Cara Tepat Menikmati Kopi Arabica di Caribou Coffee Bandung

BAB 1 Europe, Here I Come
April 15, 2016
Mengapa Harus Menggunakan Mixer Roti?
April 25, 2016

Cara Tepat Menikmati Kopi Arabica di Caribou Coffee Bandung

IMG_20160401_122004
Apa yang paling kamu suka dari kopi? Apakah rasanya, aromanya, suasana hati setelah meminumnya, sosialisasi, atau hal berbeda lainnya? Kebanyakan orang pasti suka dengan aromanya, terutama kopi segar yang baru disangrai lalu diolah di pagi hari. Katanya, biji kopi yang baru saja disangrai memunculkan beberapa karakter unik.

Setiap orang pasti memiliki pengalaman tersendiri tentang cara mereka menikmati kopi. Saya sendiri bukan seorang kopi mania. Dahulu, saat masih kecil, kopi pertama yang saya cicipi rasanya tidak enak. Terlalu panas, terlalu pahit, atau terlalu manis. Belum ada rasa yang pas di lidah saya. Tapi yang pasti kopi membuat mata saya terjaga semalaman.

Para ahli berpendapat bahwa kopi menstimulasi produksi neurotransmitter Dopamine. Dopamine ini sejenis zat yang memunculkan euphoria dan perasaan gembira yang seringkali diasosiasikan oleh orang terhadap sesapan kopi pertama di pagi hari. Jadi Dopamine ini menimbulkan aksi pada otak. Hal inilah yang menjadi penjelasan kenapa cafein banyak dikonsumsi di dunia.

Dengan luasnya konsumsi kopi di seluruh dunia, hadirlah banyak gerai kopi di berbagai tempat. Salah satunya adalah Caribou Coffee. Setelah di bilangan Senopati, Jakarta, Caribou Coffee hadir di Mal Paris Van Java, Bandung. Buat pecinta kuliner seperti saya, kehadiran gerai kuliner, coffee shop, atau rumah makan baru selalu menggoda. Nah, Caribou Coffee ini awalnya berdiri di Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat pada 1992. Caribou Coffee ini menjadi salah satu tempat ngopi paling digemari disana. Pendirian coffe shop ini bermula dari filosofi bahwa hidup ini singkat, maka isilah hidup dengan banyak hal yang kita cintai. Tagline kerennya adalah ‘Life is short, stay awake for it.’

I

5 karakter kopi

Menurut Mbak Vanda Puspa Lestari, seorang Coffee Expert, ada lima jenis karakter kopi yang perlu diketahui para pecinta kopi agar bisa menikmati kopi dengan lebih bermakna, yaitu:

  1. Cara ini adalah bagaimana kita mencium aroma kopi sebelum diolah. Maksudnya sebelum diseduh dengan air panas atau dingin loh, ya.
  2. Pernah dengar ekspresi kata ini? slurp menggambarkan bagaimana seseorang menikmati suatu makanan atau minuman. Untuk kopi, cara paling nikmat adalah dengan diseruput. Slurp!
  3. Nikmati setiap sesapan perlahan, rasanya karakternya, aromanya, pengalamannya. Nikmati.
  4. Setelah tiga tahaan di atas, baru kita bisa menyimpulkan apakah kopi yang dinikmati itu berkualitas atau tidak.
  5. Jangan lupa untuk berbagi pengalaman dan rasa pada semua orang. Katakan pada dunia bahwa kopi itu nikmat. (lebay gak sih?)

Rainforest Alliance Certificate

Chief Operating Officer Mahadya Group Mehdi Z. Zaidi menuturkan bahwa Caribou Coffee sangat gembira dengan antusiasme masyarakat dan penyuka kopi yang memberikan komentar positif atas peluncuran gerai baru di Bandung. “Kami berharap, semua konsumen yang datang kesini bisa menikmati makanan dan suasana yang kami tawarkan sehingga mereka tak sabar untuk bisa kembali lagi ke Caribou Coffee. “

Beliau juga menyebutkan bahwa kopi yang dijual di Caribou Coffee berasal dari biji Arabica terbaik dari seluruh dunia. Semua bahan kopi didapat dari petani dan pemasok yang memiliki sertifikat 100% Rainforest Alliance Certificate dimana sertifikat ini merupakan kepastian bahwa biji kopi yang dijual berasal dari pertanian yang ramah lingkungan. Caribou Coffee adalah jaringan coffee house pertama di Amerika Serikat yang menerapkan kebijakan ini. “Adalah komitmen kami untuk menyuguhkan yang terbaik bagi pelanggan, mulai dari biji kopi berkualitas tinggi hingga pengalaman menyesap kopi,” tambah Mehdi.

Jenis minuman yang ditawarkan Caribou Coffee sangat menggoda selera, apalagi jika disajikan dingin. Hmm … kesukaan saya itu mah. Ada minuman klasik berbasis Espresso, seperti Mocha, Cappucino, dan Latte. Menu minuman unggulan disini adalah Campfire Mocha, Turtle Mocha, Vanilla White Mocha, dan Caramel Highly Rise yang terbuat dari campuran Cross Fox Espresso Blend khas Caribou Coffee dengan menggunakan cokelat asli. Saya paling suka Turtle Mocha dengan campuran Dark Chocolate yang banyak dan sedikit gula saja. Rasanya …. Mantap! Katanya, penggunaan cokelat inilah yang menjadikan Caribou Coffee berbeda dengan gerai kopi lainnya.

Selain minuman, Caribou Coffee juga menawarkan banyak pilihan makanan khas seperti Bagels, Sandwiches, dan Cakes. Eh, Bagel dan Scone dibuat dan dipanggang langsung di setiap gerai, lho. Tujuannya agar pelanggan bisa menikmati sajian berkualitas dan fresh from the oven. Bagelnya juara, deh! Saya juga berkesempatan mencicipi sajian sandwich. Ada Steak Sandwich, Chicken Sandwich, dan Tuna Sandwich. Saya paling suka Steak Sandwich, yang ternyata tekstur rotinya empuk. Padahal pada pandangan pertama saya mengira rotinya keras, mirip roti Perancis gitu. Selain rotinya, isiannya juga enak banget, ah pokoknya haru smerasakan sendiri. Bisa-bisa ketagihan lho. Haha

IMG_20160401_111106

 

IMG_20160401_114958

 

IMG_20160401_121900

 

IMG_20160401_121949

 

IMG_20160401_120443

 

IMG_20160401_120757

 

IMG_20160401_121721

 

IMG_20160401_122858

 

IMG_20160401_122937

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *