa menyicil barang bagi seorang pekerja lepas seperti saya. Utamanya karena saya tidak memiliki slip gaji seperti pekerja kantoran.

Staf pria ini tersenyum dan mengatakan agar saya tidak khawatir, karena dengan Home Credit saya bisa memiliki laptop yang saya butuhkan meskipun tidak punya slip gaji. Saya kemudian bertanya lebih jauh tentang syarat-syarat pengajuan kreditnya. Katanya, pengajuan kredit hanya memerlukan waktu paling lama satu jam saja. Dan, seperti yang tertera di situs resminya, bahwa syarat pengajuan adalah sebagai berikut:

  1. WNI, Usia minimal 21 tahun
  2. Memiliki pekerjaan atau berwiraswasta
  3. Menyerahkan satu jenis salinan dokumen pendukung, seperti:

SIM, paspor, kartu Keluarga, NPWP, BPJS, Jamsostek, kartu Debit dengan nama sendiri, kartu Kredit, buku tabungan atas nama pribadi, tagihan listrik, tagihan air, tagihan telepon rumah, tagihan handphone pascabayar.

PT. Home Credit Indonesia

Saya memilih untuk menyerahkan salinan kartu NPWP sebagai pelengkap dokumen. Petugas kemudian mengisi formulir pengajuan kredit dengan data diri, alamat tinggal, informasi pekerjaan dan jumlah penghasilan beserta satu nama keluarga terdekat yang bisa dijadikan jaminan. Saya menyebut nama tante saya sebagai penjamin. Syarat ini sebagai konfirmasi bahwa data yang diberikan oleh konsumen adalah benar adanya.

Setelah itu dilakukan sesi pengambilan sidik jari menggunakan alat pemindai sidik jari yang sudah disiapkan. Semua jari tangan dipindai dan sesudah beres, saya menyebutkan jenis pekerjaan dan penghasilan yang didapatkan setiap bulan. Setelah itu tiba sesi pengambilan foto yang dilakukan langsung menggunakan kamera laptop staf Home Credit. Dan, semua dokumen sudah lengkap. Staf mengirimkan semua data ke kantor Home Credit Indonesia dan menyebutkan bahwa konsumen akan segera diubungi jika permohonan disetujui.  Kami diharapkan menunggu hingga maksimal satu jam sejak data dikirimkan.

Saya menunggu sambil ngobrol santai dengan teman saya. Ternyata, hanya selang 10 menit saja saya sudah mendapat panggilan telepon dari pihak Home Credit Indonesia. Yang mereka tanyakan adalah apakah betul permohonan kredit yang diajukan adalah atas nama kita sendiri. Setelah itu petugas melakukan verifikasi data pemohon dan meminta saya untuk kembali menunggu kabar dari staf yang mengurusi saya dari tadi. Tidak sampai setengah jam, staf Home Credit mengatakan bahwa pengajuan saya disetujui dan saya bisa membawa satu laptop pilihan saya pulang hari itu juga. Serius, gak ribet sama sekali. Lancar dan mulus.

Penyelesaian administrasi

Setelah pengajuan saya disetujui, saya menyelesaikan urusan administrasi dan dokumen yang harus ditandatangani. Dokumen-dokumen itu terdiri dari dokumen pembayaran (4 lembar, dualembar untuk konsumen dan dua lembar lagi untuk Home Credit Indonesia), dokumen syarat dan ketentuan, dan informasi rincian cicilan yang dilengkapi dengan nomor rekening penyetoran.

Saya memilih tenor (masa cicilan) paling cepat, yaitu 9 bulan dengan suku bunga kredit tetap sebesar 1,98%. Kemudian saya membayar uang muka sebesar 30% dari harga produk plus biaya administrasi Rp 99.000,- yang langsung dibayarkan ke toko. Saya membayar uang muka agak besar agar cicilannya terasa lebih ringan. Bila uang muka dibayar di batas minimum maka cicilan juga akan terasa lebih besar.

Pembayaran cicilan juga mudah karena bisa melalui transfer ke akun virtual bank yang menjadi mitra Home Credit seperti BCA, BNI, BRI, Mandiri, juga Indomaret. Tanggal jatuh tempo pembayaran sama dengan tanggal dimana kita mengajukan permohonan kredit. Misalnya pengajuan tanggal 9 maka jatuh tempo pembayaran cicilan bulan depan juga tanggal 9. Konsumen disarankan untuk membayar tiga hari sebelum tanggal jatuh tempo.

Jujur, baru kali ini saya merasa cukup puas dengan layanan yang diberikan oleh Home Credit Indonesia. Cepat, ramah, dan tidak ribet.

Tadinya tulisan ini mau diikutkan lomba blog, tapi berhubug telat, ya sudahlah ya. Masuk postingan #OneDayOnePost aja deh untuk #JuliNgeblog bareng Ratri Chibi . See you tomorrow!

 

Dimana menghubungi Home Credit Indonesia :

Kantor Pusat:

Plaza Oleos 8th Floor

Jl. TB Simatupang No. 53A

Jakarta Selatan 12520

 

E-mail: care@homecredit.co.id

Telepon: (+62) 21 295 39655

Fax         : (+62) 21 227 80155

 

Web        : www.homecredit.co.id

Twitter   : https://twitter.com/HomeCreditID_

FB           : https://www.facebook.com/homecreditid/

IG           : https://www.instagram.com/homecreditid/

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *