Jalan-jalan Di Kota Barcelona

Dare To Say Goodbye Find A New Hello
May 14, 2012
lliçó 6 / Adjektif
May 18, 2012
estadi olimpico

Olympic Stadium Barcelona
Stadium Olimpiade yang benama Estadi Olimpic Lluis Companys di Barcelona ini punya sejarah yang cukup unik. Bangunan ini sedianya sudah selesai dan siap digunakan sejak tahun 1929 tetapi kemudian sejarah membuat kejutan, stadium ini akhirnya digunakan pada tahun 1992. Arsitek pertama yang mendesain gadung ini adalah Pere Domenèch i Roura. Bangunan ini termasuk dalam daftar Bangunan Paling Kontroversial Barcelona, diarsiteki kembali oleh Correa, Mila, Margarit, Buixade dan Gregoretti, arsitek-arsitek andal yang berasal dari negara berbeda. Kerjasama mereka merancang kembali gedung Olimpico ini membuahkan satu hasil yang membanggakan bagi rakyat Barcelona.

olympic stadium Barcelona

Stadion ini bisa menampung sebanyak 65 ribu orang di dalamnya. Stadion ini digunakan selama bertahun-tahun oleh klub sepakbola kota Barcelona yang kedua yaitu RCD Espanyol sejak tahun 1997 sampai 2007, namun mulai musim 2008-2009 Espanyol pindah ke stadion baru yang berada di sebelah barat kota Barcelona yang bernama Cornella El-Prat yang bisa menampung penonton sebanyak 40 ribu orang. Stadium olimpiade ini berada di daerah perbukitan Montjuic yang indah dan sejuk. Stadion ini masih sering digunakan untuk kegiatan olahraga dan budaya.

Bangunan yang berada di sekitar Stadium Olimpiade

 
Palau Sant Jordi

Palau Sant Jordi

Stadium dengan desain futuristic ini banyak digunakan untuk keperluan konser, olahraga atletik indoor atau pertandingan renang. Kapasitas penontonnya sebanyak 24.000 orang. Gedung ini didesain oleh arsitek keturunan Jepang bernama Arata Isozaki. Penulis beberapa kali mengunjungi Palau Sant Jordi untuk menonton konser diantaranya Tour Barcelona Bon Jovi yang meninggalkan kesan mendalam dalam benak dengan tiket konser seharga 54,55 Euro.

Castella de Montjuic

Montjuic Castle

Istana Montjuic berada di atas bukit dimana kita bisa melayangkan seluruh pandangan ke semua sudut kota Barcelona. Indah sekali. Dari atas bukit kita bisa turun menggunakan kereta gantung sambil menikmati pemandangan kota Barcelona yang teratur dan rapi. Istana Montjuic ini besar dengan bentuk bangunan khas Eropa. di depan istana terkenal air mancur Montjuic yang akan mengeluarkan airnya setiap waktu tertentu. banyak turis yang datang untuk menikmati atraksi air mancur Montjuic ini. keren banget loh 😀

Olympic Museum de Barcelona

Olympic Museum

Museu Olimpic I de l’Esport

Nama resmi museum ini adalah Museu Olimpic I de l’Esport (catalan), El Museo Olimpico y del deporte (Spanish) atau Mlympic and Sport Museum (English). Museum sport dan olimpic ini merupakan satu jenis museum yang langka di Eropa, sebuah museum yang didedikasikan untuk kebesaran manusia di bidang olahraga. Museum ini memiliki aspek sejarah, etika dan pendidikan dalam mengejar sebuah prestasi di bidang olahraga. Museum ini terletak di bukit Montjuic. Untuk sampai ke museum ini kita bisa berjalan kaki ke atas dari Placa de Espanya (sebelah atas Museu Nacional d’Art de Catalunya). Museum ini berada di lingkaran Olimpic dimana hamper semua kegiatan olimpiade Barcelona tahun 1992 digelar. Museum ini buka mulai hari selasa sampai jumat pukul 10 pagi – 4 sore. Sabtu dan minggu dibuka dari pukul 10 pagi sampai 02.30 siang. Hari Senin tutup. Harga tiket adalah 5 euro/ org.
Saya melakukan perjalanan dari kota Girona ke Barcelona melalui jalan tol selama 1 jam. Selama di Barcelona, semua kegiatan rekreasi dan jalan-jalan dilakukan dengan berjalan kaki. Untuk menikmati semua keindahan kota beserta isinya lebih baik jika berjalan kaki dibandingkan menggunakan kendaraan karena terkadang kamu akan kehilangan satu moment tertentu yang sulit untuk dicari lagi. Seperti berjalan di sepanjang Ramblas dari ujung awal sampai mencapai monument Columbus di ujung akhir sangat mengesankan terutama saat melalui para pengamen dan artis yang menggunakan pakaian unik, bermain music, mengajak berdansa di jalanan,  dan melakukan aksi pantomime yang memukau. Masih banyak yang bisa saya ceritakan tentang kota Barcelona. Dilanjutkan nanti ya, guys.

Yuk, yang belum ke Barcelona kita menabung keras dari sekarang dan yang sudah kesana saya yakin pasti ingin kembali menjejakkan kaki di kota Barcelona nan penuh memori. Iya, kan? 😀

Photos : newest from Yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *