It’s an honor to be the Real Cule

Barca Fights Back, The Ultimate 90 Minutes
April 24, 2012
Pa amb Tomaquet, Roti Khas Catalunya Yang Lezat
April 26, 2012

It’s an honor to be the Real Cule

Challenges are what make life interesting; overcoming them is what makes life meaningful

 

Hari ini, bagi siapapun pecinta FC Barcelona, pasti merasakan hal sama. Merasakan beratnya melalui hari yang penuh celaan, hinaan dan caci maki tak beralasan karena tim kesayangan, Barca, harus mengakui ketangguhan permainan defensive yang mampu mencuri momen tepat di dalam kelengahan yang diciptakan oleh Barca sendiri.

 

How’s the game last night?

Hmmmm … Untuk tim sehebat Barcelona wajar bila pendukungnya mengajukan sebuah kritik yang bisa membuat Barca lebih baik lagi. Uraian ini berdasarkan opini pribadi atas hasil pertandingan semalam. Lionel Messi, mungkin punya beban berat untuk mencetak skor sehingga dia tidak mampu bermain bebas seperti biasanya. Segala gerak geriknya tampak canggung dan ragu. Bukan salah Messi bila dia gagal melakukan penalty. Sejujurnya saya bersyukur penalty itu gagal karena saya bisa membayangkan apa yang akan dikatakan oleh mulut-mulut nyinyir bila Barca menang dengan tendangan penalty. Sudah pernah tahu rasanya, bukan? Sergio Busquets, melakukan tendangan tepat di depan gawang. Siapapun bisa melakukan tendangan seperti itu tapi dalam situasi sulit di depan gawang, Busquets bisa berada di tempat yang pas di saat tepat. Amazing, how he can score like that. Overall, in the first 45 minutes my credit went to Sergio Busquets for being a good player with his role. Carles Puyol harus kehilangan tandem kompaknya, Gerard Pique, di menit-menit awal akibat benturan keras dengan Victor Valdes yang mengakibatkan dirinya harus kehilangan kesadaran selama beberapa saat di tengah lapangan. Cukup mengerikan! Namun Victor Valdes, bagi saya pribadi nilainya dalam pertandingan semalam jatuh drastis. Dia tidak bermain maksimal, mungkin itu sebabnya hingga sekarang Valdes tetap menjadi kiper cadangan di tim nasional Spanyol. Anyway, he’s our goalkeeper and I appreciate all his effort no matter what. Perjuangan yang benar-benar telah ditunjukkan oleh Blaugrana selama 90 menit patut saya acungi jempol.

It’s a Hard Day

Pagi  mulai menjelang, seperti biasa bersiap diri untuk semua kegiatan yang akan dilakukan hari ini. membuka browser di layar komputerku mulai dari FB, YM, Twitter, Gmail sampai blog yang kupersembahkan khusus bagi semua cules dan Barcelonistas di Indonesia. Terdengar lebay? Bagi saya tidak. Menyuarakan suara hati dalam bentuk tulisan yang layak dibaca dan bisa dipahami maknanya lebih baik dibandingkan sekedar berkoar tak jelas dan tanpa makna.

Tadi malam adalah malam yang sangat menyesakkan bagi saya. Untuk ketiga kalinya secara berturut-turut tim kesayanganku FC Barcelona harus takluk dari kedigjayaan lawan yaitu Chelsea FC dan Real Madrid. Disini saya tidak akan menyorot tentang strategi ataupun taktik di lapangan karena saya tidak cukup kompeten untuk itu. Mengawali hari ini badan terasa lesu luar biasa. Bukan karena sebuah kekalahan yang menyakitkan tetapi juga karena tubuh ini lelah. Banyak sekali aktifitas yang mesti diselesaikan dalam kurun waktu satu minggu ini. hari ini saya memutuskan untuk istirahat di rumah, membaca berita dan menulis. Namun, merenungi kembali perjalanan kecintaanku pada Barcelona mengobarkan kembali semangat untuk menjalani hari ini penuh senyum.

Seperti biasa setiap bangun tidur saya mengecek handphone dan Blackberry, apakah ada pesan atau tidak. Apa yang terjadi? Bayangkan, BB saya yang biasanya hanya menerima pesan paling banyak 10 orang, pagi ini terdapat 22 pesan yang menunggu untuk dibaca! Handphone sayapun keadaannya sama. Banyak sms yang masuk dari mereka yang jarang sekali melakukan kontak dengan saya, tiba-tiba bersedia meluangkan waktu untuk menghabiskan sedikit pulsa demi menyampaikan sindiran dan tertawa puas atas kekalahan tim kesayangan. Bagi saya hal seperti ini sungguh luar biasa, ISTIMEWA. Sedih? Surely do. Nothing is sadder than a horrible lost in our homeground.

Why would they bother themselves to do that to me? Mereka tahu saya cinta klub ini, Barca. Mereka tahu betapa saya selalu meluangkan banyak waktu dari sekian persen kesibukan sehari-hari demi sebuah perkembangan baru dari tim asal Catalunya ini. Mereka tahu betapa saya terkoneksi erat dengan Barcelona. So, ketika mereka tahu tim kesayangan saya KALAH  dari tim Inggris, tanpa ba bi bu mereka langsung kontak saya demi sebuah kepuasan sesaat. Kenapa bisa begitu? Barca, sebuah tim yang berbeda dari lainnya, menerapkan permainan dan percaya dengan gaya bermain mereka sendiri. Mempunyai system pendidikan La Masia yang telah menghasilkan banyak bibit berpotensi di dunia sepakbola. Barcelona, sebuah tim yang sarat dengan filosofi dan idealisme, menjunjung tinggi spotifitas dan rasa kekeluargaan di dalam tim ataupun manajemen, tidak dimiliki oleh tim lain. Barca, memiliki stadium dengan kapasitas terbesar di Eropa dimana tim besar dunia yang mampu mengangkat trofi Liga Champions dua kali secara berturut-turut pun –tanpa bermaksud membanggakan diri atau tinggi hati- tidak memiliki stadium sendiri dan masih harus berbagi dengan tim lain.

Barca, sejak akhir tahun 2008 telah mengejutkan dunia sepakbola dengan prestasinya yang menjulang tinggi d bawah asuhan Pep Guardiola. Dunia seakan terhenyak, tim asal Catalunya ini bisa meraih 6 trofi di berbagai ajang yang digelar dalam satu musim. Barcelona is FANTASTIC, no doubt about it. Envy? Itu pasti. Saya yakin mereka yang mengakui Barca tim hebatlah yang berteriak paling lantang dan tertawa puas atas kekalahan telak ini. Namun bukan hanya kiriman pesan dan sms yang mendadak membanjiri handphone ini, kiriman gambar hinaan beserta olokan kasar yang sebenarnya tidak perlu turut menggunung di layar handphone saya.

Sejujurnya, tak pernah ada kalimat mengejek, menghina, mengolok dengan gambar atau kata kasar terhadap fans lain keluar dari mulut ini. Kenapa? Karena saya pernah merasakan hal itu dan bisa membayangkan bagaimana sakitnya perasaan mereka yang harus melalui hal itu. Menerima kekalahan dengan lapang dada, tidak menyalahkan siapapun, memberi acungan jempol bagi pemenang dan mengucapkan selamat demi sportifitas, hal itu yang saya kedepankan. Memang tidak bisa berharap banyak semua orang bisa mengikuti cara saya ini tetapi besar harapan pada semua cules dan Barcelonistas untuk tidak berbuat sama seperti fans lain. Tunjukkan bahwa kita cules yang berkarakter, dewasa dan siap berdebat secara sehat juga objektif. Don’t do ugly thing if you don’t like people to return it to you.

Well, life is not only about football, guys. Mengalami kekalahan berarti membisikkan diri kita untuk tetap membumi bahwa tak ada tim yang selalu berada di atas. Barca dan fansnya belajar untuk berada di bawah. Setidaknya, semua orang tahu, langka bagi siapapun untuk bisa menyamai rekor pencapaian seorang pelatih muda seperti Pep Guardiola dengan 13 trofi selama mengawal Blaugrana sejak 2008 lalu. Jempol setinggi-tingginya untuk semua kerja keras dan motivasi yang telah diberikan pelatih pada anak asuh dan ditunjukkan pada fans di seluruh dunia. Bersyukur dengan semua yang kita miliki. Artinya mensyukuri bahwa kita mencintai tim seperti Barcelona dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Suara hati tak akan bisa berpaling begitu saja. Sama halnya dengan kehidupan kita sehari-hari. Mensyukuri segala anugerah Tuhan dengan apa yang kita miliki dan berusaha mengoptimalkan potensi diri demi pencapaian yang lebih tinggi. It is strange how laughter looks like crying without tears and raindrops tastes like tears without pain – aneh rasanya ketika tawa tampak bagai tangis tanpa airmata dan rintik hujan terasa bagai airmata tanpa perih-.

 

So Proud To Be a Cule

Menjadi seorang cule mengajariku menjadi warga dunia yang baik. Berusaha menjadi orang yang santun, berkarakter dan menghargai orang lain. Bisakah kau selesaikan hari ini tanpa ketenaran dan kejayaan? Ketika berpegang pada satu doa yang tak terwujud, tampak orang penuh kepura-puraan berpaling pada kita. Well, bagiku it’s okay, ini hanya satu lagi dari ribuan hari yang harus kulalui. Yang kutahu adalah berpegangan erat, pantang menyerah, menggenggam penuh keyakinan, itulah yang disebut kemenangan sejati. Tak perlu kau dengar teriakan lantang menyakiti telingamu. Kesempatan sudah diberikan dan kita telah berjuang keras untuk meraihnya. Kala lidah tak mampu menyuarakan kata, saat cahaya seakan meredup dan hampir hilang, ketika itulah kita belajar untuk memeluk kekalahan seperti kita menggenggam kemenangan. Menyadari bahwa tidak ada keabadian yang nyata, bahkan di dunia sepakbola sekalipun. So, look ahead, keep your heart beat like a sound of drumbeat. Be brave and smile, Cules, we are more than just a fan.

Terdengar angin menyerukan namamu

Memanggilmu kembali pulang

Kau menyalakan kembali bara yang masih memerah panas

Kurasakan nafasmu di permukaan kulit tubuhku

Kudengar suaramu di dalam nada tubuhku

Jangan katakan aku buta

Ku hanya tak bisa melihat yang lain selain dirimu

Inilah panggilan hatiku, Barca Barca Barca !!

 

We say goodbye but never let go

Remember we will always return and I’m so proud to be a Cule

45 Comments

  1. joan gamper says:

    seperti biasa,BARCA vs Dunia,,,,

  2. pepy says:

    ketika banyak celaan yang datang mungkin hanya kata "biarkan mereka merasakan euforia yang sudah kita sering rasakan"..
    keep smile cules..
    <3 visca barca <3

  3. Cules says:

    Mau menang, seri, kalah, lolos, engga lolos, juara, ataupun tidak juara Barcelona tetap selalu di hati . Kedua tim bermain dengan strategi nya masing". Kedua tim bermain dengan sangat baik, karena mereka memang pantas berada di Semifinal Champion musim ini.

    Ada quote yang isinya " Ketika anda tidak bisa mendukung kami kalah, jangan dukung kami di saat kami menang ".
    Kalau memang kita merasa diri kita adalah ''supporter'' . Terus dan selalu mendukung tim kesayangan atau kesukaan kita. Baik itu disaat diatas ataupun di bawah.

    Tidak ada pemain yang salah, semua bermain baik, tapi nasib lah yang menghantarkan perjalanan Barca hanya sampai disini.

    Kegagalan merupakan pelajaran paling berharga bila di pelajari. Kekalahan dan kegagalan adalah nasehat paling sempurna dalam hidup.

    Ini hanya sedikit motivasi untuk para cules. We are supporters of Barca. Ayo, jadilah pendorong Barca untuk bisa kembali sebagai Champiun di berbagai ajang.

    Selamat untuk Chelsea, Chelsea bermain dengan sangat bagus hari ini, strategi lah yang berbicara disini . Kalau Chelsea di Final ketemu Madrid, Chelsea harus menang, bangga banget rasanya kalau tim yang mengalahkan tim favorit kita menjadi juara, kenapa ? Karena tim kita dikalahkan oleh juara. Tim yang pantas menududuki singgasana Champion.

    Peace. love, and respect.
    VISCA BARCAA ! VISCA ! VISCA ! Kami akan selalu mendukung kalian dalam posisi apapun, kami percaya kalian jauh lebih baik dari beberapa pekan ini, kami percaya kalian akan kembali ke wujud kalian yang sebenarnya.
    VISCA BARCAAA !!!

  4. Angel says:

    I'm proud of you too, cules ,,, visca barca siempre !! 🙂

  5. Adri says:

    Aslii..Nyentuh bnget..! Ini buat masukan gw pas bngt coz jujur aja gw orgnya agak emosian. Wktu ada tmn2 gw yg Mencaci maki Barca, gw lngsung Balas cacian mrk. Skrg gw sadar klo itu ga baik. Tx sis, I'm proud of u. N I'm very proud to be Cules.
    We are Mes que un Cules in Mes Que un Club..!! Visca Barca.

  6. Pujak #3 says:

    Still Red & Blue 🙂

  7. daniel says:

    Simple saja, kalah atau menang itu biasa. Hanya yg membedakannya adalah bagaimana kita bisa mengambil pelajaran dari kekalahan itu utk bisa membuat kita MENANG di lain hari. We've lost the battle but we've not lose the war.
    #ViscaBarça #BarçaNeverGivesUp !!!!

  8. Setelah membaca artikel ini dan comment2 yang ada gue jd semakin bangga menjadi cules.kita mencintai barca tanpa harus mencela club lain.entah rasanya sekarang gue pengen kita ada di tengah2 pelatih dan para pemain.mereka sangat membutuhkan kita,cules.
    Jujur,setelah pertandingan kemarin berakhir gue nangis.saya menangis krn saya yakin pelatih&pemain juga merasakan hal yg sama.
    Setelah kita kehilangan liga spanyol dan liga champion musim ini,gue selalu bilang dalam hati sendiri "semoga bertemu kembali trophy liga spanyol & champion di musim depan dengan kembalinya david villa&abidal"
    No matter what happen on barca,i still proud being cules.

  9. Angel says:

    my pleasure, cules 🙂

  10. BGA Alves says:

    ternyata gak cuman aku cules yg dicacimaki oleh fans lain, jujur nyesek banget kawan, emang bener kita gak pernah menghina mereka tp mereka malah sebaliknya pada kita, ya semua pasti ada hikmahnya…. everything will be the best in other times.. BELIEVE !!!

  11. amrullah says:

    sama persis sama yg saya rasakan, ketika buka FB dan Twitter, semua TL berisi tntg ejekan dan olokan yg ditujukan kepada Barca dan Cules. mereka puas bgt dg kekalahan ini. mereka yg mengejek mayoritas berasal dr fans tim lain yg pernah dikalahkan oleh barca. mungkin mereka merasa dendamnya terbalaskan.
    tp, tak apa. walopun kalah, barca harus tetap dihati. visca barca, visca catalonia ^^

  12. Angel says:

    mamanya hebat … itulah daya tarik khas Barcelona. visca barca !! gran treball cules 🙂

  13. Angel says:

    very much agree with you. thank you so much 🙂

  14. @kennycules says:

    Top abis artikelnya, memberikan motivasi bagi Culés yang belum bisa menerima kekalahan.

  15. Akatzuky says:

    🙂 thisss barcaaaa.. thiss barcaaa… 🙂 apa pun hasil hari in barca ttp di hati

    Players, Supporters
    United we are strong.
    We’ve achieved much over the years,
    We’ve shouted many goals
    And we have shown, we have shown,
    That no one can ever break us.
    Blue and claret blowing in the wind
    One valiant cry
    We’ve got a name that everyone knows:
    Barça, Barça, Baaarça!

  16. zahran says:

    bgt mengharukan,membuat hati ini ingin menangis, tp ak prcy cules smua pun merasakan hal yg sama .SEMANGAT terus cules tunjukan pd mereka klo kt bukan fanatik suporter yg cengeng .VISCA BARCA SELAMANYA !!!!

  17. aregall says:

    ‎"ini hanya satu lagi dari ribuan hari yang harus kulalui. Yang kutahu adalah berpegangan erat, pantang menyerah, menggenggam penuh keyakinan, itulah yang disebut kemenangan sejati. Tak perlu kau dengar teriakan lantang menyakiti telingamu. Kesempatan sudah diberikan dan kita telah berjuang keras untuk meraihnya. Kala lidah tak mampu menyuarakan kata, saat cahaya seakan meredup dan hampir hilang, ketika itulah kita belajar untuk memeluk kekalahan seperti kita menggenggam kemenangan. Menyadari bahwa tidak ada keabadian yang nyata, bahkan di dunia sepakbola sekalipun. So, look ahead, keep your heart beat like a sound of drumbeat. Be brave and smile, Cules, we are more than just a fan"

    Itu BEST PART versi aku, SEMPURNA!!
    thanks sist, ini tulisan yang terbaik yang pernah aku liat, gave me many thing 🙂
    visca barca per sempre.

  18. Us Nick says:

    forever a cules

  19. uya says:

    jgn lari bila club sedang dihina oleh fans2 dadakan..tak selamanya kita diatas ada saatx kita dibawah..sepak bola dunia blm berakhir sampai disini..VISCABARCA…

  20. septa says:

    walaupun barcelona kalah, yang penting perjuangan mereka sudah maksimal..
    gak sia-sia nonton semalem. dapat pelajaran berharga lagi. harus terima kekalahan dengan lapang dada..

    VISCA BARCA !!!! I LOVE U SO MUCH…

  21. xavimam says:

    badai pasti berlalu..aku akan menjadi cule 100 % apapun yg terjadi pada FCB

  22. erwan says:

    Salut ma Barca dan para Cules

  23. adhy dasri says:

    Kereennnnnnnnnnn…
    Menang Kalah celaan n cercaan pasti datang menghampiri Cules..
    soo Keep Spirit..
    Visca Barca

  24. natalia says:

    Rasa2nya pengen gw peluk sang pelatih dan bilang "please dont go"
    Mkin sedih klo dy ga jdu bagian dri blaugrana

  25. Rheza Yusca Kemal says:

    Temen tiba2 pada bbm "cie barcelona kalah wkwkwk" bikin kesel tapi ya mau gimana lagi. Club terbaik dunia punya fans yang banyak sama pasti punya haters yang banyak juga 😀 Proud to be a CULÉ and VISCA EL BARCA!!

  26. yunie says:

    Ak nangis bacanya.smua org mencaci barca saat kalah,bahkan tmn2 yg bkn penggemar chelsea bgt seneng ada yg bisa mengalahkan barca.kekalahan mengajarkan pentingnya arti kemenangan, masi ada musim depan barca.ak ttp cules.
    Mamaku yg berumur 58thn suka sebel kalo liat ak,adikku ama papaku ntn bola,suka marah bila kita teriak saat barca jebol gawang lawan, eh begitu liat barca mama lgsg jatuh cinta, dy cuma mau ntn barca main, bela2in bangun malam cuma ntn barca,bila ada tim lain main mama suka blg "gak seru enakan liat barca". Visca barca

  27. Leonardo Hansmarco says:

    Visca el Barça !!! You are the best team in the world

  28. miko mamex says:

    Kena bgd,bnyk sms,postingan gbr dsbg…..namun saya berusaha sportif pd diri saya sndri krn saya pernah ada di posisi mrk,tp tak bs dipungkiri wlpn sy mcb berlapang dada dan bahkan saya dgn keadaan down mcb menenangkan barca angel yg terhubung dr akunt FB saya namun hati ttp miris bak dipukul tnp balas,sesakit apapun panggilan jiwa saya ttplah BARCA….BARCA…..BARCA,tak ada kata tidak untuk BARCA !!!!!!

  29. Bon dia!

    Saya bukan penggemar sepakbola dan tidak tahu apapun tentang sepakbola sampai tiga setengah bulan yang lalu ketika saya tidak sengaja melihat video yang diupload di Youtube mengenai tim Barcelona. Kenapa saya melihatnya? Karena mereka memakai logo "Unicef" di Jersey-nya (yang sekarang menjadi Qatar Foundation). Bagi saya (seorang yang awam bola, bahkan tidak tahu Lionel Messi itu siapa :D), cukup aneh untuk club sepakbola profesional apalagi sebesar Barcelona FC mengesampingkan komersialitas dan memakai Unicef, yang notabene adalah lembaga NGO (non profit) di jersey-nya.

    Berawal dari situ saya mulai mencari lewat google,twitter,wikipedia,facebook bahkan website resmi mereka mengenai "apakah Barcelona FC itu" yang ternyata mereka memang sesuai namanya,"mes que un club" (lebih dari sekedar klub).

    Jujur, saya tidak pernah melihat pertandingan full mereka kecuali mengikuti beritanya di Youtube atau BarcaTV. Tapi menurut saya (maaf bila saya salah), Barcelona FC memiliki filosofis and runtutan sejarah yang panjang untuk sampai di posisi seperti sekarang. Saya benar-benar mengerti bahwa di Catalan/Spanyol sepakbola sudah mendarah daging dengan fans yang sangat fanatik. Fans sejati yang mendukung klub-nya dan tidak meninggalkan klub yang dicintai-nya kalah atau menang.

    Saya suka gaya permainan mereka, melihat Cesc Fabregas, Xavi, Gerard Pique memainkan bola di lapangan, Lionel Messi yang bergerak dengan lincah seolah-olah bola dikakinya adalah hidupnya. Carles Puyol yang menyandang gelar kapten dan bangga memakai bendera Catalunya di lengannya. Apakah kalian sebagai fans yang mengaku "tahu" Barcelona yang tentunya lebih dari saya lupa? Saya bahkan tidak hapal nama-nama pemainnya sampai sekarang, tapi mata saya tidak bisa lepas melihat gaya permainan mereka di lapangan.

    Jujur saya tidak bisa mengerti, mengapa banyak orang yang mengaku fans melemparkan kritik tajam bahkan menghina tim yang katanya mereka bela. Sangat disayangkan apabila pelatih dan pemain harus menerima cacian padahal mereka sudah berusaha keras untuk menang.

    Bukankah kalah atau menang itu biasa dalam sebuah permainan?

    xoxo

  30. natalia says:

    Barca akan bangkit…
    Dan hinaan serta caci maki ini akan segera trbalas..
    Visca barca

  31. Nix says:

    Semakin cinta Barca dan cules yg berkepala dingin… Good job guys!!! Proud of u all!!! VISCA BARCA…!!! Nothing gonna change my Love for u…

  32. Angel says:

    so agree with you … keep the spirit 🙂

  33. Bimmy Ardianto says:

    Semua Real Cule pasti mengalami hari yang sama, Jangan bersedih, Kawan! Kalah Menang bisa silih berganti, tapi keindahan sepakbola BARCA tak lekang dilindas jaman….Visca El Barca!

  34. Janu says:

    Kekalahan,,mengajarkan kita betapa berharga sebuah kemenangan,tapi lepas dari menang ato kalah,,usaha dan kerja keras yg paling utama,they did what they should…sedih,wajar,,orang2 yg menghina barca,adl mereka yg terlalu lama dalam kesakitan atas kekalahan,sampai2 mrk lupa bagaimana rasanya kalah,,shg membuat rasa hormat atas perjuangan sebuah tim jadi hilang.. For me barcelona is the greatest football team ever,not just about the way they do the play,but how humble they are. Barcelona= positive. #viscaBarca

  35. putra tuaja says:

    Tetap semangat hasil musim ini untuk pembelajaran di musim kedepannya,hidup seperti roda yg bputar kdg diatas kdng di bawah tapi apa pun hasilnya barca selalu di hati karena aku cules sampai mati,VISCA BARCA

  36. @zakikur says:

    Ini cuma bagian kecil dari proses menjadi suporter yg ga terlalu fanatic tapi berkarakter. Dan sy berada diantara kalian sekarang.

  37. Selain karena filosofi Klus, aku jg kagum sma karakter personal semua pemainnya..
    mes que un club… 😀

  38. yudhi says:

    timeline penuh dengan caci maki ngehina barca, entah knp? padahal gw gak prnah ngeritik kalau team2 mereka kalah apalagi ngehina..
    el cant del barcelona tetap bergemuruh dihati ini..!!

  39. FAJAR says:

    Mempertahankan itu lebih sulit dr pd Mendapatkan…
    belajar kesetiaan dr sebuah kegagalan

  40. Alfa Dinarie says:

    Kena banget, hp penuh dgn sms memojokan… pdhal sya g prnah mlakukan itu. Ngelus2 dada, sing sabar jang suatu saat kita akn merasakn senyuman itu lg. *yakin.

  41. Angel says:

    you are so sweet … thank you 🙂

  42. Pujak #3 says:

    saya tidak bgitu suka messi, saya tdk bgitu suka xavi atw pemain lainnya….saya hanya menyukai cara mereka melakukan sesuatu dengan BOLA & HATI

  43. FAJAR says:

    I LIKE IT : )

  44. falconi.mr@gmail.com says:

    Gwe terharu bacanya,
    Tidak ada yg abadi, bahkan ketika sedang menikmati keindahan di puncak seketika itu pula kita harus siap terhempas ke bawah
    Beribu2 terima kasih kepada jugadors yg sudah membawa kita sampai disini
    Moltes gràcies equip, moltes gràcies teh
    BARÇA, Som i serem sempre fidels a tu!!!
    🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *