Backpacking to Bromo (on plan)

Lesson 8 / Romantic phrase in Catalan
June 1, 2012
Tips Belajar Catalan Dengan Cepat
June 8, 2012

Backpacking to Bromo (on plan)

 

Tiba-tiba saja pagi ini saya mendapat inspirasi untuk melakukan perjalanan ke gunung Bromo dan mengajak anak saya, Haaken. Entah kenapa nama Bromo mendadak muncul dibenak saya. Selama ini saya memang termasuk suka traveling ke tempat-tempat dengan bangunan historis yang unik tetapi melakukan perjalanan secara murah meriah ala backpacker ke gunung adalah satu hal yang baru.

 
Bertepatan dengan hari libur anak, saya menyempatkan diri untuk menyusun rencana keberangkatan kesana di bulan Juli nanti. Pertimbangannya karena bulan Juli termasuk musim kemarau sehingga jika ingin menikmati sunrise di gunung Bromo, tidak aka nada awan yang menganggu pemandangan. Iklim Bromo yang dingin menjadi satu alasan perjalanan saya nanti. Saya suka udara dingin daripada panas. Kenapa? Rasanya lebih nyaman bagi tubuh saya, lebih enak makan dan tidak perlu mengeluarkan banyak keringat. Satu lagi, bisa menghemat air dengan tidak perlu mandi.

 
Sebenarnya ada beberapa rencana saya yang gagal belakangan ini termasuk rencana backpacking ke Lombok bersama teman-teman. Semua teman yang sejatinya sudah konfirmasi positif untuk beraai-ramai naik kereta ekonomi ke Surabaya, pada detik terakhir malah membatalkan rencana perjalanannya. Tersisa dua orang yaitu saya dan seorang sahabat lelaki. Bisa saja pergi berdua tapi saying tidak ada ijin yang keluar dari mulut suami karena perjalanan hanya berdua dengan sahabat karib saya.

 
Seperti yang dikatakan oleh Trinity, Indonesia punya segalanya. Jangan bilang mencintai negerimu sendiri bila belum pernah mengetahui lebih jauh semua keindahan alam yang ditawarkan negeri nan kaya dan luas ini. Nah, saya tergerak untuk pergi ke Bromo karena alasan ini juga. Rencana ke Eropa atau Asia akan ditunda dulu. Kali ini saya ingin mengajak anak untuk ikut merasakan serunya backpacking di negeri sendiri sebelum dia merasakan lebih ribetnya perjalanan ke luar negeri nanti. Insya allah amin.

 
Bagi yang ingin ikut ke Bromo, silakan dibaca itinerary di bawah ini. 8 orang cukup melakukan perjalanan backpacking bareng ke Bromo. Selain menghemat biaya juga menambah keseruan perjalanan nanti. Hayuk !

 

Itinerary menuju Bromo, Juli 2012

 

Meeting Point di Stasiun Senen Jakarta
Jakarta – Malang
Kereta Matarmaja, Rp 51.000/org, perjalanan memakan waktu 19 jam, kereta berangkat pukul 15.00 WIB dari stasiun Senen tiba di Malang pukul 09.00 WIB.
Malang – Probolinggo
Sekitar jam 10.00 WIB berangkat dari Malang ke Probolinggo menggunakan bus dari terminal Arjosari, tiket Rp 14.000/org non AC dengan lama waktu sekitar 1,5 jam.
Dari Malang bisa menyewa colt yang muat 8 orang dengan rute Malang – Pananjakan – Bromo – Malang dengan harga  Rp 450.000 satu mobil. Bisa menginap di Malang terlebih dulu.
Probolinggo – Cemoro
Tiba di Probolinggo sekitar jam 12.00 WIB, kemudian menunggu Elf atau Colt yang berangkat 1,5 jam sekali dengan harga Rp 25.000/org. diusahakan tiba di Probolinggo sebelum jam 4 sore karena lewat jam 4 harga tariff Elf akan naik berlipat kali.
Dari Probolinggo bisa menggunakan ojeg ke Cemoro dengan tariff Rp 50.000/org
Cemoro – Pananjakan
Tiba disini sekitar sore hari lalu beristirahat dan menginap di hotel atau penginapan. Sambil berisitirahat bisa berkeliling dan mencari info jeep yang akan membawa kita ke Pananjakan diwaktu dinihari berikutnya. Harga rata-rata penginapan disini adalah Rp 100.000 satu rumah dengan tiga kasur.

 

Ada beberapa pilihan tarif dan rute :
–    Memakai jeep kapasitas 6 org dengan rute Cemoro  Lawang – Pananjakan – Bromo – Cemoro Lawang dengan tariff Rp 250.000/ mobil.
–    Rute Cemoro Lawang – Bromo – Cemoro Lawang tariff Rp 165.000/mobil.
–    Naik kuda dari parkiran jeep ke Bromo Rp 30.000/org one way.
–    Naik ojeg ke Pananjakan tariff Rp 75.000/org PP

 

Dari Pananjakan menuju Bromo
Ada beberapa alternative yang bisa dipilih jika sudah tiba di Pananjakan, seperti berikut ini :
–    Naik kuda Rp 60.000/org one way
–    Jalan kaki ke Bromo memakan waktu sekitar 1 jam. Jalan kaki ke Pananjakan juga bisa memakan waktu sekitar 2,5 jam dengan rute menembus hutan, patokannya menara tinggi di puncak Pananjakan.
–    Bisa juga menuju Bromo dengan memakai angkutan umum melewati rute Ngadas.

 

Untuk kembali ke meeting point di stasiun Senen, kembali melalui rute sama

Perkiraan biaya transportasi dan konsumsi selama perjalanan adalah :
Dari Bromo – Pananjakan – Cemoro Rp 50.000 PP (by car)
Tiket Probolinggo – Cemoro – Probolinggo Rp 100.000 PP (by ojek)
Tiket Probolinggo – Cemoro – Probolinggo Rp 50.000 PP (by Colt/Jeep)
Tiket Malang – Probolinggo – Malang Rp 80.000 PP (by colt/jeep)
Tiket Malang – Probolinggo – Malang Rp 28.000 PP (by bus)
Tiket kereta Senen – Malang – Senen Rp 102.000 PP

Total biaya sekitar Rp 300.000/org plus makan irit (PP)
Murah kan? Yuks?! hehehe

 

Best time to travel
Waktu terbaik untuk ke Bromo adalah bulan Juli-Agustus karena masuk musim kemarau. Di musim hujan awan akan menganggu keindahan pemandangan terutama sunrice.
Usahakan untuk ke Bromo bukan pada hari libur karena semua tarif akan naik di waktu libur.

 

Aktifitas pilihan di kawasan Bromo
–    Sunrise di Pananjakan atau Bromo
–    Tracking dari Cemoro Lawang ke lereng Bromo dengan waktu sekitar 1 jam dengan jarak sekitar
3 km
–    Menyaksikan upacara Kesodo yang diadakan setahun sekali pada bulan Desember. Well, kita tidak akan lihat upacara ini di bulan Juli.
–    Ke museum Bromo di Cemoro Lawang
–    Keliling naik kuda dengan rute Cemoro Lawang – Lereng Bromo dengan jarak 3km tariff Rp 60.000 satu kali jalan.
–    Nongkrong sore sambil makan bakso di hotel Cemoro Indah atau Lava View

 

Tips ke Bromo
–    Jangan lupa sarung tangan, jaket tebal, kaos kaki dan penutup kepala. Sediakan dari rumah jika tidak mau membeli dan berhemat.
–    Dari Cemoro Lawang bisa menggunakan jasa calo jeep bila belum berpengalaman ke Bromo. Harga yang dipatok lebih mahal yaitu Rp 50.000/org untuk satu jeep yang muat sampai 8 orang. Keuntungannya calo akan membangunkan kita di waktu pagi sehingga tidak perlu ribet lagi mencari jeep di pagi buta.
–    Hapalkan tariff mulai dari Probolinggo agar tidak terkena mark up para calo.
–    Lepaskan baterai dari kamera atau hape karena udara dingin akan cepat menyedot baterai.

6 Comments

  1. ahmad says:

    Terima kasih atas informasinya,karena saya berniat backpacker juga krn lebih terasa pengalamannya buat seru2an.

  2. bromo tour says:

    Mantap sekali infonya…
    Harga Super Murah 🙂

  3. Info Bromo Tanjung Pondok Pertanian
    Sejak maret tahun 2010 ini, pondok pertanian tanjung kami buka untuk umum, dengan meng’informasi’kan melalui “face book” dengan nama: bromo tanjung pondok pertanian info di face book sbb:

    Pondok pertanian tanjung ini, terletak di dukuh: Tanjunng rt.03. rw.03. desa: Baledono. kec: Tosari. kab: Pasuruan Ja-Tim. (Km. 99. dari Surabaya) km 99 itu tertera di pal penunjuk km di jalan raya depan pondok pertanian , kurang lebih 7 km sebelum kec: Tosari. Akses menuju pondok pertanian tanjung: dari 'Pasuruan' ambil arah malang smp di 'Warungdowo' (-+ 7km), belok kiri smp 'Ranggeh' belok kanan menuju 'Pasrepan' terus saja smp 'Puspo' terus saja melewati hutan2 mahoni dan pinus smp dukuh 'Jonggo" terus sedikit melewati hutan pinus smp ketemu rumah pertama lansung belok kiri turun kebawah, ” Podok Pertanian Tanjung” terletak di sebelah kiri jalan dr pasuruan di Km.99 .

    @.kamar los + 2 km mandi luar kapst: 8 s/d 16 orang, cukup membayar Rp.150.000,- saja/malam
    @.kamar utama + km mandi dalam + perapian, kapst: 2 s/d 4 orang. Rp.150.000,- / malam.

    *.fasilitas:.dapur,. kulkas,. ruang makan,. teras (4 x 12 m),. halaman api unggun,. tempat parkir unt . . 6 mobil,. kebun sayur.
    *.bisa masak sendiri dng menganti LPJ dsb..Rp.30.000,-
    *.bisa dimasakan menu sederhana Rp.20.000,- 1x.makan. (.bisa nego dgn ibu Sulis.)

    # untuk informasi hub: 085608326673 ( Elie – Sulis ) 081553258296 (Dudick). 0343-571144 (pondok pertanian).
    Sejak beberapa bulan kami informasikan di dunia maya, ada beberapa tamu yang datang salah seorang tamu sms ke kami demikian: Terima kasih pak, pondok pertanian tanjung di buka untuk umum, menyenangkan sekali bermalam disana, dengan ditemani anak2 kecil dukuh tanjung suasana jadi rame, pelayanan mbak Sulis yang ramah dan kekeluargaan jadi pengen balik lagi ke tanjung

  4. bener mas, aku udah beli tiket yang daily pass 2 hari, hehe.. tapi belom dapet homestay yang deket2 java banana hotel, maklum pengen ngirit, ada info mungkin?

  5. Angel says:

    wah live music mas? asik tuh, ayuk ketemu di bromo aja trus nonton jazz bareng2 hehehe

  6. mas, mau ikut dong, tapi ga bisa bareng2 trus, soalnya 6-7 juli sore sampe malem aku ke hotel java banana hotel, ada acara jazzgunung..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *