Mencicipi Makanan Enak di Baxter Smith Kitchen n Tavern Senopati

Pemakaman Sesuai Syariat Islam Al Azhar Memorial Garden
June 9, 2016
Pulau Tunda, Pesona Tersembunyi di Utara Banten | Traveling
June 12, 2016

Mencicipi Makanan Enak di Baxter Smith Kitchen n Tavern Senopati

Interior Baxter Smith Kitchen n Tavern / Credit to Rere Atemalem

Interior Baxter Smith Kitchen n Tavern / Credit to Rere Atemalem

 

Eating is so intimate. It’s very sensual. When you invite someone to sit at your table and you want to cook for them, you’re inviting a person into your life.  -Maya Angelou

Teriknya siang yang menyengat di akhir pekan itu membawa saya dan kedua teman berangkat menuju Jakarta Selatan. Kami meninggalkan Bandung dengan antusiasme tinggi. Kami tahu, di bilangan Senopati nanti kami akan menjumpai Baxter Smith Kitchen and Tavern, sebuah tempat makan dengan konsep unik dan homey. Kami bertiga diharapkan bisa hadir tepat waktu pada 17.00 sore tapi ada daya, ternyata travel yang kami pesan harus terlambat satu jam karena terkena macet di jalan tol. Sedianya kami berangkat jam satu siang, namun diundur satu jam. Baiklah, semoga kami tidak terjebak kemacetan juga.

 
Kini, restoran, café, rumah makan, bar, pub, dan banyak lagi yang lain semakin menjamur dimana-mana. Kalau kamu jalan-jalan ke kawasan Senopati di Jakarta Selatan, itu artinya kamu bakal menemukan surganya tempat kuliner. Di kiri kanan jalan kamu bisa melihat sendiri ragam jenis tempat makan juga nongkrong. Semuanya menawarkan konsep yang unik dan berbeda. Baxter Smith Kitchen n Tavern adalah tempat makan yang belum lama ini hadir di Jakarta. Menurut teman saya, katanya Baxter Smith ini lagi ngehits di ranah kuliner Jakarta. So, undangan ini adalah kesempatan emas untuk bisa ikut mencicipi menu-menu yang ada disana.

 
Restoran ini berada di lantai dua gedung yang terletak di Jl. Suryo No. 28 Kebayoran Baru. Dengans entuhan classic bergaya steam punk, interior restoran ini terasa cozy dan mewah. Disediaan sofa yang nyaman untuk tamu yang ingin mendapatkan waktu lebih intim bersama teman atau sahabat di restoran ini. Ada juga bar yang diperuntukkan bagi tamu yang hanya ingin menikmati minuman saja.

 
Makanan
Ada beberapa jenis menu yang saya coba disini. Yang pertama adalah Julius Salad atau Caesar Salad. Seperti halnya makanan pembuka, Julius Caesar bagi saya cukup menyegarkan dan menggugah selera makan. Disajikan dengan boiled egg setengah matang (kesukaan saya) dan topping ayam dibalut dressing yang pas rasanya membuat lidah tergelitik untuk terus mencicipi dan menghabiskan salad ini.

Julius Salad yang menyegarkan / Arsip ANC

Julius Salad yang menyegarkan / Arsip ANC

Yang kedua adalah Iga Garang Asam. Dari tampilannya yang menarik dengan hiasan cabe rawit dan kuah yang segar, saya tak menunda lama untuk mencicipinya. Hm .. dagingnya terasa cukup lembut untuk dikunyah. Ya, daging sapi yang digunakan adalah daging sapi impor dari Australia, jadi jangan diragukan kelembutannya ya. Kuahnya beraroma cukup tajam dengan rasa yang menyegarkan. Terasa pas sekali perpaduan antara rasa asam dan manisnya. Sebagai food enthusiast, saya tidak hanya mencicipi lauknya saja. Saya pasti memperhatikan nasinya. Ternyata, nasinya pulen, dengan takaran kematangan yang pas dan aroma nasi yang menggiurkan membuat perut saya tak bisa menunggu lama. Nasinya ok banget. Buat saya, menu Iga Garang Asam ini juaranya disini!

Iga garang asam Baxter Smith yang juara banget / Arsip ANC

Iga garang asam Baxter Smith yang juara banget / Arsip ANC

Menu selanjutnya adalah Salmon Florentine. Ketika membaca menu ikan Salmon, hati saya bersorak, “Yeay, ini enak pasti.” Saya sudah membayangkan rasa ikan Salmon yang diolah dengan pas oleh sang koki. Voila, menu Salmon ini disajikan dengan Sabayon sauce, sejenis saus yang memiliki citarasa manis di lidah. Tidak terasa aroma amis ikan disini, karena ikan Salmon ini sudah dimasak dengan sangat pas. Kulit ikan yang renyah dipadu dengan garnish Nori dengan rasa khas membuat saya kembali mengingat ketika pertama kali memakan sajian ikan Salmon di Jepang. Akan lebih lezat lagi jika daging Salmonnya sedikit juicy dan tidak terasa kering di tenggorokan. Enak, ntaps!

Yang suka ikan Salmon, cobain ini nih, ngiler pasti hehe / Arsip ANC

Yang suka ikan Salmon, cobain ini nih, ngiler pasti hehe / Arsip ANC

Menu terakhir adalah Fresh Herb Roasted Chicken. Potongan dada dan paha ayam yang disajikan dengan siraman saus jamur dan kuah daging. Saus jamurnya luar biasa, sampai-sampai saya juga menghabiskan seluruh bahan pelengkap saus ini seperti bawang merah dan kismis (betul gak ya?). sajian kentang tumbuk (Mashed Potato) yang tidak terlalu lembut membuat saya tidak seperti sedang melahap bubur bayi. Pas deh. Memesan satu porsi menu ini untuk makan siang atau malam sudah pasti kenyang dan nikmat.

Fresh Herb Roasted Chicken / doc Ifanishere.com

Fresh Herb Roasted Chicken / doc Ifanishere.com

Selain mencoba makanan saya juga mencoba sedikit minuman yang ditawarkan oleh restoran ini. Karena saya tidak minum alkohol, jadi minuman jenis cocktail harus saya lewatkan. Tapi bila ingin tahu seperti apa rasa cocktail yang ada di restoran ini, berikut kesan yang didapatkan sahabat saya, Ifan, tentang cocktail disini:
Baxter Bubblegum Mint, minuman dengan rasa segar ini terdiri dari Raspeberry rum, fresh lime, mint leaves, soda water, dan juga gum ball.

index4
Baxter Back to Tennessy, campuran Honey Bourbon, Irish Cream, Advocaat Liqueur, red bean ice cream, dan white chocolate. Katanya sih minuman ini enak hehe …

Baxter Back to Tennessy / doc ifanishere.com

Baxter Back to Tennessy / doc ifanishere.com

Baxter Fruity Martini. Ifan bilang cocktail ringan ini refreshing sekali, disajikan dengan rambutan dan minuman yang diinfused dengan buah Rambutan selama 6 jam.

martini

Baxter Fruity Martini / Arsip ANC

Ada satu jenis mocktail yang saya coba di Baxter Smith, namanya Mint Switzel, terdiri dari perpaduan sari buah Kiwi, Rambutan dan daun Mint yang rasanya supeeer segar. Buat yang tidak minum alkohol saya merekomendasikan mocktail ini. Enak enak enak …

Mint Switzel / Arsip ANC

Mint Switzel / Arsip ANC

Oh ya, disini ternyata ada live music juga, dan kalau yang ingin hangout, sedikit party dan joget-joget ceria, bisa ke lantai 3 karena disana ada bar dan lounge yang diramaikan oleh penampilan DJ pada jadwal tertentu. Gimana? Kuy, lah!

BAXTER SMITH KITCHEN N TAVERN
Jl. Suryo No. 28 Kebayoran Baru, Senopati, Jakarta Selatan.
Reservation:
021 2751 3911
reservation@baxtersmith.com

6 Comments

  1. bena says:

    yahhhh,
    nyesel kemarin ngga dateng cuma buat terbang ke kota lain. hiks

  2. Disaat saat puasa seperti ini, hanya orang2 yang beriman tebal saja yang mampu melihat poto potonya hahaha,
    slurp

  3. Interiornya cantik yaa mbak. Saya sudah salah fokus duluan nih sama kuning telurnya di atas. Pasti enak tuh 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *