Ini Dia Penyebab Tagihan Listrik Kamu Selangit | Lifestyle

5 Langkah Mendapat Centang Biru Akun Twitter | Lifestyle
July 29, 2016
Cara Menggunakan Instagram Stories, Sudah Coba? | Lifestyle
August 3, 2016

Ini Dia Penyebab Tagihan Listrik Kamu Selangit | Lifestyle

save-electricity-bills

Kamu yakin sudah menghemat energi di rumah?

Yakiiiin?

Semua perangkat elektronik sudah dimatikan? Jangan dulu yakin banget deh. Tahu kan kalau perangkat-perangkat itu masih bisa menghamburkan energi? Saat kamu menekan tombol off di televisi, mesin cuci, DVD player tapi kabelnya masih nyambung ke steker itu artinya perangkat sedang dalam kondisi stand-by.

Selama masa stand-by ini, perangkat elektronik belum benar-benar mati. Televisi masih menyimpan saluran terakhir yang kamu setel, dan nunggu kamu balik lagi untuk menekan tombol on. Kondisi seperti ini menyerap banyak energi namun tidak terpakai. Artinya kamu membuang-buang energi lho. Jika dikalkulasikan penghamburan energi ini ada di angka yang cukup tinggi. Hmm …

Menurut para ahli energi dan sumber daya di Amerika, sekitar 10 persen atau lebih jumlah energi terbuang berasal dari tagihan listrik di rumah.

Jadi, jadiiii …. kalau ditotalkan nih, saya harus membayar sekitar 4,5 juta per tahun untuk tagihan listrik. Listrik doang. Duh …

10268330-attachment

Televisi, DVD, perangkat internet, ternyata bukan satu-satunya kambing hitam tagihan listrik yang meroket. Penyebab lainnya adalah charger. Kamu punya berapa charger di rumah? Hampir sepanjang hari nempel di steker, gak? Charger hape, power bank, wireless modem, laptop, dan masih banyak lagi. Charger handphone itu mengkonsumsi sekitar 26 watt energi per hari ketika disambungkan tapi tidak dipakai. Charger laptop juga membuang energi cukup banyak, sekitar 4,42 watt energi kesedot saat tidak digunakan dan 29,48 watt energi terserap saat digunakan untuk mengisi ulang laptop hingga penuh.

 

 

Tes pemakaian energi terbuang di rumah

Ini caranya melihat bagaimana rumah kamu terkena dampak penghamburan energi. Coba matikan AC atau penghangat air, lalu matikan semua elektronik di rumah tapi biarkan kabelnya terus nempel di steker. Habis itu, lihat di kotak meteran listrik dari PLN, apa angkanya naik? Jika iya, itu artinya semua perangkat elektronik itu masih menyedot energi.

Artinya …

adf275e0cebf35da8cada15e5f4fdad2

Cara terbaik untuk menghentikan pemborosan energi adalah dengan mencabut semua kabel dari steker saat perangkatnya tidak digunakan. Kadang memang butuh usaha lebih, terutama berkaitan dengan malas haha … biasanya jika steker ada di belakang lemari yang susah dijangkau, kita jadi malas menyambungkan atau mencabut kabel. Iya, kan?

Nah, untuk memudahkan, kamu bisa memakai terminal listrik yang memiliki tombol on off dengan panjang kabel sekitar 5 meter. Jadi saat tidak dipakai, tekan tombol off maka aliran listrik tidak akan bergerak dan perangkat tidak dalam kondisi stand-by.

Kalau mau yang lebih canggih, kamu bisa mencari alat semacam Belkin WeMo Insight Switch (steker cerdas pakai wifi –keren abis) yang bisa mematikan perangkat secara terjadwal dan aliran listrik bisa dimatikan dari jarak jauh. Harganya juga menyenangkan, sekitar 40$ kamu bisa dapetin langsung di websitenya atau melalui Amazon. Tapi alat ini gorjes punya. Bisa terkoneksi langsung dengan telepon pintar kamu baik Android maupun iOS.

Kalau tidak tersedia alat seperti ini di daerah kamu, coba lakukan cara yang pertama tadi. Yang utama adalah, jangan lupa mencabut kabel dari steker. Itu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *