Pemakaman Sesuai Syariat Islam Al Azhar Memorial Garden

Cara Aman Turunkan Kolesterol Tinggi Dalam Darah | Lifestyle
June 3, 2016
Mencicipi Makanan Enak di Baxter Smith Kitchen n Tavern Senopati
June 10, 2016

Pemakaman Sesuai Syariat Islam Al Azhar Memorial Garden

IMG_20160531_101236

Perbanyaklah mengingat kematian. Seorang hamba yang banyak mengingat mati maka Allah akan menghidupkan hatinya dan diringankan baginya akan sakitnya kematian. (HR. Ad-Dailami)

Apa yang terpikirkan ketika mendengar kata pemakaman atau kuburan? Yang diingat adalah tempat dimana hawa dingin selalu terasa menyeruak dan membuat buku kuduk berdiri tegak. Umumnya pekuburan memang tampak gelap, dihiasi oleh pohon bunga Kamboja di sudut tertentu dan aroma mistis yang menyebar, lengkap sudah kengerian tersebut.

Tapi tidak semua pemakaman menyeramkan. Kini, mulai banyak didirikan pemakaman yang berpemandangan indah dan bahkan menarik minat wisatawan untuk dating dan menikmati keindahan di tempat yang tidak biasa. Banyak pengembang yang sukses menyulap areal kuburan menjadi hamparan taman yang indah dan menyenangkan untuk dilihat.

Al Azhar Memorial garden, berdiri luas di kawasan Teluk Jambe,  tepatnya di Karawang KM 52, menawarkan sebuah konsep pemakaman yang islami. Maksudnya islami itu bagaimana? Sebuah konsep kuburan yang sesuai dengan syariat Islam tentunya.  Ini adalah pemakaman khusus muslim yang pertama di Indonesia dimana konsepnya diadopsi dari jenis pemakaman modern.

Awalnya Yayasan Al Azhar sebagai pendiri dari Al Azhar Memorial Garden ini merasa sangat prihatin dengan lahan pemakaman umum yang makin menipis di banyak tempat. Mengingat kondisi itu, yayasan kemudian mencoba memberikan pilihan lain pada masyarakat, yaitu dengan membangun areal pemakaman luas dengan konsep taman yang unik dan indah, namun pemakaman ini hanya diperuntukkan bagi muslim.

Gerbang AL Azhar Memorial Garden / Noniq.co

Gerbang AL Azhar Memorial Garden / Noniq.co

Saya, bersama beberapa teman blogger asal Bandung dan Jakarta menyusuri tempat ini untuk melihat seperti apa keindahan dan kenyamanan yang ditawarkan oleh Al Azhar Memorial Garden. Lahan yang luas dengan pepohonan di sisi kanan kiri rupanya belum cukup untuk menjinakkan sinar matahari yang sangat terik menyoroti kami di siang hari itu.

Namun, keindahan konsep dan desain taman Al Azhar Memorial garden mampu mengenyahkan terik yang menyerang. Seperti yang disebutkan oleh pengelola taman, pemakaman ini menyediakan beberapa jenis makam, seperti single, double dan family.

Kalau jenis single pasti semua sudah tahu dong ya. Satu lahan makam untuk satu jenazah saja. Bagaimana dengan jenis double? Apakah ditumpuk atau bagaimana? Oh, ternyata bersebelahan. Lalu, jenis family, adalah lahan makam yang dibeli langsung untuk satu keluarga, berupa empat lahan makam yang saling bersebelahan dengan areal untuk pengunjung yang lebih luas.

Laham pemakaman yang rapi dan tertata baik / ANC

Lahan pemakaman yang rapi dan tertata baik / ANC

Melihat namanya yang terkesan mewah, Al Azhar Memorial Garden senyatanya bukanlah pemakaman mewah. Karena, sesungguhnya makam yang ada disini sama seperti makam islam pada umumnya, yaitu  berupa tanah dengan gundukan setinggi 10 cm dan batu nisan yang berfungsi sebagai penanda. Tidak ada kesan mewah disini, yang tampak adalah kesan penataan yang baik dan teratur juga bersih dan nyaman. Hal inilah yang kadang mendapat persepsi berbeda. Begitu masuk ke areal ini kamu bakal disuguhi pemandangan hamparan rumput hijau yang luas bak lapangan golf.

Oh ya, saat melihat kisaran harga pasti ada satu pemikiran bahwa harganya sangat mahal. Namun, bila dihitung lagi dengan teliti, maka harga ini tidak jauh berbeda dengan biaya yang harus dikeluarkan setiap tahun di pemakaman umum. Al Azhar Memorial Garden juga memberikan kemudahan bagi yang ingin memesan lahan disini, yaitu dengan menyediakan fasilitas cicilan antara 2 hingga 5 tahun dengan harga terjangkau dan dilindungi oleh asuransi. Wah, coba bayangkan, dimana lagi bisa mendapatkan fasilitas menyenangkan seperti ini? Hanya di Al Azhar Memorial garden pastinya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *