Astrinovia.com

Kiblat Cules, Tour Di Stadium Camp Nou

Tahukah kamu, tiap tahun ada sekitar seribu penggemar bola dari seluruh dunia mendatangi stadium kebanggaan FC Barcelona, Camp Nou di wilayah utara Spanyol, Catalunya. Semua orang yang suka bola pasti tahu kalau stadium ini masih yang terbesar di Eropa yang bisa menampung hamper seratus ribu penonton di dalamnya. Lapangan hijau nan apik di dalamnya seakan menjadi kiblat bagi seluruh penggemar sepakbola Barcelona dari seluuh belahan dunia.

Saat itu saya datang ke stadium ini di bulan Februari, 2 minggu setelah kedatangan di El Prat, Barcelona untuk pertama kalinya. Negara tujuan saya ketika itu, Spanyol, adalah Negara tujuan pertama dengan alasan HARUS mengunjungi Camp Nou yang berada di urutan pertama daftar objek yang harus dikunjungi di Barcelona. Selain alasan tersebut, tour yang diadakan ole setiap penyelenggara travel ke stadium ini memang termasuk popular karena tidak pernah sepi dari peminat. Ketika mendatangi stadium ini tidak ada pertandingan yang akan digelar tetapi keumuman orang yang mengantri di depan loket masuk tetap menunjukkan antusiasme penggemar sepakbola dunia terhadap stadium kebanggaan Blaugrana ini. Benar apa yang dikatakan orang bahwa Camp Nou bukan sekadar stadium, sama halnya seperti slogan klub, ‘more than just a club’.

Sekilas pandang Tour Stadium Nou Camp

Sebelum keputusan berangkat fix dan visa sudah dicap resmi, saya sudah memutuskan Spanyol sebagai negara tujuan kali ini. Selain ingin mempelajari bahasanya yang terkesan seksi, kekayaan alam dan pemandangannya serta keberadaan bangunan-bangunan historical yang ada disana sangat menarik hati. Bukan hanya itu, Al Hambra, yang berada di wilayah selatan Spanyol, Granada, adalah satu objek yang juga wajib dikunjungi bila saya sudah menginjakkan kaki di negara eksotik itu.

Ada satu hal yang membuat saya tersadar dan tak pernah mengira bahwa mengunjungi Camp Nou adalah ‘sesuatu’. Kamu bisa merasakan atmosfer dan sensasi berbeda jika memandang seluruh stadium dari dalam atau dari area box pers atau tamu VIP. Rasanya seperti tahu dan berada di belakang layar tim yang akan bertanding. Menginjakkan kaki ke dalam stadium memberi kamu pengalaman bagaimana cara pandang pemain dan para pelatih serta staff ketika berada di situasi crowded menghadapi pertandingan. Terlebih lagi sebulan kemudian, saya berkesempatan menonton langsung pertandingan Barcelona di stadium ini untuk pertama kalinya. Tiket yang didapat ketika itu adalah pemberian seorang teman. Dia kebingungan ketika akhir pekan kedapatan tidak punya teman untuk bersenang-senang. Semua sahabatnya sudah punya janji sendiri sedangkan dia punya dua tiket untuk nonton pertandingan. Ketika menghubungi saya di pagi hari dan mengajak ke Camp Nou, saya tak panjang piker, langsung katakana, “si, molt be. Jo vaig amb vostè, sens dubte!”

Tour masuk ke Camp Nou adalah self-guided tour artinya tidak ada pemandu wisata yang menyertai atau memberikan penjelasan langsung saat berkunjung. Semua acara jalan-jalan ini dilakukan sendiri. Kemana dulu yang kita suka, lakukan. Ada tanda garis berwarna kuning yang akan memandu toring kita di dalam stadium. Tanda ini untuk memastikan pengunjung pergi ke arah yang benar. Jangan khawatir tersesat karena di setiap area kita bisa menjumpai petugas keamanan –yang ganteng-ganteng berwajah latin seksi gitu deh– jika pengunjung kebingungan mengenai suatu hal. Bertanya sama mereka tentu saja tidak rugi, selain ganteng dan berbadan keren, mereka juga bakal menjawab pertanyaan tentang arah dengan ramah –meskipun Inggrisnya masih bagusan saya-. Informasi mengenai tour di dalam stadium ini tersedia di papan petunjuk sepanjang rute yang disediakan. Papan petunjuknya memang tidak besar namun menyediakan informasi dasar mengenai FC Barcelona dan hanya Cules sejati yang menganggap informasi di dalam papan petunjuk ini penting –contohnya saya (smile)-. Jika informasi yang ada dirasa kurang, disana juga ada panduan secara audio untuk lebih melengkai jalan-jalan kamu di dalam stadium. Untuk mendapatkan panduan audio ini kamu bisa minta ke petugas di meja informasi yang ada di awal tour.

Berikut ini objek-objek yang bisa didapatkan dalam tour Camp Nou

1. Pengalaman secara virtual dengan menonton tayangan FC Barcelona Stadium Tour dalam bentuk 3D selama 10 menit.

Anak-anak pasti suka menonton tayangan ini karena efek 3D yang dikeluarkannya. Sayangnya, tidak ada subtitle yang disediakan untuk semua orang dengan kewarganegaraan berbeda. Tayangan ini bertujuan untuk memberikan rasa dan sensasi pada pengunjung bagaimana rasanya ketika berada di lapangan saat pertandingan berlangsung. Foto-foto para jugadors juga ditayangkan disini.

2. Ruang Ganti Pemain / The Communal Bath

Disini pengunjung bisa melihat ruang ganti pemain yang pada dasarnya biasa saja. Di dalam bayangan saya ruang ganti tim utama itu sangat menawan dan bisa disebut fasilitas istimewa hotel berbintang lima. Ternyata tidak, dan keadaan yang biasa ini juga katanya bertujuan untuk tidak terlalu memanjakan para pemain.

3. Kapel kecil untuk pemain dan staff

Kapel ini diresmikan pada tahun 1958 dan diberkati oleh Paus John Paul II pada tahun 1982. Ruang berdoa bagi pemain sebelum mereka mulai bertanding.

4. Terowongan ke lapangan

Memasuki terowongan ini membuat bulu kuduk merinding. Senang, terpesona dan merasa amazing bisa berada di terowongan yang sama dengan para pemain kesayangan adalah luar biasa. Kita bisa merasakan apa yang dirasakan oleh pemain ketika akan memasuki lapangan sebelum bertanding dalam sebuah laga besar yang diramaikan oleh raungan hamper 100 ribupenggemar di ujung terowongan. Tentu saja, dalam tour ini lapangan tersebut kosong tapi setidaknya kita bisa membayangkan seperti itu.

5. Bench

Kalau kamu cules dan penggemar berat Barcelona, pastinya bagian ini yang menjadi hal paling mendebarkan dalam tour di stadium Camp Nou. Disini kita bis amerasa sangat dekat dengan tempat dimana pemain dan pelatih berjibaku dengan formasi dan taktik serta pergantian pemain selama pertandingan berlangsung. Bench ini memang mengesankan, kita bisa memandang seluruh stadium yang panjangnya 105 meter lebar 68 meter dan tinggi tribun penonton sampai 48 meter. Wow! Bayangkan ketika seluruh stadium terisi penuh oleh seratus ribu penggemar Barcelona kemudian menyanyikan himne Barcelona dan yel-yel dengan penuh semangat. Apakah tidak membuat kamu merinding? Kalau tidak kamu bukan fans Barca namun pengunjung biasa saja.

6. Press room

Ada 120 kursi yang disediakan untuk seluruh jurnalis yang bertugas meliput pertandingan dan mengajukan pertanyaan di ruangan press room ini. Konfrensi pers berlangsung biasanya sebelum dan sesudah pertandingan. Dua pemain biasanya ada disini setelah pertandingan  untuk menyampaikan sesuatu pada pers baik mengenai hal di kehidupan pribadi maupun dalam pertandingan.

7. Mixed zone

Area dimana pers dan jurnalis meminta komentar dari pemain pasca pertandingan. Pemandangan di ruangan ini sering dilihat ketika pemain diwawancara setelah pertandingan dan ditayangkan di televise. Disini kita bisa lihat latar berwarna biru dengan logo sponsor. Tentu saja rasanya beda melihat sendiri ruangan ini dengan melihat di televise

8. Foundation room

Ruangan ini khusus diperuntukkan bagi sponsor agar merasa nyaman sebelum dan sesudah pertandingan.

9. Miro Lithograph

Lukisan yang dibuat khusus oleh Miro untuk menghormati FC Barcelona. Lukisan bertulisan Barca dengan logo dan warna-warna khas Barcelona.

10. Plakat 5 bintang

Plakat lima bintang ini dihadiahkan oleh UEFA pada tahun 1999 untuk semua fasilitas yang ada di stadium ini. Award lima bintang ini seperti label lima bintang untuk sebuah hotel mewah namun berada di dunia olahraga.

11. Plakat presiden FC Barcelona

Di plakat ini kita bisa melihat nama-nama orang yang pernah menduduki posisi teratas di klub yaitu presiden FC Barcelona sejak awal sampai yang terkini.

  1. Tribun presiden

Kesempatan yang langka untuk mengetahui pemandangan stadium dilihat dari tribun khusus untuk presiden dan anggota kehormatan. Mencoba membayangkan menonton pertandingan sebagai presiden atau tamu kehormatan, Ratu Elizabeth dari Inggris Raya.

12. Box untuk jurnalis

Ada sekitar 29 kursi di kabin ini. Tingginya 35 meter dari lapangan. Disinilah dimana semua komentator dan host yang meliput pertandingan berada. Kamu bis amembayangkan bagaimana komentator mengekspresikan kegembiraan atau kekecewaannya ketika tim mencetak gol atau kebobolan oleh tim lawan. Seru pokoknya!

13. Museum FC Barcelona

Di museum ini kita bis amelihat banyak hal mengenai Barca. Mulai dari sejarahnya, para pemain terkenal dan berprestasi sampai miniature stadium dan koleksi piala serta trofi yang telah diraih.

Pastinya sekarang, para fans berat Barca sedang membayangkan rasanya berada di Camp Nou dan berkeliling stadium beserta fasilitasnya. Sensasi yang didapatkan tentu saja tak ada bandingnya dengan uang tiket pesawat yang harus dikeluarkan untuk mendaratkan kaki disini. Luar biasa, impressive !!

There’s so many ways to go to your destination if you aware. Once you focus on it, you’ll get your dream come true. Never stop dreaming, make it happen, guys!

2 thoughts on “Kiblat Cules, Tour Di Stadium Camp Nou

  1. Membaca pengalaman anda ke Cam Nou saja, saya sudah merinding, apalagi kalo sampai menginjakkan kaki disana, bisa pingsan krn terlalu bahagia hahhaah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *