Astrinovia.com

Barca Fights Back, The Ultimate 90 Minutes

“Four things support the world: the learning of the wise, the justice of the great, the prayers of the good, and the valor of the brave”.

 

Jelang leg 2 semifinal Champions League FC Barcelona vs Chelsea FC nanti malam pukul 20.45 waktu Spanyol di Camp Nou saya yakin kedua tim dan fans harus menghela nafas lebih dalam demi sebuah harapan besar akan kemenangan. Malam ini adalah penentuan apakah trofi UCL akan kita genggam kembali atau terlepas sementara. Tak akan ada prediksi yang tepat karena dalam sepakbola selalu terdapat kejutan tak terduga. Pendapat pribadi saya di laga semifinal leg pertama adalah perbedaan yang begitu mencolok antara Didier Drogba dan Lionel Messi. Drogba adalah pemain yang kuat, bertubuh besar, penuh talenta, tidak seharusnya mengorbankan tubuh besarnya berkali-kali jatuh ke tanah demi menciptakan drama. Lionel Messi, seakan tak terlihat dalam laga ini. begitu banyak kerumunan pemain lawan setiap kali dirinya mengendalikan bola. Bagi saya pribadi factor kelelahan mungkin mendera Lionel Messi saat itu. Kerja kerasnya tidak maksimal. Meskipun kemenangan tim tidak ditentukan oleh Messi seorang tetapi permainan tim di leg sebelumnya sudah menunjukkan permainan Barca seperti biasanya. The style we believe in.

Tidak seharusnya kita menyalahkan Guardiola atas kekalahan itu. Kenapa Christian Tello harus menjadi sasaran kritik? Bagaimana jika ketika itu laga dimenangkan oleh Barca. Semua orang akan memberi jempol untuk strategi aneh Guardiola dan semua orang akan melihat Tello sebagai pemain yang hebat. Tapi … kalah membedakan segalanya. So .. untuk laga kali ini, saya, percaya atas semua keputusan Guardiola, dan percaya seluruh tim akan berjuang untuk kemenangan. Jikapun kalah, ada kalanya kita mengalami itu, untuk membuat kita tetap tersadar bahwa tidak ada tim hebat tanpa pernah kalah. Nothing’s perfect in this world, not even in the world of football.

Secara pribadi saya tak terlalu mengerti taktik dan skema permainan sepakbola sesungguhnya karena bukan pemain juga pelatih. Hanya sebagai fans yang menyukai permainan sepakbola indah, kerjasama tim yang kompak, ikatan kekeluargaan yang baik di lapangan maupun di ruang ganti juga filosofi klub yang berbeda dari klub manapun di dunia. Why Barca? Kenapa bukan Madrid, Chelsea, AC Milan, Arsenal atau Manchester United? Ini adalah panggilan hati. Perbedaan Barca dengan tim lainnya yang menjadi poin penting. Bukan hanya sekedar klub sepakbola tetapi juga gambaran perjuangan, idealisme dan identitas diri bangsa Catalan.

Barca yang sekarang adalah hasil dari kerja keras dan perjuangan di masa lalu. Semakin luasnya informasi semakin cepat terdengar kabar sekecil apapun ke seluruh dunia. Inilah yang menjadikan Barca menjadi klub dengan fans terbanyak di berbagai Negara termasuk Indonesia. Apa yang membuat seorang menjadi fans sejati? Menerima kekalahan dengan lapang dada tanpa memberikan tudingan apapun pada siapapun. Lagipula bagaimanapun kerasnya kita melakukan protes dan komplen ke semua pihak, hasil pertandingan adalah final, tidak dapat diubah sedikitpun.

 

“We’re the blue and claret supporters

It matters not where we hail from

Whether it’s the south or the north

Now we all agree, we all agree,

One flag unites us in brotherhood.

Blue and claret blowing in the wind

One valiant cry …”

 

Barca, estic boig per tu …. Bukan hanya ketika kau memenangkan 13 trofi tetapi saat kau berada di titik terendah sekalipun, dukunganku selalu ada. Ini tentang panggilan hati, bagiku hanya Barca. Rela menghabiskan hari-hariku menunggu setiap laga yang akan kau mainkan. Betapa kumerindukanmu ketika musim berakhir dan harus menunggu musim baru dimulai. Meski kau jauh, tak sampai gapaian tangan ini tapi aku tetap setia menantimu. Dari tempat ini, setiap aksi yang kautampilkan mencerminkan sesuatu. Aku akan terus bersorak untukmu. Saat laga dimulai, airmata akan hilang ditelan keajaiban. Kita hidup di dalamnya, terjebak dalam kebahagiaan yang kuinginkan. Barcelona dan Catalunya, kami mendukungmu penuh, untuk Mes Que Un Club.

Sepanjang musim ini semua sudah bersorak, menangis, terharu, bersimbah keringat, ikut merasakan semua yang terjadi di lapangan. Sepanjang musim semua fans sudah melihat bagaimana Barca telah berjuang. Sekuat tenaga mengerahkan seluruh kemampuan demi mempertahankan Blaugrana di hati mereka. Kita lihat semua yang telah mereka berikan sepanjang musim ini, tetap focus di setiap laga dan memberi yang terbaik meski berbagai match menanti untuk dilakoni. Bisa dibayangkan jiwa dan raga yang lelah namun MIMPI tetap menjaga mereka untuk selalu tegak berdiri dan bangkit. Mereka tetap masuk lapangan dan berjuang untuk warna kebanggaan Barca.

Para jugadors membagi kebahagiaan atas setiap kemenangan dengan seluruh fans di dunia. Fans yang menonton langsung di rumah ataupun bergabung dengan yang lain, meloncat-loncat sendiri ketika bola melesakkan jala gawang lawan. Bersorak tak henti ketika tim terjebak dalam pola permainan yang tak kunjung berbuah gol. Memberikan semangat tiada akhir meski suara lantang ini tak akan terdengar. Namun suara hati akan selalu bergema sampai kapanpun dan Camp Nou bisa merasakan ini. Sekarang 90 menit yang sangat penting menanti di Camp Nou. Saya percaya semua tim akan mengerahkan seluruh tenaga untuk tetap menjaga MIMPI itu tetap hidup dalam hati. Whatever the results it’s not gonna change my heart for you. Always Barca always red and blue, I’ll support you even when we are in blue. Visca Barca I Visca Catalunya

‘”When God sets you out on stony paths, He provides you with strong shoes.”

2 thoughts on “Barca Fights Back, The Ultimate 90 Minutes

  1. kereeeen…. Teh novia hebaaat… GO BARCA GO… !!! tak peduli cemoohan orang lain, tak peduli ejekan teman2. Saya akan tersenyum di kala kau MENANG, dan pasti menangis disaat kau KALAH, karena BARCA DNA AINK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *