Astrinovia.com

Not a BARCA day ….

First of all … saya sempat memprediksi bakal ada 4 gol tapi tidak pernah menyangka semua gol itu bakal diborong oleh tim Jerman. Wow.
Selama hampir dua jam menyaksikan permainan yang disuguhkan oleh perhelatan semi final Champions League leg 1 antara FC Barcelona vs Bayern Muenchen dini hari tadi, jantung ini rasanya tak henti berdetak kencang. Greget, kesal, gemes, entah kata apa lagi yang bisa menggambarkan dan mewakili perasaan cules di seluruh dunia. Barcelona, tim terbaik di dunia saat ini harus takluk dan bersimpuh di hadapan kebesaran para raksasa Bayern.
Apa yang terjadi? Rasanya subuh tadi kita tidak sedang menonton permainan Barca yang biasanya. Permainan yang tadi itu layaknya permainan pemula yang sedang diajari sepakbola oleh Bayern Muenchen. Lalu kemana Barca? Entah …
Realita yang ada adalah angka 4 yang seakan menampar muka demikian kerasnya hingga sulit untuk menahan airmata. Apa yang terjadi dengan Barcelona? Mungkin, siapapun yang menyaksikan pertandingan semalam bertanya hal sama, kemana permainan Barca yang berkualitas itu? Apa yang menyebabkan buruknya permainan semalam? Apakah Allianz Arena begitu memberikan gema yang menakutkan sehingga tim menjadi gugup dan tak bisa konsentrasi untuk bermain disiplin?
Tulisan ini bukan analisa permainan tapi lebih kepada pandangan fans yang kecewa dengan permainan buruk Barca. Tak pernah terbayangkan bakal menyasikan permainan buruk seperti ini. This is the worst match I have ever seen since I declared myself as a Cule. Do you feel what I feel?
Saya bilang permainan Barca buruk bukan berarti jadi benci atau pindah haluan ke tim lain. Bukan … Justru saya pikir, fans yang baik itu mau menerima kritik dan kekalahan dengan hati yang lapang. Fans yang baik justru harus memberikan kritik pada tim yang disayanginya. Untuk apa? Ya, untuk kebaikan tim sendiri, agar bermain lebih baik dan menemukan strategi yang lebih mumpuni di lain waktu.
Seperti yang kita tahu, tekanan dan prestise kompetisi UCL dan La Liga itu berbeda. Champions League memiliki prestise yang tinggi, karena menampilkan kemampuan terbaik tim-tim dari negara-negara Eropa yang sangat berkualitas. Kebanggaannya beda jika tim bisa meraih juara dan mengangkat trofi Champions League. La liga, juga memiliki prestise tinggi tetapi tim yang bermain disini berasal dari berbagai wilayah dalam satu negara. So, sudah terbayangkan perbedaannya, kan?
Messi is spirit, Messi gives moral support to the team but he’s not that well last night. Gary Lineker bilang, sehebat apapun seorang pemain, tidak akan bisa bermain baik, di level seperti ini jika tubuhnya tidak fit dan bugar. Memang, tadi seakan Messi tak ada di lapangan bahkan Iniesta dan Xavi pun ‘menghilang’. Semuanya menjadi tak terlihat. Di sisi lain, Alves bermain cukup baik tetapi support untuk semua kerja kerasnya kurang maksimal. Lini belakang, bagian yang bermain paling parah. Pique tidak bermain dengan baik dan Bartra masih kurang pengalaman menghadapi Muller, Gomez, Ribery dan Robben sendirian. Jordi Alba dengan postur yang kecil tidak bisa menandingi kegagahan postur pemain Bayern yang bak raksasa untuknya. Dan Alba … dia sangat frustasi. Calm down, squirrel !
But anyway …
It is Barca, I am a cule and I am proud of my team.
Bayangkan …. dibutuhkan kerja keras dan waktu yang tidak singkat untuk bisa membungkam Barca seperti itu. Hanya tim dengan level sepadan yang bisa melakukannya dan Bayern Muenchen mewakili semua tim yang tidak bisa menggulingkan Barca dengan mudah. Saya kasih 4 jempol untuk Bayern Muenchen karena telah menyuguhkan permainan sepakbola yang luar biasa. HEBAT!
Untuk cules dan Barcelonistas jangan patah arang, jangan pula berkecil hati. Kekalahan ini adalah momen yang baik untuk Barca mengevaluasi apa yang kurang dalam tim. Terima saja dan berbesar hati bahwa permainan yang disuguhkan oleh Barcelona semalam tidak layak dan tidak qualified untuk masuk final Champions League. Tidak permainan seperti itu. Barca yang semalam bukanlah Barca yang sebenarnya. Siapapun bisa menganalisa apa yang terjadi sesuai dengan seleranya masing-masing. Yang pasti, buat saya pribadi, permainan Barca semalam BUKAN Barca sebenarnya.
Anyway, whatever happen, winning or losing it’s just a game. Tiki-taka tidak mati, hanya harus menemukan jalan untuk hidup dan merangkul permainannya kembali. Dan hari ini bukanlah hari yang baik untuk Barca.

It’s just not our day ….
Tot Units fem forca. Visca Barca sempre !!

1 thought on “Not a BARCA day ….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *