Astrinovia.com

XL Future Leaders 4: Menjadi pemimpin di negeri sendiri

image

Siang itu saya mendapat undangan untuk hadir di acara menarik bersama salah satu provider terkemuka di Indonesia, yaitu XL Axiata Tbk. Sebenarnya, secara pribadi saya sudah pernah berkesempatan menjalani beberapa proyek bersama perusahaan besar ini, bukan di bidang teknisnya namun lebih ke wilayah kepenulisan. Memang menjadi seorang penulis itu fleksibel, bisa masuk ke bidang pekerjaan apapun karena pada dasarnya tulisan yang baik dan bagus itu penting, terutama sebagai sarana pengingat atau dokumentasi dan arsip.

Jadi, pada tanggal 19 Mei 2015, saya bersama teman-teman blogger Bandung mendapat kehormatan untuk menyimak paparan program menarik yang ditawarkan oleh XL untuk para pemuda penerus bangsa. Tempat acara ini sendiri diadakan di sebuah café yang sangat cozy dan nyaman karena interiornya cukup berbeda dibandingkan café lain yang pernah saya datangi. Noah’s Barn Coffeenery ini terletak di jalan Dayang Sumbi No.2 Bandung. Letaknya mudah dijangkau karena berada di tengah kota. Dekat dengan kampus ITB juga dilewati oleh jalur kendaraan umum.

Nah, saya ingin menjelaskan lebih panjang mengenai program dari XL ini, yaitu program Future Leaders 4. Apa sih Future Leaders itu? Dilihat dari namanya sih saya sudah bisa menebak bahwa program ini semacam program yang menawarkan pendidikan atau pelatihan di bidang khusus untuk mahasiswa yang memiliki motivasi tinggi untuk maju juga kemampuan akademik yang cukup tinggi. Program ini sendiri sampai sekarang sudah berjalan selama 3 tahun dan peminatnya cukup banyak. Yang ditawarkan disini bukan hanya keterampilan dan keahlian secara akademik melainkan lebih menekankan pada soft skill peserta. Soft skill itu sendiri apa ya? Di antaranya adalah kemampuan mahasiswa untuk melakukan komunikasi secara efektif, memiliki banyak ide untuk inovasi juga motivasi tinggi sebagai wirausaha mandiri. Kenapa soft skill yang ditekankan dalam program ini? Karena menurut XL, hanya pintar dan memiliki IP tinggi saja tidak cukup untuk bisa maju di dunia nyata. Dan XL sebagai perusahaan yang peduli dan memiliki rasa tanggung jawab sosial pada masyarakat Indonesia, menciptakan program menarik ini.

image

Apakah hanya mereka yang memiliki IP tinggi saja yang bisa ikut program ini? Tidak juga. Bagi mahasiswa yang berkemampuan tinggi secara akademik namun tidak disokong oleh kemampuan financial maka XL juga memiliki program beasiswa yang bisa mereka ikuti dengan gratis. Bagaimana dengan masyarakat umum? Bisa juga bergabung, karena XL memiliki program E-learning untuk masyarakat luas. Siapapun yang ingin menjadi calon pemimpin hebat bisa bergabung.

Program ini tidak memerlukan pertemuan secara intensif karena semua modul akan diajarkan dalam format e-learning. Patut diingat juga bahwa program ini bukan seperti program pencarian anak berbakat melainkan program yang menawarkan pendidikan bagi mahasiswa untuk siap menjadi leader atau pemimpin di negerinya sendiri, Indonesia. Siapapun, mahasiswa manapun, memiliki kesempatan sama untuk bergabung dalam program XL Future Leaders ini karena XL memiliki visi untuk mencetak sekitar 7500 orang Future Leaders untuk Indonesia. Nah, bagi mereka yang berminat, untuk tahun ini pendaftarannya masih dibuka hingga 30 Mei 2015 nanti dan jika ingin penjelasan yang lebih mendalam bisa menengok situs resmi XL yaitu  www.xl.co.id  dan temukan program Future Leaders di dalamnya.

Cukup menarik ya? Terutama setelah mendengar penjelasan dari seorang peserta Future Leaders yaitu Bisma. Ia mengatakan bahwa dengan mengikuti program ini dirinya makin mantap untuk menciptakan usaha sendiri dan menyerap lapangan kerja lebih banyak. Meski dirinya mahasiswa jurusan astronomi di Intitut Teknologi bandung namun ia belajar mendalami soft skillnya di program. Seru kan jika bisa mengembangkan usaha sendiri? Nah, yang tertarik, ayok segera daftar jangan ditunda. Siap menjadi pemimpin? Tentu saja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *